Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Download Contoh Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur Serta Pengertian Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur I PDF

Terdapat berbagai definisi terkait pengertian tentang Tugas Mandiri Terstruktur (TMT) dan Tidak Terstruktur (TMTT). Akan tetapi, dari berbagai definisi yang ada, terdapat inti atau esensi yang sama bahwa pengertian tugas mandiri terstruktur adalah tugas yang diberikan guru kepada peserta didik dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi pembelajaran dan waktu pengumpulan tugas tersebut ditentukan oleh guru sehingga siswa harus menyelesaikan tugas tersebut dan menyerahkannya pada batas waktu yang ditetapkan (Umumnya dikumpulkan pada minggu atau pertemuan berikutnya). Biasanya guru memberikan tugas ini sebagai tugas mandiri untuk mengukur pencapaian anak.

Sedangkan pengertian tugas mandiri tidak terstruktur adalah tugas yang diberikan oleh guru kepada peserta didik dengan rentang waktu pengumpulan tugasnya relatif lebih lama apabila dibandingkan dengan tugas mandiri terstruktur. Biasanya waktu untuk mengumpulkan tugas tesebut berkisar dalam hitungan satu atau dua bulan lamanya dan apabila pada rentang waktu tersebut terdapat peserta didik yang telah selesai mengerjakan tugasnya, diperbolehkan untuk menyerahkannya lebih cepat kepada guru.

Ringkasan Contoh Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Contoh Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur tersedia dalam format PDF dan MS Word. Untuk memudahkan, dipersilahkan memilih contoh format TMT dan TMTT sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Dalam hal pembuatan Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur ini sebenarnya tidak ada format yang benar-benar baku. Guru dapat menyesuaikan dan berimprovisasi serta mengembangkan sendiri format kedua jenis tugas tersebut sesuai keinginan dan kebutuhan.

Akan tetapi, ada beberapa komponen yang wajib dipenuhi dalam pembuatan Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur antara lain:

1. Identitas
*Satuan Pendidikan
*Mata Pelajaran
*Kelas
*Semester
*Tahun Pelajaran
2. Kompetensi Dasar
3. Materi Penugasan
4. Kegiatan Tugas
#Individu
#Kelompok
5. Bentuk Tugas
*Praktik
*Portofolio
*Proyek
6. Waktu Penyelesaian
7. Jenis Tugas
#Terstruktur
#Tidak Terstruktur

Download Contoh Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Untuk mengunduh Contoh Format Tugas Mandiri Terstruktur (TMT) dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT), dipersilahkan untuk mengakses melalui link atau tautan berikut.

Download Contoh Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur Dalam Bentuk PDF DI-SINI
Download Contoh Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur Dalam Bentuk MS WORD DI-SINI

Posting Komentar untuk "Contoh Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur"