Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Download Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf: Tema 1, Tema 2, Tema 3, dan Tema 4







Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Penulis menyadari betul bahwa Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 belum sempurna. Pada kenyataan- nya, Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 merupakan draft pertama, dan masih akan disusul dengan draft kedua, sebelum akhirnya dianggap sempurna pada draft ketiga atau final. Untuk mencapai hal tersebut, sesuai rencana Kemendikbud, dibutuhkan waktu selama 3 (tiga) tahun.

Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat di download pada halaman ini terdiri atas empat tema, yaitu: Tema 1, 2, 3, dan 4. Masing-masing buku guru dapat diunduh pada tautan berikut:


Download Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1




BACA JUGA:
Berikut adalah kutipan sebagian isi dari buku tersebut:

Tentang Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
2. Ruang lingkup pembelajaran yang memberikan gambaran tentang kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
3. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
4. Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan pada setiap kegiatan pembelajaran.
5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
6. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
7. Berbagai teknik penilaian siswa.
8. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
9. Petunjuk penggunaan Buku Siswa.

Daftar Isi

Kata pengantar ................................................................................................. iii Tentang Buku Guru .......................................................................................... iv Bagaimana Menggunakan Buku Guru? ......................................................... v Panduan Penilaian ........................................................................................... vii Standar Kompetensi (SKL) dan Kompetensi Inti Kelas I .............................. xi Daftar isi ............................................................................................................ xii

Subtema 1

Aku dan Teman Baru ........................................................................................ 1

Subtema 2

Tubuhku ............................................................................................................. 43

Subtema 3

Aku Merawat Tubuhku ..................................................................................... 76

Subtema 4

Aku Istimewa .................................................................................................... 121

Daftar Pustaka .................................................................................................. 153

Profil Penulis ..................................................................................................... 154

Profil Penelaah ................................................................................................. 156

Profil Editor ....................................................................................................... 167

Profil Ilustrator .................................................................................................. 168

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf .

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Buku Guru SD/MI Kelas 1 (Satu) Kurikulum 2013 Revisi 2017"