Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 pdf

| 02 Maret 2017

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 merupakan refleksi dari Kurikulum 2013 yang memiliki tujuan khusus untuk mempersiapkan generasi baru dan penerus bangsa yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.  Untuk itu, perancangan kurikulum 2013 perlu memperhatikan kebutuhan peserta didik saat ini dan di masa depan yang dimasi ditengah pengaruh globalisasi dan kemajemukan masyarakat Indonesia.

Kali ini kami menyajikan silabus sekolah dasar dari semua mata pelajaran sebagai berikut:

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 Tematik Terpadu

Penjelasan ringkas
Pembelajaran dengan pendekatan tematik ini mencakup kompetensi mata pelajaran yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Sedangkan mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tidak termasuk mata pelajaran dalam tematik.  Pembelajaran tematik dilaksanakan di semua kelas di SD baik di kelas I-III (kelas rendah) maupun kelas IV–VI (kelas tinggi). Di kelas rendah belum ada mata pelajaran IPA dan IPS yang berdiri sendiri namun muatan IPA dan IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. 

DOWNLOAD PDF

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 Pendidikan Agama Islam (PAI)

Penjelasan ringkas
Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2016  didesain dengan berlandaskan pada aqidah Islam yang berisi tentang keesaan Allah Swt. sebagai sumber utama nilai-nilai kehidupan bagi manusia dan alam semesta. Sumber lainnya adalah akhlak yang merupakan manifestasi dari aqidah, yang sekaligus merupakan landasan pengembangan nilai-nilai karakter bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan pendidikan yang ditujukan untuk dapat menserasikan, menselaraskan dan menyeimbangkan antara iman, Islam, dan ihsan yang diwujudkan dalam: ......(baca selengkapnya di silabus) 
  DOWNLOAD PDF

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 Bahasa Indonesia

Penjelasan ringkas
Pendekatan pengembangan kurikulum bahasa di berbagai negara maju saat ini menjadi dasar pengembangan Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan dimaksud adalah genre-based, genre pedagogy, dan CLIL (content language integrated learning). 

DOWNLOAD PDF

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 PPKn

Penjelasan ringkas
Silabus Pembelajaran PPKn dirancang sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 (The 21st Century Skills) melalui mata pelajaran PPKn serta memperkuat upaya perubahan cara pandang (mindset) para guru PPKn untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif  dalam mengelola dan mengembangkan pembelajaran PPKn
 DOWNLOAD PDF

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 Pendidikan Agama Khonghucu

Penjelasan ringkas
Silabus pembelajaran Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti diarahkan untuk mendorong peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupannya kelak. Peserta didik diharapkan mampu  mengamalkan ajaran agama dalam kehidupannya dan maknai pengalaman hidupnya
DOWNLOAD PDF

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 Pendidikan Agama Buddha

Penjelasan ringkas
Silabus sembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Sikap spiritual dan sikap sosial dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran pembelajaran langsung (direct teaching) maupun tidak langsung (indirect teaching).
DOWNLOAD PDF

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 Pendidikan Agama Hindu

Penjelasan ringkas
Silabus Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 revisi 2016  di sekolah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah
 DOWNLOAD PDF

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 Pendidikan Agama Katholik

Penjelasan ringkas
Melalui silabus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2016, peserta didik dibantu dan dibimbing agar semakin mampu memperteguh iman terhadap Tuhan sesuai ajaran Agama Katolik dengan tetap memperhatikan dan mengusahakan penghormatan terhadap agama dan kepercayaan lain. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan antar umat beragama yang harmonis dalam masyarakat Indonesia yang majemuk demi terwujudnya persatuan nasiona
 DOWNLOAD PDF

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 Pendidikan Agama Kristen Protestan

Penjelasan ringkas
Silabus Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2016 dirancang  bukan sekadar menyampaikan pesan moral apalagi hanya sekadar mengetahui tata cara hubungan antara manusia dengan Tuhan, melainkan harus menyajikan isi kurikulum  yang  transformatif dan terinternalisasi dalam diri peserta didik. Artinya, isi kurikulum PAK dapat mengubah serta membarui cara pandang dan sikap peserta didik serta mengarahkan peserta didik untuk memahami panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi sesama dan dunia.
 DOWNLOAD PDF

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) 

Penjelasan ringkas
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013 revisi 2016 SD. PJOK merupakan  bagian integral dari program pendidikan nasional, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan aktivitas jasmani terpilih dan dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 SBdP (Seni Budaya dan Prakarya)

Penjelasan ringkas
Di Sekolah Dasar (SD), silabus SBdP kurikulum 2013 revisi 2016 dirancang supaya pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya bersifat rekreatif memberi pengalaman estetik melalui eksperimentasi, keberanian mengutarakan pendapat serta dapat dilaksanakan secara terpadu maupun single subject (mata pelajaran tunggal). Terpadu dalam bentuk mencipta karya seni yang dikaitkan dengan pengetahuan lain dan rasionalisasi penciptaannya, di dalamnya memuat sikap (perilaku, apresiatif, toleransi dan bertanggungjawab penuh), keterampilan (bersifat pragmatis, aplicable [dapat diterapkan] dan teknologis-sistemis), pengetahuan (kemampuan merekronstruksi dan mengungkapkan kembali ide dan gagasan secara sistematis). 

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 IPS 

Penjelasan ringkas
Silabus SD Kurikulum 2013 revisi 2016 mapel IPS SD dirancang untuk menjadikan peserta didik aktif, kritis, beradab, dan berkesadaran sebagai warga negara yang dapat berperan dalam kehidupan masyarakat multikultur pada lingkungan lokal, nasional, dan global. Ruang lingkup materi IPS di Sekolah Dasar, diawali dari pengenalan lingkungan dan masyarakat terdekat, mulai kabupaten, provinsi, nasional dan internasional. Antara satu wilayah dengan wilayah lainnya memiliki koneksi. Lingkungan internasional di lingkup SD dibatasi pada pengenalan lingkungan ASEAN. Pengembangan Mata Pelajaran IPS untuk SD secara terintegrasi tematik (integrated), tidak semata-mata transfer kognisi, melainkan juga membangun sikap dan keterampilan sosial sederhana, seperti mampu melakukan pengamatan dan mengomunikasikan karakteristik dan konektifitas lingkungan dan masyarakat terdekat kepada pihak lain secara santun melalui kerjasama dengan menggunakan teknologi. 

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 IPA

Penjelasan ringkas
Pendidikan IPA di SD merupakan salah satu aspek pendidikan yang menggunakan sains sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan umumnya yakni tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan sains khususnya, yaitu untuk meningkatkan pengertian terhadap dunia alamiah. Untuk itu, literasi sains menjadi penting untuk dikuasai oleh peserta didik dalam kaitannya dengan bagaimana peserta didik dapat memahami dan membuat keputusan berkenaan dengan lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, dan masalah-masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi dan kemajuan serta perkembangan ilmu pengetahuan
 DOWNLOAD DOC

Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6 Matematika

Penjelasan ringkas
Pada Kurikulum 2013 revisi 2016 khususnya untuk jenjang SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6, terdapat perubahan pada pembelajaran matematika, yaitu konsep pembelajaran terpadu tematik integratif dengan mata pelajaran lain berlaku dari kelas I sampai kelas VI. Perubahan ini tentu saja berdampak pada proses pembelajaran matematika, dimana pembelajaran matematika dapat juga berorientasi pada pengayaan (enrichment) antar mata pelajaran, pengembangan kemampuan berpikir, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri, lingkungan sosial, dan lingkungan alam

Demikian tulisan tentang Silabus SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1,2,3,4,5,6. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu. 


InformasiGuru.Com Updated at: 01.18

0 comments:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi