Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Pembelajaran CAF (Consider All Factors)

Model Pembelajaran Consider All Factors (CAF)

Model Pembelajaran Consider All Factors (CAF)



Model ini mendorong siswa untuk berfikir mengenai semua faktor terkait pada saat membuat sebuah keputusan atau dalam mempertimbangkan sebuah gagasan. Ini adalah alat yang berguna sebelum memutuskan atau merencanakan sebuah tindakan tertentu.


Keterampilan yang Dikembangkan

Model pembelajaran ini memerlukan dan mengembangkan beberapa keterampilan sebagai berikur:
  • Mengelola informasi
  • Kerjasama
  • Berpikir, penyelesaian masalah, pengambilan keputusan
Langkah-langkah

1. Guru atau fasilitator menerangkan dan berdiskusi dengan para siswa mengenai pentingnya mempertimbangkan semua faktor dalam pembuatan pembuatan keputusan dan perencanaan. Hal ini menjadi penting sebab jika satu atau beberapa faktor terlewati, maka apa yang seharusnya benar bisa saja menjadi salah.

2. Guru atau fasilitator kemudian membagikan kertas yang berisi semacam studi kasus dan para siswa diminta untuk mengisi beberapa faktor yang penting untuk dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

Berikut adalah contoh studi kasus dimana para siswa diminta untuk mengisi faktor-faktor penting yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan
Pemerintah Kabupaten X akan membuka bandar udara demi terlaksananya kelancaran urusan pariwisata di kabupaten tersebut. Kepala daerah merencanakan membuat bandar udara tersebut di hutan rakyat. Hutan tersebut sangat penting bagi penduduk sekitar untuk mencegah banjir dan alasan kelestarian hewan langka yang hidup di hutan tersebut.

Pertanyaannya adalah yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan terhadap pembangunan bandar udara baru? 



3. Setelah kertas yang berisi studi kasus tersebut selesai terisi, para siswa kemudian berpindah kelompok untuk melihat dan meninjau ulang (review) apa yang telah diisi oleh kelompok lain.

4. Para siswa kembali ke kelompok semula dan diberi kesempatan untuk mengubah isian awal berdasarkan apa jawaban rekan dari kelompok lain.

5. Guru kemudian melakukan tanya jawab dalam rangka mengevaluasi dan menggabungkan keseluruhan jawaban siswa sebagai jawaban yang lebih utuh.

Demikian tulisan mengenai model pembelajaran CAF atau Consider All Factors. Semoga bermanfaat.

Salam sukes selalu!

Posting Komentar untuk "Model Pembelajaran CAF (Consider All Factors) "