Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 8 Kurikulum 2013

Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 pdf

Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 pdf







SILABUS PEMBELAJARAN Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester Satu (1/I)

SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS/ SEMESTER : VIII / GANJIL

KOMPETENSI INTI :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah,menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.

SILABUS PEMBELAJARAN Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester Dua (II/2)

SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS/ SEMESTER : VIII / GENAP

KOMPETENSI INTI :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.

Berikut adalah tautan Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 pdf:



Berikut adalah kutipan dari isi silabus tersebut:


Kompetensi Dasar
(1)
1.1 Menghayati ibrahatau nilai positif dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah.
2.1 Menunjukkan sikapbijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
3.1 Memahami sejarahberdirinya DinastiAbbasiyah. Sejarah berdirinyaDinasti Abbasiyah. Mengamati- Menyimakpenjelasan guru tentang sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.- Membaca buku tentang sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.Menanya- Memberikantanggapan/ respon terhadap penjelasan guru tentangsejarah berdirinyaDinasti Abbasiyah.- Mengajukan pertanyaan tentang sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.Mengeksplorasi- Mendiskusikantentang sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.- Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab berdirinya Dinasti Abbasiyah.- Menyebutkan - TugasTerstru ktur- TesTulis- TesLisan. 4TM (8X40) - Buku SiswaSKI Kls VIII Kemenag.- Ensiklopedi atau buku referensi lain.- Multimedia. interaktifdan Internet.
4.1. Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah. tokoh tokoh yangberperan dalam sejarah berdirinya Abbasiyah.Mengasosiasi- Menyimpulkansejarah berdirinyaDinasti Abbasiyah.Mengkomunikasikan- Mempresentasikanhasil diskusi tentang sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.- Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah. - Portofoli o- UnjukKerja- Proyek- Produk
1.2 Menghayati nilai-nilai positif dari para Khalifah pilihan dari Dinasti Abbasiyah. Pembiasaan sikappositif dari para Khalifah pilihan dari Dinasti Abbasiyah. - Penilaian Diri- Observa si- Penilaia n teman- Jurnal.
2.2 Meneladaniperilaku istiqamah seperti yang dicontohkan oleh Pembiasaan perilakuistikamah seperti yang dicontohkan oleh para Khalifah dari Dinasti PenilaianDiri Observasi Penilaian
para Khalifah dariDinasti Abbasiyah. Bani Abbasiyah. temanJurnal 4 TM (8X 40) - Buku SiswaSKI Kls VIII Kemenag.- Ensiklopedi atau buku referensi lain.- Multimedia interaktifdan Internet.
3.2 Memahamiperkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah. Perkembangankebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah. Mengamati- Menyimakpenjelasan guru tentang perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.- Mengamati gambar/ Video tentang perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.Menanya- Memberikantanggapan/ respon terhadap penjelasan guru tentang perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.- Mengajukan pertanyaan - TugasTerstrukt ur- TesTulis- TesLisan. 4 TM (8X 40) - Buku SiswaSKI Kls VIII Kemenag.- Ensiklopedi atau buku referensi lain.- Multimedia interaktifdan Internet.
terkaitgambar/video tentang perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.Mengeksplorasi- Mengidentifikasitentang perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.- Mendiskusikan faktor-faktor penyebab perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.- Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang berperan dalam perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.- Mendiskusikan
4.2. Menceritakan perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah. Ibrah dariperkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.Mengasosiasi- Merumuskan hasildiskusi tentang kemajuan- kemajuan kebudayaan / peradaban Islam yang diraih pada masa Dinasti Abbasiyah.Mengkomunikasikan Mempresentasikanhasil diskusi tentangperkembang an kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah. - Portofol io.- UnjukKerja.- Proyek.- Produk.
1.3 Menghayatisemangat menuntut ilmu yang dicontohkan oleh ilmuwan muslim di Pembiasaan sikapsemangat menuntut ilmu yang dicontohkan oleh ilmuwan muslim di bidang ilmu - Penilaian Diri- Observ asi- Penilaia
bidang ilmupengetahuan umum masa Dinasti Abbasiyah. pengetahuan umumpada masa DinastiAbbasiyah. n- teman- Jurnal 4 TM (8X 40) - Buku SiswaSKI Kls VIII Kemenag.- Ensiklopedi atau buku referensi lain.- Multimedia interaktif. dan Internet.
2.3 Menunjukkanperilaku semangat belajar sebagai implementasi dari pemahaman para ilmuwan muslim di bidang ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Abbasiyah. Pembiasaan perilakusemangat belajar sebagai implementasi dari pemahaman para ilmuwan muslim di bidang ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Abbasiyah. - Penilaian Diri.- Observ asi.- Penilaia nteman.- Jurnal. 4 TM (8X 40) - Buku SiswaSKI Kls VIII Kemenag.- Ensiklopedi atau buku referensi lain.- Multimedia interaktif. dan Internet.
3.3 Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al- Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin Hayyan (ahlikimia), Muhammad bin Musa al- Khawarizmi (ahli astronomi), juga perannya dalam kemajuan kebudayaan/ Tokoh ilmuwanmuslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah. Mengamati- Menyimakpenjelasan guru tentang tokoh- tokohilmuwan muslimdan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah- Mengamati gambar-gambar tokoh ilmuwan muslimdan perannya dalam kemajuan - TugasTerstrukt ur.- TesTulis.- TesLisan. 4 TM (8X 40) - Buku SiswaSKI Kls VIII Kemenag.- Ensiklopedi atau buku referensi lain.- Multimedia interaktif. dan Internet.
peradaban Islampada masa DinastiAbbasiyah. kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.Menanya- Memberikantanggapan/ respon terhadap penjelasan guru tentang tokoh- tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah. Muhammad SAW- Mengajukan pertanyaan tentang tokoh-tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.Mengeksplorasi- Mengidentifikasitokoh-

Demikian tulisan tentang

Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Sumber: Sistem Informasi Kurikulum Madrasah Kemenag RI

Posting Komentar untuk "Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 "