Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017






Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran yang antara lain adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan Standar Kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi Dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun Kompetensi Inti (KI). Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (PP No. 32/2013).

Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini adalah memberikan panduan bagi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, Remedial, dan interaksi guru dengan orangtua peserta didik.

Dengan demikian tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Segala puji bagi Allah Swt. Tuhan seru sekalian alam. Salawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita baginda Nabi Besar Muhammad saw. serta para keluarganya, para sahabatnya dan para pengikut setianya sampai saat ini, amiin.

Dengan kuasa, kehendak dan bimbingan dari Allah Swt. penulis dapat menyelesaikan buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII ini sebagai Pedoman bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam.

Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini mengacu pada Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum penataan dalam rangka penyempurnan dari kurikulum sebelumnya. Buku panduan guru ini memuat tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian yang mengacu pada kompetensi inti yang meliputi; Kompetensi Inti (K1) afeksi spiritual berupa menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Kompetensi Inti (K2) afeksi sosial berupa menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya, Kompetensi Inti (K3) yaitu pengembangan kognitif berupa memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata, dan Kompetensi Inti (K4) yang merupakan pengembangan implementatif berupa mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Dengan pendekatan kompetensi inti tersebut diharapkan tujuan pembelajaran dapat memenuhi tujuan pendidikan secara utuh, sebagaimana digariskan dalam undang-undang pendidikan di negara ini Sudah barang tentu dalam penyusunan Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat mendatang.

Akhirnya kami hanya berharap mudah-mudahan Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dapat bermanfaat khususnya bagi guru kelas VII SMP dan umumnya para pembaca semua. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita sekalian. Amiin.

Berikut adalah tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf



Berikut kami petikkan kutipan Petunjuk Penggunaan Buku dan Daftar Isi dari buku tersebut:

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, perhatikan penahapan berikut.

1. Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
2. Setiap bab berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, dan Interaksi Guru dengan Orang Tua.
3. Pada subbab tertentu, penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.
4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan rubrik-rubrik yang terdapat dalam Buku Teks Pelajaran sehingga menjadi fokus perhatian peserta didik. Rubrik-rubrik tersebut adalah sebagai berikut.
a. Mari mengamati: untuk menguatkan peserta didik agar dapat mewujudkan pengetahuan dalam perilaku.
b. Ayo berlatih: untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.
c. Renungkanlah: untuk menyadarkan diri peserta didik kepada Allah Swt.
d. Cermatilah: untuk menguatkan peserta didik agar dapat mewujudkan pengetahuan dalam perilaku.

5. Guru hendaknya bersikap arif dan bijaksana dalam menghadapi kemungkinan adanya perbedaan pendapat dan pengamalan (khilafiyah) yang muncul dikalangan peserta didik. Mari renungkan: untuk menyadarkan diri peserta didik kepada Allah Swt.

Dalam pelaksanaannya, guru sangat mungkin melakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, sumber belajar, dan lingkungan.

Daftar Isi

Kata Pengantar ................................................................................................................ iii Daftar isi.......................................................................................................................... iv Pendahuluan .................................................................................................................... vii Petunjuk Penggunaan Buku Guru ................................................................................... viii Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PAI dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII.... ix Pemetaan Kompetensi Dasar .......................................................................................... xii


Bab 1 Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya ....... 1
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 1
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 1
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 1
D. Proses Pembelajaran.................................................................................. 2
E. Penilaian .................................................................................................... 3
F. Pengayaan.................................................................................................. 11
G. Remedial.................................................................................................... 11
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 11

Bab 2 Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah............. 12
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 12
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 12
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 12
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 13
E. Penilaian .................................................................................................... 15
F. Pengayaan.................................................................................................. 23
G. Remedial.................................................................................................... 23
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 23

Bab 3 Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman .......................................................... 24
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 24
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 24
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 24
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 25
E. Penilaian .................................................................................................... 26
F. Pengayaan.................................................................................................. 33
G. Remedial.................................................................................................... 33
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 33


Bab 4 Indahnya Kebersaman dengan Berjamaah ................................................... 34
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 34
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 34
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 34
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 35
E. Penilaian .................................................................................................... 37
F. Pengayaan.................................................................................................. 45
G. Remedial.................................................................................................... 45
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 45
Bab 5 Selamat Datang Nabi Muhammad saw. Kekasihku ...................................... 46
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 46
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 46
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 46
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 47
E. Penilaian .................................................................................................... 48
F. Pengayaan.................................................................................................. 55
G. Remedial.................................................................................................... 55
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 55

Bab 6 Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah.......................... 56
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 56
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 56
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 57
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 57
E. Penilaian .................................................................................................... 60
F. Pengayaan.................................................................................................. 68
G. Remedial.................................................................................................... 68
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 68
Bab 7 Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah Swt .......................... 69
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 69
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 69
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 69
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 70
E. Penilaian .................................................................................................... 71
F. Pengayaan.................................................................................................. 80
G. Remedial.................................................................................................... 80
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 80

Bab 8 Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah. .......................................... 81
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 81
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 81
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 81
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 82
E. Penilaian .................................................................................................... 84
F. Pengayaan.................................................................................................. 91
G. Remedial.................................................................................................... 91
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 91
Bab 9 Memupuk Rasa Persatuan pada Hari yang Kita Tunggu ............................ 92
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 92
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 92
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 92
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 93
E. Penilaian .................................................................................................... 95
F. Pengayaan.................................................................................................. 102
G. Remedial.................................................................................................... 102
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 103

Bab 10 Islam Memberikan Kemudahan melalui ¢alat Jamak dan Qa¡ar............. . 104
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 104
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 104
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 104
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 105
E. Penilaian .................................................................................................... 107
F. Pengayaan.................................................................................................. 115
G. Remedial.................................................................................................... 115
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 116

Bab 11 Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan ........................... 117
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 117
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 117
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 117
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 118
E. Penilaian .................................................................................................... 119
F. Pengayaan.................................................................................................. 126
G. Remedial.................................................................................................... 126
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 126

Bab 12 Al-Khulaf±u Ar-R±syidμn Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw. ...... 127
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 127
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 127
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 127
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 128
E. Penilaian .................................................................................................... 129
F. Pengayaan.................................................................................................. 135
G. Remedial.................................................................................................... 136
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 136

Bab 13 Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf..................... 137
A. Kompetensi Inti (KI) ................................................................................. 137
B. Kompetensi Dasar (KD) ............................................................................ 137
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................. 138
D. Proses Pembelajaran ................................................................................. 138
E. Penilaian .................................................................................................... 141
F. Pengayaan.................................................................................................. 149
G. Remedial.................................................................................................... 149
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua ............................................................. 149

Daftar Pustaka............................................................................................................... 150
Glosarium ...................................................................................................................... 152
Ihtisar ............................................................................................................................. 156
Profil Penulis ................................................................................................................. 157
Profil Penelaah .............................................................................................................. 158
Profil Editor................................................................................................................... 162

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017"