Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MA Semua Jurusan

Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA): Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam

Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA) Semua Jurusan:Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam | Rilis Resmi dari Kementerian Agama RI 






Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Ditjen Pendis Islam telah melakukan terobosan yang baik dalam bidang teknologi pendidikan, yaitu dengan merilis Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA) :Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam.

Aplikasi rapor berdasarkan kurikulum 2013 terbaru ini memungkinkan para guru untuk lebih mengefisienkan pekerjaan klerikalnya dalam pembuatan rapor.

Yang lebih menarik lagi, aplikasi juga dibuat berdasarkan penjurusan. Tulisan kali ini memuat link download untuk semua jurusan:Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam.

Tentu saja penggunaan teknologi baru yang kemudian menjadi alat bantu baru dalam pembuatan rapor terdapat hal-hal yang harus diperhatikan bagi para pembuat kebijakan. Alat bantu baru yaitu aplikasi rapor berdasarkan kurikulum 2013 ini haruslah dapat diterima bagi setiap guru yang menggunakannya. Tahap penerimaan ini kadang menjadi sulit karena adanya faktor resistensi bagi pengguna yang dipaksa beralih dari pola lama yang cenderung manual ke pola baru yang lebih terdigitalisasi. Hal kedua adalah masalah keramahan pada pengguna. Jika aplikasi yang dimaksud untuk mempermudah dan mengefisienkan pekerjaan guru dalam pembuaatan rapor tidak ramah pengguna, maka aplikasi tersebut sangat berpotensi ditinggalkan penggunanya dengan alasan susah dan lebih mudah menggunakan cara lama yang mapan.

Kami telah melakukan semacam observasi pada Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MA Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam ini. Kami menemukan bahwa aplikasi tersebut relatif cukup mudah digunakan. Aplikasi tersebut berjalan pada platform Ms Excel. Dengan demikian, aplikasi rapor kurikulum untuk MA untuk semua jurusan :Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam ini tidak dapat berdiri sendiri sebagai sebuah program. Kami menduga bahwa dengan ber-platform Ms Excel, maka diharapkan para guru pembuat rapor telah lebih dahulu familiar dengan program atau aplikasinya. Ini tentu saja merupakan titik masuk yang bagus untuk memberi sugesti pada pengguna aplikasi bahwa aplikasi tersebut mempunyai asosiasi dengan piranti lunak yang telah mereka kenal.

Berikut adalah tautan Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA): Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam.






BACA JUGA:

Berikut adalah kutipan Petunjuk Penggunaan dari Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah tersebut. Sebagai catatan, Petunjuk Penggunaan sudah ada dalam masing-masing aplikasi yang disebutkan di atas:

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MA ini diisi oleh Wali kelas berdasarkan nilai yang berasal dari Aplikasi DNS

PETUNJUK PENGGUNAAN

1. Buka File Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA) lalu baca petunjuknya.
2. Setelah baca petunjuk,klik "home" untuk kembali ke Menu Utama
3. Isilah identitas wali kelas di menu "IDENTITAS MADRASAH ALIYAH (MA)".
4. Lanjutkan dengan pengisian data yang diperlukan pada menu Input Data Madrasah, input Data Peserta Didik, Input Absen & Ekskul.
5. Guru mata pelajaran mengisi hasil nilai peserta didik menggunakan aplikasi Daftar Nilai Siswa (DNS), yang hasil / output aplikasi tersebut yang diserahkan ke wali kelas untuk dimasukkan ke File Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 dengan menggunakan perintah "paste special" lalu pilih "value". Lakukan hal yang sama setiap Wali kelas mendapat DNS dari guru mata pelajaran.
5. Guru mata pelajaran mengisi hasil nilai peserta didik Lintas Minat menggunakan aplikasi Daftar Nilai Siswa (DNS) Lintas Minat, yang hasil / output aplikasi tersebut yang diserahkan ke wali kelas untuk dimasukkan ke File Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MA dengan menggunakan perintah "paste special" lalu pilih "value". Lakukan hal yang sama setiap Wali kelas mendapat DNS dari guru mata pelajaran. Daftar Nilai Siswa Lintas Minat sebelum nya harus di sort Kelas dan Nomor Induk
Peserta Didik sebelum di paste kan ke Aplikasi Rapor, Paste ke Aplikasi Rapor harus sesuai dengan kelasnya
7. Simpanlah file tersebut dengan perintah "Save As" lalu ketik nama file baru, misalnya RAPOR - 10A - 1 yang artinya Rapor Kelas 10A semester 1. Penyimpanan selanjutnya cukup dengan klik "Save".

Demikian tulisan tentang

Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (MA) Semua Jurusan: Ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, Ilmu Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam .

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MA Semua Jurusan"