Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Siswa Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013

Download Buku Siswa Mata Pelajaran (Mapel)  Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013

Download Buku Siswa Mata Pelajaran (Mapel)  Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013







A. Latar Belakang
Penyimpanan arsip dan penemuan kembali adalah sesuatu kegiatan yang sangat penting dalam pengelolaan surat atau dokumen. Dokumen yang ditata dengan baik akan mempermudah dan mempercepat penemuan kembali apabila diperlukan.

Kunci sukses penataan suatu dokumen tergantung dari banyak faktor, antara lain: kemampuan petugas arsip dan pemilihan sistem penyimpanan arsip yang tepat.

B. Deskripsi
Buku Siswa Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 ini membahas tentang mata pelajaran kearsipan dengan dengan ruang lingkup hakekat kearsipan, filling system atau sistem penyimpanan abjad, tanggal, masalah/subyek, wilayah, dan nomor, serta kearsipan dengan pembahasannya meliputi pengertian, bahan dan alat yang diperlukan, merancang pola klasifikasi, prosedur penyimpanan, penemuan kembali dan tes formatif, tugas serta evaluasi.

Hasil akhir yang diharapkan dari pembelajaran Buku Siswa Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 iniadalah peserta didik dapat mengelola dokumen dengan menggunakan sistem-sistem yang digunakan secara benar.

C. Prasyarat

Sebelum mempelajari Buku Siswa Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 ini peserta didik sudah menguasai mata pelajaran korespondensi.

D. Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar

Bacalah dan pahami isi Buku Siswa Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 ini untuk memudahkan dalam proses kegiatan belajar.

a. Bagi Fasilitator
1) Pastikan bahwa peserta didik yang akan mempelajari Buku Siswa Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 initelah mempelajari bahan ajar-bahan ajar prasyarat secara tuntas.
2) Bantulah peserta didik dalam mempelajari Buku Siswa Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 iniagar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
3) Identifikasi dan analisislah sarana-prasarana kegiatan belajar yang ada di Sekolah serta dunia usaha dan industri untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.
4) Berikan motivasi, bimbingan dan pendampingan agar peserta didik memiliki gairah belajarnya meningkat.

b. Bagi Peserta Didik

1) Bacalah dengan cermat rumusan tujuan akhir dari kegiatan belajar ini.

Tujuan tersebut memuat kinerja yang diharapkan, kriteria keberhasilan dan kondisi yang diberikan dalam rangka membentuk kompetensi kerja yang akan dicapai melalui bahan ajar ini.

2) Bacalah dengan cermat dan pahami dengan baik daftar pertanyaan pada “cek kemampuan” sebagai pengukur kompetensi yang harus dikuasai dalam bahan ajar ini. Lakukan ini pada awal dan akhir Peserta didik mempelajari bahan ajar untuk mengetahui penguasaan kompetensi sebagai pencapaian hasil belajar Peserta didik.

3) Diskusikan dengan sesama peserta didik apa yang telah peserta didik
cermati untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang tujuan belajar dan kompetensi yang ingin dicapai dalam bahan ajar ini. Bila masih ragu maka bertanyalah pada fasilitator sampai Peserta didik paham.

4) Bacalah dengan cermat peta kedudukan bahan ajar, prasyarat, dan pengertian istilah-istilah sulit dan penting dalam bahan ajar ini.

5) Bacalah dengan cermat materi setiap kegiatan belajar, kerjakan tugas dan jawablah pertanyaan tes kemudian cocokkan jawaban peserta didik dengan kunci jawaban. Lakukan kegiatan ini sampai peserta didik tuntas menguasai hasil belajar yang diharapkan.

6) Bila dalam proses memahami materi ini peserta didik mendapatkan kesulitan maka diskusikan dengan teman-teman peserta didik atau konsultasikan dengan fasilitator.

7) Setelah Peserta didik menuntaskan semua kegiatan belajar dalam bahan ajar ini, pelajarilah bahan ajar selanjutnya sesuai dengan yang tertuang pada peta kedudukan bahan ajar untuk Keahlian Administrasi Perkantoran.

8) Peserta didik tidak dibenarkan melanjutkan kepada kegiatan belajar berikutnya, bila belum menguasai benar materi pada kegiatan belajar sebelumnya.

Berikut adalah tautan download Buku Siswa Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 pdf:



Demikian tulisan tentang

Download Buku Siswa Mata Pelajaran (Mapel) Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Buku Siswa Kearsipan 1 Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013"