Download Buku Siswa Komputer Akuntansi I dan 2 Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013

| 18 Oktober 2017

Download Buku Siswa Komputer Akuntansi I dan 2 Kelas  Sebelas (XI/11) SMK/MAK Kurikulum 2013 pdf

Download Buku Siswa Komputer Akuntansi I dan 2 Kelas  Sebelas (XI/11) SMK/MAK Kurikulum 2013 pdf







Perkembangan teknologi komputer telah memicu lembaga bisnis untuk menerapkan sistem informasi di segala bidang, termasuk bidang akuntansi. Penerapan komputer di bidang akuntansi ini semakin luas berkembang dikarenakan banyaknya software aplikasi komputer akuntansi yang tersedia di masyarakat. Justru permasalahan pokok yang dihadapi oleh lembaga bisnis adalah kurang tersedianya tenaga kerja yang kompeten dalam pengoperasian komputerisasi akuntansi

Tidak jarang lembaga bisnis harus mengeluar-kan biaya pelatihan yang cukup besar untuk menyiapkan tenaga operator komputer akuntansi. Sekolah Menengah Kejuru-an (SMK) sebagai salah satu lembaga penyedia calon tenaga kerja tingkat menengah tanggap terha-dap tuntutan industri Dalam kurikulum 2013 khususnya untuk paket keahlian akuntansi peserta didik dituntut memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang konsisten dari waktu ke waktu dalam pengoperasian aplikasi komputer akuntansi. Sebagian kompetensi dasar dalam mata pelajaran Komputer Akuntansi menuntut peserta diklat untuk menguasai kompetensi secara utuh mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi pada perusahaan jasa. Apakah perusahaan jasa itu? Perusahaan jasa adalah perusahaan yang usaha pokoknya ditujukan untuk memperoleh pendapatan atau penghasilan melalui pelayanan jasa tertentu.

Keuntungan menerapkan komputer akuntansi pada perusahaan jasa diantaranya adalah mengurangi penggunaan kertas-kertas (paperless) sehingga pada gilirannya akan mengurangi beban alat tulis kantor (atk) atau beban perlengkap-an (supplies). Disamping itu keuntungan penerapan komputer di bidang akuntansi adalah jaminan untuk kecepatan dan ketepatan.

Kecepatan karena sebagian besar pekerjaan akuntansi diambil alih oleh komputer dan dikerjakan dengan cepat.

Tugas operator hanyalah sebatas data entri, sementara tugas selanjutnya termasuk penyusunan laporan keuangan dikerjakan oleh komputer. Selama data yang dientri ke komputer data yang benar maka maka hasilnyapun akan benar atau tepat.

Aktivitas komputer akuntansi perusahaan jasa mengarah pada data entri transaksi keuangan yang terjadi pada perusahaan jasa sejak awal periode sampai dengan proses penyiapan laporan keuangan pada akhir periode akuntansi. Aktivitas ini secara keseluruhan meliputi:

1. Menyiapkan data awal;

2. Membuat daftar akun;

3. Menyesuaikan pajak;

4. Meng-entry saldo awal;

5. Mencatat Kas Keluar;

6. Mencatat Kas Masuk;

7. Mencatat entri penyesuaian;

8. Menampilkan laporan keuangan.

9. Membuat backup file.

Untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari buku ini, maka terlebih dahulu dipersyaratkan telah menguasai kompetensi dasar yang ada dalam mata pelajaran:

1. Pengantar Akuntansi dan Keuangan
2. Akuntansi Perusahaan Jasa.

Buku Komputer Akuntansi 1 dan 2 disusun untuk peserta didik, guna mendukung mata pelajaran Komputer Akuntansi di kelas XI semester I  dan II pada paket keahlian Akuntansi.

Dalam buku ini terdapat 9 (sembilan) kegiatan belajar. Disarankan kepada peserta didik untuk mempelajari buku ini secara urut agar lebih mudah memahaminya.

Agar aktivitas peserta didik lebih terarah dan lebih lancar dalam pencapaian kompetensi maka disarankan untuk mengikuti petunjuk-petunjuk berikut ini:

1. Bacalah dengan cermat peta kedudukan modul, prasyarat dan pengertian dari istilah-istilah penting dalam buku ini.
2. Untuk setiap kegiatan belajar, bacalah dengan cermat rumusan tujuan pembelajaran yang memuat pengetahuan dan kinerja yang diharapkan dalam rangka membentuk kompetensi kerja yang akan dicapai melalui
modul ini.
3. Pahami dengan baik uraian materi pada setiap kegiatan belajar termasuk kasus yang diberikan. Diskusikan dengan sesama peserta didik, uraian atau bagian dari kasus yang sulit dipahami. Bila masih ragu, maka tanyakanlah
pada guru sampai paham.
4. Ikuti langkah-langkah pemecahan kasus seperti yang tertulis di setiap kegiatan belajar. Lakukan ini bersama-sama dalam kelompok kecil. Bila mengalami kesulitan diskusikan dengan anggota kelompok. Jika masih ragu,
maka tanyakanlah pada guru sampai jelas.
5. Kerjakan tugas-tugas, dan jawablah pertanyaan tes, kemudian cocokkan dengan kunci jawaban. Lakukan kegiatan ini sampai peserta didik tuntas menguasai hasil belajar yang diharapkan.
6. Setelah kamu menuntaskan satu kegiatan belajar selanjutnya pelajari kegiatan belajar berikutnya secara urut.
7. Peserta didik tidak dibenarkan melanjutkan pada kegiatan belajar berikutnya, bila belum menguasai secara tuntas materi pada kegiatan
belajar sebelumnya.
8. Setelah semua kegiatan belajar tuntas dipelajari maka ajukan diri untuk melaksanakan evaluasi penyelesaian buku 1.

Pelaksanaan evaluasi ini bisa dikerjakan secara individu atau klasikal. Jika hasilnya memuaskan dapat melanjutkan kegiatan belajar di buku 2.

Berikut adalah tautan download Buku Siswa Komputer Akuntansi I dan 2 Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 pdf:





Demikian tulisan tentang

Download Buku Siswa Komputer Akuntansi I dan 2 Kelas Sebelas (XI/11) SMK/MAK Kurikulum 2013 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 18.46

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!