Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PPKn Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PPKn Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf






Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran penyempurnaan dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang semula dikenal dalam Kurikulum 2006. Penyempurnaan tersebut dilakukan atas dasar pertimbangan : (1) Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa diperankan dan dimaknai sebagai entitas inti yang menjadi sumber rujukan dan kriteria keberhasilan pencapaian tingkat kompetensi dan pengorganisasian dari keseluruhan ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; (2) substansi dan jiwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia ditempatkan sebagai bagian integral dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, yang menjadi wahana psikologis-pedagogis pembangunan warganegara Indonesia yang berkarakter Pancasila.

Perubahan tersebut didasarkan pada sejumlah masukan penyempurnaan pembelajaran PKn menjadi PPKn yang mengemuka dalam lima tahun terakhir, antara lain : (1) secara substansial, PKn terkesan lebih dominan bermuatan ketatanegaraan sehingga muatan nilai dan moral Pancasila kurang mendapat aksentuasi yang proporsional; (2) secara metodologis, ada kecenderungan pembelajaran yang mengutamakan pengembangan ranah sikap (afektif), ranah pengetahuan (kognitif), dan pengembangan ranah keterampilan (psikomotorik) belum dikembangkan secara optimal dan utuh (koheren).

Selain itu, melalui penyempurnaan PKn menjadi PPKn tersebut terkandung gagasan dan harapan untuk menjadikan PPKn sebagai salah satu mata pelajaran yang mampu memberikan kontribusi dalam solusi atas berbagai krisis yang melanda Indonesia, terutama krisis multidimensional. PPKn sebagai mata pelajaran memiliki misi mengembangkan keadaban Pancasila, diharapkan mampu membudayakan dan memberdayakan peserta didik agar menjadi warganegara yang cerdas dan baik serta menjadi pemimpin bangsa dan negara Indonesia di masa depan yang amanah, jujur, cerdas, dan bertanggungjawab.

Dalam konteks kehidupan global, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selain harus meneguhkan keadaban Pancasila juga harus membekali peserta didik untuk hidup dalam kancah global sebagai warga dunia (global citizenship). Oleh karena itu, substansi dan pembelajaran PPKn perlu diorientasikan untuk membekali warga negara Indonesia agar mampu hidup dan berkontribusi secara optimal pada dinamika kehidupan abad 21. Untuk itu, pembelajaran PPKn selain mengembangkan nilai dan moral Pancasila, juga mengembangkan semua visi dan keterampilan abad ke-21 sebagaimana telah menjadi komitmen global.

Bertolak dari berbagai kajian secara filosofis, sosiologis, yuridis, dan pedagogis, mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013, secara utuh memiliki karakteristik sebagai berikut.
a. Nama mata pelajaran yang semula Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) telah diubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn);
b. Mata pelajaran PPKn berfungsi sebagai mata pelajaran yang memiliki misi pengokohan kebangsaan dan penggerak pendidikan karakter Pancasila;
c. Kompetensi Dasar (KD) PPKn dalam bingkai kompetensi inti (KI) yang secara psikologis-pedagogis menjadi pengintegrasi kompetensi peserta didik secara linier dan koheren dengan penanaman, pengembangan, dan/atau penguatan nilai dan moral Pancasila; nilai dan norma UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945; nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika; serta wawasan dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia.
d. Pendekatan pembelajaran berbasis proses keilmuan (scientific approach) yang dipersyaratkan dalam kurilukum 2013 memusatkan perhatian pada proses pem- bangunan pengetahuan (KI-3), keterampilan (KI-4), sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2) melalui transformasi pengalaman empirik dan pemaknaan konseptual. Pendekatan tersebut memiliki langkah generik sebagai berikut.

1) mengamati (observing).
2) menanya (questioning).
3) mengeksplorasi/mencoba (exploring).
4) mengasosiasi/menalar (assosiating).
5) mengomunikasikan (communicating).

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Apabila pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang memiliki keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga dapat berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang diharapkan dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan diri siswa. Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang mampu dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini menjabarkan usaha yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat penting, guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi kurikulum 2013 pada tahun 2013 s/d 2015 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seoptimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2016/2017 dan seterusnya. Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan edisi kedua. Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan, serta penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Berikut adalah tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf:



Berikut kami kutipkan daftar isi dan petunjuk umum penggunaan buku tersebut:

Kata Pengantar ............................................................................................ iii Daftar Isi ..................................................................................................... v Daftar Gambar ............................................................................................ viii Daftar Tabel ................................................................................................ viii



Bagian 1 Petunjuk Umum Buku Guru Kelas VII ...................................... 1
Bagian 2 Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran...................................... 51


Bab 1 Pembelajaran Perumusan dan Penetapan Pancasila
sebagai Dasar Negara ..................................................................... 51

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 52
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 52
C. Indikator .................................................................................. 52
D. Materi Pembelajaran................................................................. 53
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 54
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 54
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 60
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 65
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 70
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 75

Bab 2 Pembelajaran Norma dan Keadilan ................................................ 85

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 86
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 86
C. Indikator .................................................................................. 86
D. Materi Pembelajaran................................................................. 87
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 87
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 87
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 92
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 98
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 102
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 107

Bab 3 Pembelajaran Perumusan dan Pengesahan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ......................................... 113

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 114
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 114
C. Indikator .................................................................................. 114
D. Materi Pembelajaran................................................................. 115
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 116
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 116
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 121
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 127
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 132
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 135
Pembelajaran Pertemuan Keenam (120 menit)........................... 140

Bab 4 Pembelajaran Keberagaman Suku, Agama, Ras,
dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika ............. 149

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 150
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 150
C. Indikator .................................................................................. 150
D. Materi Pembelajaran................................................................. 151
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 152
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 152
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 157
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 162
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 166
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 170

Bab 5 Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan ............................... 179

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 180
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 180
C. Indikator .................................................................................. 180
D. Materi Pembelajaran................................................................. 181
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 182
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 182
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 187
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 192
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 197
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 202

Bab 6 Pembelajaran Daerah dalam Kerangka
Negara Kesatuan Republik Indonesia ............................................. 207

A. Kompetensi Inti (KI)................................................................. 208
B. Kompetensi Dasar (KD) ........................................................... 208
C. Indikator .................................................................................. 208
D. Materi Pembelajaran................................................................. 209
E. Proses Pembelajaran ................................................................. 210
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) ............................. 210
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit) ............................. 214
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).............................. 220
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit).......................... 225
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit) ............................ 230
Pembelajaran Pertemuan Keenam (120 menit)........................... 233

Daftar Pustaka ............................................................................................. 241
Glosarium ................................................................................................... 244
Indeks.......................................................................................................... 248
Profil Penulis ............................................................................................... 251
Profil Penelaah ............................................................................................ 253
Profil Editor ................................................................................................ 255

Petunjuk Umum
Buku Guru Kelas VII

A Maksud dan Tujuan Buku Guru

Maksud dan tujuan disusunnya buku guru adalah sebagai berikut.
1. Memfasilitasi para Guru PPKn dalam membangun persepsi dan sikap positif terhadap mata pelajaran PPKn sesuai dengan ide, regulasi, karakteristik psikologis-pedagogis, dan fungsinya dalam konteks sistem pendidikan nasional.
2. Memahami secara utuh dan menyeluruh karakteristik PPKn Kurikulum 2013 sebagai landasan membangun pola sikap dan pola perilaku profesional sebagai guru PPKn.
3. Memfasilitasi tumbuhnya kompetensi guru PPKn untuk mewujudkan pem- belajaran yang berkualitas dan mampu mengembangkan budaya kewarga- negaraan di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan sosial-budaya peserta didik.
4. Mengembangkan diri sebagai guru PPKn yang profesional dan dinamis dalam menyikapi dan memecahkan masalah-masalah praktis terkait visi dan misi mata
pelajaran PPKn di lingkungan satuan pendidikan.


B Petunjuk Penggunaan Buku Guru

Buku Guru Mata Pelajaran PPKn disusun untuk menjadi acuan bagi Guru PPKn dalam rangka kegiatan-kegiatan sebagai berikut.
1. Merancang pembelajaran dari KI dan KD ke dalam bahan ajar, pendekatan, strategi, metode, dan model pembelajaran secara lebih inovatif, kreatif, efektif, efisien serta sesuai dengan kebutuhan, kapasitas, karakteristik dan sosial budaya daerah, sekolah/satuan pendidikan dan peserta didik.
2. Memanfaatkan dan mengembangkan sumber belajar agar lebih kreatif, inovatif, efektif, efisien, dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik dan kondisi sosial budaya daerah.
3. Merancang dan melaksanakan penilaian kompetensi peserta didik (aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh sesuai dengan prinsip sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, dan akuntabel.

C KI dan KD Mata Pelajaran PPKn


1. Kompetensi Inti

Mata pelajaran PPKn untuk SMP/MTs kelas VII memiliki empat kompetensi inti dan
24 kompetensi dasar. Hal ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yaitu adanya konsep kompetensi inti.

Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing, yaitu :
a. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
b. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
c. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan d. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

KI 1, KI 2, dan KI 4 harus dikembangkan dan ditumbuhkan melalui proses pembelajaran setiap materi pokok yang tercantum dalam KI 3. Adapun KI 1 dan KI
2 tidak diajarkan langsung (direct teaching), tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan pembelajaran.

Kompetensi Inti PPKn Kelas VII :

Kompetensi Inti 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Inti 2 :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Kompetensi Inti 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Kompetensi Inti 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang.

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PPKn Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) PPKn Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf"