Download Juknis Bantuan Pusat Kegiatan Gugus PAUD Tahun 2019

| 11 April 2019

Download Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Pusat Gugus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2019

PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 39 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) BANTUAN PUSAT KEGIATAN GUGUS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAHUN 2019



A. Latar Belakang

Gerakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas saat ini jadi fokus untuk mendukung lahirnya generasi emas bangsa dan sudah menjadi komitmen internasional pada konfrensi PBB tahun 1992 di Rio Jenerio yang menghasilkan prinsip pembangunan yang berkelanjutan yang mengandung arti memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan.

Hal mendesak yang perlu dibenahi untuk terwujudnya PAUD berkualitas adalah peningkatan kemampuan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Para PTK PAUD harus memiliki kapasitas melayani perbedaan individual anak usia dini, sesuai kondisi anak. Untuk itu, butuh penguatan kapasitas layanan PAUD, terutama pada kualitas pendidik.

Salah satu langkah strategi peningkatan mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD melalui pengawasan dan pembinaan peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD. Secara faktual mutu hasil pendidikan ditentukan oleh kualitas interaksi pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar yang berlangsung di dalam kelas melalui pembinaan GTK yang tergabung dalam gugus PAUD.

Mengingat demikian banyaknya jumlah Gugus PAUD dalam satu kecamatan, maka perlu dibentuk sebuah wadah koordinasi antar gugus yang disebut Pusat Kegiatan Gugus (PKG) yang beranggotakan 3 - 8 Gugus PAUD. Pembinaan terhadap PKG PAUD diharapkan dapat meningkatkan dan memperkuat mutu serta eksistensi PTK PAUD yang akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan layanan PAUD yang lebih baik. Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan mempunyai fungsi sebagai koordinator antara gugus, wadah pembinaan seluruh anggota gugus, peningkatan mutu layanan PAUD, sumber informasi dan data terkait dengan perubahan kebijakan, pengetahuan terkini, data lembaga dan PTK, hal-hal lain yang terkait dengan peningkatan kompetensi, pengembangan kurikulum, penguasaan informasi dan teknologi (IT), dan keterampilan kewirausahaan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK).

Keberadaan PKG menjadi basecamp informasi dan data yang terkait dengan upaya pembinaan dan peningkatan layanan PAUD untuk ditindaklanjuti ke gugus-gugus PAUD. Pembinaan terhadap Gugus PAUD diharapkan dapat meningkatkan dan memperkuat kompetensi PTK PAUD yang akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan layanan satuan PAUD yang lebih baik. Agar PKG dapat berjalan sesuai dengan harapan maka disusun pedoman penyelenggaraan PKG yang dapat dijadikan acuan oleh Penilik dan Pengawas di lapangan dan pengurus PKG.

Penyusunan pedoman Pusat Kegiatan Gugus (PKG), merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan PAUD memiliki tugas dan fungsi antara lain : a. penyiapan perumusan kebijakan di bidang kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola pendidikan anak usia dini; b. peningkatan kualitas pendidikan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini; c. fasilitasi sarana dan prasarana serta pendanaan pendidikan anak usia dini; d. penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola pendidikan anak usia dini; e. pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pendidikan anak usia dini; f. pelaksanaan evaluasi dan laporan di bidang pendidikan anak usia dini.

Penyelenggaran PKG dan Pembinaan Gugus PAUD agar berjalan sesuai dengan tugas serta fungsinya, maka perlu adanya pedoman untuk membantu pembina (Penilik dan Pengawas) dan pengurus PKG.

Penyelenggaraan PKG dan Pembinaan Gugus PAUD agar berjalan sesuai dengan tugas serta fungsinya, maka perlu adanya pedoman untuk membantu pembina (Penilik dan Pengawas) dan pengurus PKG.

B. Tujuan Petunjuk Teknis (jUKNIS)

1. Sebagai acuan bagi Direktorat Pembinaan PAUD dalam menetapkan calon PKG PAUD yang mengajukan bantuan;
2. Sebagai acuan bagi tim penilai dalam menilai proposal yang diajukan oleh PKG PAUD yang mengajukan bantuan;
3. Sebagai acuan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota memberikan rekomendasi kepada PKG PAUD yang mengajukan bantuan; dan
4. Sebagai acuan bagi PKG PAUD guna mengetahui prosedur dalam pengajuan, penyaluran dan pertanggungjawaban bantuan PKG PAUD Tahun 2019.

BANTUAN PUSAT KEGIATAN GUGUS PAUD TAHUN 2019

A. Pengertian

PKG PAUD adalah wadah koordinasi antar Gugus PAUD yang melaksanakan kegiatan pembinaan bagi 3-8 Gugus PAUD dalam area terdekat di wilayah kecamatan (daerah pengecualian). PKG PAUD Kecamatan mempunyai fungsi sebagai koordinator antaragugus, wadah pembinaan seluruh anggota gugus, bengkel kerja peningkatan kualitas layanan PAUD, dan sebagai pusat informasi terkait dengan perubahan kebijakan, pengetahuan terkini, dan hal-hal lain yang terkait dengan kegiatan PAUD.

Bantuan PKG PAUD Tahun 2019 adalah pemberian bantuan oleh pemerintah kepada PKG PAUD.

B. Tujuan Bantuan
1. Meningkatkan pelaksanaan pendataan anak usia 0-6 tahun secara akurat dan akuntabel.
2. Meningkatkan layanan PKG PAUD sebagai pusat sumber belajar, penyebaran informasi, saling bertukar gagasan sekaligus sosialisasi promosi dan edukasi.
3. Membantu PKG PAUD dalam meningkatkan layanan profesional untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan Gugus melalui bengkel kerja dan pelatihan.
4. Memberikan dukungan dan motivasi kepada PKG PAUD dalam membina Gugus PAUD.

C. Penyelenggara Kegiatan

Penyelenggara Kegiatan adalah Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD yangmemenuhi persyaratan sebagaimana ditetapkan dalam petunjuk teknis ini.

D. Peserta Kegiatan

1. Diutamakan PKG PAUD yang berada di daerah dimana satuan pendidikan penyelenggara PAUD banyak yang belum memasukkan data ke dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) PAUD dan Dikmas.
2. PKG PAUD yang akan menyelenggarakan pendataan satuan PAUD dan peserta didik di daerah Kecamatan. PKG PAUD adalah wadah koordinasi antar Gugus PAUD yang melaksanakan kegiatan pembinaan bagi 3-8 Gugus PAUD dalam area terdekat di wilayah kecamatan (daerah pengecualian). PKG PAUD Kecamatan mempunyai fungsi sebagai koordinator antara gugus, wadah pembinaan seluruh anggota gugus, bengkel kerja peningkatan kualitas layanan PAUD, dan sebagai pusat informasi terkait dengan perubahan kebijakan, pengetahuan terkini, dan hal-hal lain yang terkait dengan kegiatan PAUD.
Bantuan PKG PAUD Tahun 2019 adalah pemberian bantuan oleh pemerintah kepada PKG PAUD.

E. Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan indentifikasi Pendataan Satuan PAUD dan Peserta didik.

F. Indikator Keberhasilan Kegiatan

Indikator keberhasilan dari pemberian Bantuan PKG PAUD adalah:

1. Pemutakhiran data satuan PAUD dan peserta didik pada aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) PAUD dan Dikmas;
2. Tersalurkannya dana bantuan secara tepat guna, tepat waktu, dan tepat sasaran;
3. Terselenggaranya Program PKG PAUD sesuai ketentuan dalam juknis;
4. Adanya laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan PKG PAUD secara benar sesuai ketentuan;
5. Tersedianya data perserta didik PAUD yang terinput dalam Dapodik PAUD dan Dikmas.

TATA KELOLA BANTUAN PUSAT KEGIATAN GUGUS PAUD

A. Pemberi Bantuan

Bantuan PKG PAUD tahun 2019 diberikan oleh Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagaimana tertuang dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2019.

B. Persyaratan Penerima Bantuan

Pusat Kegiatan Gugus yang mempunyai persyaratan sebagai berikut:

1. Persyaratan teknis

a. Memiliki anggota minimal 3 gugus, kecuali untuk daerah dengan jumlah satuan PAUD dan wilayah geografis yang tidak memungkinkan untuk membentuk minimal 3 gugus;
b. Memiliki struktur kepengurusan yang aktif dibuktikan dengan Surat Keputusan Pembentukan yang masih berlaku;
c. Bekerja sama dengan operator DAPODIK di tingkat kabupaten/kota untuk memperbaharui data satuan PAUD dan peserta didik;
d. Diutamakan PKG yang berada di daerah dimana satuan pendidikan penyelenggara PAUD banyak yang belum memasukkan data ke dalam aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas.

2. Persyaratan administrasi

a. Menandatangani pakta integritas;
b. Mendapatkan surat rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota atau pejabat yang berwenang;
c. Memiliki rekening atas nama PKG PAUD pada bank pemerintah yang masih aktif minimal 3 bulan setelah menandatangani akad kerja sama dibuktikan dengan surat keterangan bank;
d. Memiliki NPWP atas nama PKG PAUD;
e. Mengajukan proposal bantuan kepada Direktur Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud (contoh format I terlampir);
f. Gugus tidak diperbolehkan untuk mengajukan Bantuan

C. Bentuk Bantuan

Bantuan diberikan dalam bentuk uang. Pencairan dana bantuan dilakukan secara sekaligus dalam satu tahap berdasarkan ketetapan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan disahkan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dengan mempertimbangkan jumlah dana dan waktu pelaksanaan kegiatan.

D. Rincian jumlah dan Penggunaan Dana Bantuan

Alokasi Bantuan PKG PAUD Tahun 2019 sebanyak Rp30.750.000.000,00 (tiga puluh milyar tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) sejumlah 2.460 paket masing-masing sebesar Rp12.500.000,00 (dua belas juta lima ratus ribu rupiah)/paket. Bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk uang dengan alokasi penggunaan:

Isi lengkap dari Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Pusat Gugus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2019 dapat di-download pada tautan berikut:


Download Juknis Bantuan Pusat Kegiatan Gugus PAUD Tahun 2019


InformasiGuru.Com Updated at: 09.22

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!