Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf







Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini ditulis dengan tujuan agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai keperluan sebagai kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa yang dibutuhkan dalam kehidupan yang sesungguhnya.

Konsep utama pengembangan buku teks adalah berbasis-genre. Genre dimaknai sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikatifnya. Masing- masing jenis genre memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah cara pandang baru tentang bahasa. Jika Kurikulum 2006 menekankan pendekatan komunikatif, Kurikulum 2013 justru menajamkan efek komunikasi dan dampak fungsi sosialnya. Pada Kurikulum 2006 siswa diajarkan menulis surat dengan format standar yang tidak menekankan isi surat. Pada Kurikulum 2013, surat yang ditulis siswa harus berdampak sosial, seperti mampu menunjukkan kepribadian dalam surat lamaran kerja dan atau surat untuk meyakinkan orang lain. Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa di Eropa dan Amerika, yaitu Content Language Integrated Learning (CLIL). CLIL menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).

Setiap bab dalam Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dikembangkan dengan mengacu kepada konsep teoretik yang mendasari Kurikulum 2013, yaitu pembelajaran berbasis genre dan CLIL (content language integrated learning). Silabus buku teks dikembangkan berdasarkan pengembangan silabus berbasis genre dan pedagogi genre. Setiap bab buku teks ini mencakup tiga hal, yaitu penjelasan tentang teks (tujuan, struktur retorika, kebahasaan) dan lokasi sosial, model teks dan telaah model teks, serta latihan dan tugas, termasuk tugas pengembangan kompetensi.

Buku teks Bahasa Indonesia terdiri atas Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan Buku Siswa. Buku Siswa berisi penjabaran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) untuk dipelajari siswa. Buku Guru berisi panduan pembelajaran bahasa Indonesia secara umum dan teknik menggunakan buku siswa.

Berikut adalah tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf:



Berikut adalah kutipan dari isi buku tersebut:

PETUNJUK UMUM

A. Kurikulum 2013

Pengembangan kurikulum, termasuk Bahasa Indonesia, merupakan
konsekuensi logis dari perkembangan kehidupan dan perkembangan pengetahuan tentang bahasa dan cara berbahasa yang terwujud dalam teori belajar bahasa terkini. Perkembangan teori belajar bahasa berkontribusi terhadap pemahaman hakikat bahasa, hakikat manusia belajar, dan hakikat komunikasi interkultural, sekaligus tentang manusia yang keseluruhannya saling berkaitan sehingga saling berdampak satu sama lain. Hal ini perlu dipahami agar terjadi peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia secara berkesinambungan.
Kurikulum Bahasa Indonesia secara ajeg dikembangkan dengan mengikuti perkembangan teori tentang bahasa dan teori belajar bahasa yang sekaligus menjawab tantangan kebutuhan zaman. Pengembangan ini dimulai sejak 1984 hingga penerapan Kurikulum 2013 saat ini. Kurikulum
2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang outcomes-based curriculum. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum diarahkan kepada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Penilaian hasil belajar dan hasil kurikulum pun diukur dari pencapaian kompetensi. Keberhasilan kurikulum diartikan sebagai pencapaian kompetensi yang dirancang dalam dokumen kurikulum oleh seluruh peserta didik.
Kurikulum berbasis kompetensi memiliki delapan karakteristik, yaitu: (1) Isi atau konten kurikulum adalah kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) mata pelajaran dan dirinci lebih lanjut ke dalam Kompetensi Dasar (KD); (2) Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran; (3) Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu mata pelajaran di kelas tertentu; (4) penekanan kompetensi ranah sikap, keterampilan kognitif, keterampilan psikomotorik, dan pengetahuan untuk suatu satuan pendidikan dan mata pelajaran ditandai oleh banyaknya KD suatu mata pelajaran; (5) Kompetensi Inti menjadi unsur organisatoris kompetensi bukan konsep, generalisasi, topik atau sesuatu yang berasal dari pendekatan disciplinary–based curriculum atau content-based curriculum; (6) Kompetensi Dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat, dan memperkaya antarmata pelajaran; (7) Proses pembelajaran didasarkan pada upaya menguasai kompetensi pada tingkat yang memuaskan dengan memperhatikan karakteristik konten kompetensi pengetahuan yang bersifat tuntas. Keterampilan kognitif dan psikomotorik adalah kemampuan penguasaan konten yang dapat dilatihkan. Kompetensi sikap adalah kemampuan penguasaan konten yang lebih sulit dikembangkan dan memerlukan proses pendidikan yang tidak langsung; (8) Penilaian hasil belajar mencakup seluruh aspek kompetensi, bersifat formatif dan hasilnya segera diikuti dengan pembelajaran remedial untuk memastikan penguasaan kompetensi pada tingkat memuaskan.
Untuk mencapai tujuan kurikulum di atas, beban belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP untuk Kela VII, VIII, dan IX adalah
38 jam per minggu. Jam belajar SMP adalah 40 menit. Mata pelajaran
Bahasa Indonesia 6 jam belajar per minggu.

B. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi modal dasar untuk belajar dan perkembangan anak-anak Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan kepercayaan diri siswa sebagai komunikator, pemikir imajinatif dan warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Pembelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi yang dibutuhkan siswa dalam menempuh pendidikan dan di dunia kerja. Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar siswa mampu mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung pengetahuan siswa, memahami, dan memiliki kompetensi mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Ketiga hal tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan menciptakan karya sastra; literasi (memperluas kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).
Bahasa, pengetahuan Bahasa Indonesia adalah pengetahuan tentang tata bahasa bahasa Indonesia dan cara penggunaannya yang efektif. Siswa belajar bahasa Indonesia sehingga memungkinkan manusia saling berinteraksi secara efektif; membangun dan membina hubungan; mengungkapkan dan mempertukarkan pengetahuan, keterampilan, sikap, perasaan, dan pendapat. Siswa mampu berkomunikasi secara efektif melalui teks yang koheren, kalimat yang tertata dengan baik, termasuk tata ejaan, tanda baca pada tingkat kata, kalimat, dan teks yang lebih luas. Pemahaman tentang bahasa berarti bahasa sebagai sistem dan bahasa sebagai wahana pengetahuan dan komunikasi yang akan menjadikan siswa sebagai penutur Bahasa Indonesia yang produktif.

Daftar Isi Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017

Kata Pengantar .....................................................................................iii

Daftar Isi .....................................................................................iv

I. Petunjuk Umum

A. Kurikulum 2013...............................................................................vii B. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia............................ viii C. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia ................................ix D. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII ...................................xv Bagian Dua-Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Bahasa ..... xvii
II. Petunjuk Khusus

Bab 1 : Berita Seputar Indonesia

A. Menentukan Unsur-unsur Berita ............................................... 1

B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita ........................................ 4

C. Menemukan Struktur dan Kaidah Berita ................................... 7

D. Menyampaikan Informasi dalam Bentu Berita ........................ 10



Bab 2 : Iklan-iklan tentang Dunia Kita

A. Menentukan Unsur-unsur Iklan, Slogan, dan Poster .............. 13

B. Menyimpulkan Pesan dan Informasi dalam Iklan ................... 15

C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan........ 18

D. Menulis Iklan ........................................................................... 20

Bab 3 : Mengenali Unsur-unsur Teks Eksposisi

A. Mengenali Unsur-unsur Teks Eksposisi .................................. 23
B. Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi............................................ 26
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi ....................... 29
D. Menyajikan Teks Eksposisi .................................................... 33

Bab 4 : Indahnya Berpuisi

A. Menemukan Unsur-unsur Pembentuk Puisi ........................... 37

B. Menyimpulkan Isi Puisi ........................................................... 41

C. Memilah Unsur-unsur Pembangun Puisi ................................ 44

D. Mari Berpuisi ........................................................................... 47

Bab 5 : Ada Cerita dalam Teks Eksplanasi

A. Menentukan Ciri-ciri Teks Eksplanasi ..................................... 51

B. Meringkas Teks Ekspanasi...................................................... 56

C. Menelaah Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi .............. 59

D. Menulis Teks Eksplanasi ......................................................... 63

Bab 6 : Ulasan tentang Karya Kita

A. Menunjukkan Ciri-ciri Ulasan .................................................. 67

B. Menjelaskan Kembali Teks Ulasan ......................................... 72

C. Menelaah Struktur dan Kaidah Ulasan ................................... 75

D. Menyusun Teks Ulasan ........................................................... 79

Bab 7 : Berbahasalah secara Persuatif

A. Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasi ..................................... 83

B. Menyimpulkan Isi Teks Persuasi ................................................... 88

C. Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi ......... 91

D. Menulis Teks Persuasi ................................................................... 95

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017"