Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Indonesia

Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia






A. RASIONAL

Pengembangan pedoman Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini didasarkan pada hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui jalur PPG. Hasil evaluasi menunjukkan bah- wa tingkat kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Maha- siswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG-PDGK relatif masih rendah, yaitu dibawah 35%.

Oleh karena itu, perlu adanya suatu cara untuk membekali pengetahuan peserta PPG-PG- DK dan meningkatkan kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pemerintah pada program tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sumber belajar.

Menurut AECT (Association of Education Communication Technology) sumber belajar terdiri atas message, people, materials, device, technique, dan setting. Sumber belajar yang dapat dikembangkan untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kelulusan Uji Penge- tahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG PDGK 2018 berupa materials. Materials atau bahan yang dimaksud berupa soal-soal dan pembahasannya. Soal-soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2018 yang dikembang- kan oleh tim penyusun soal UP pusat.

B. TUJUAN PENULISAN

Penulisan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) PPG. Sumber belajar ini dapat digunakan secara mandiri maupun termbimbing.

C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN MATERI BAHAN PENGAYAAN DAN REMEDIASI PPG 2019 BAHASA INDONESIA

1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB I.
2. Memperhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II.
3. Membaca dan memahami setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator.
4. Mencoba untuk mengerjakan setiap soal yang ada, kemudian mencocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia.
5. Mempelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
6. Menuliskan hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan mendiskusikannya de- ngan sejawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangannya.
7. Mencoba untuk mengerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
8. Mencocokkan hasil latihan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, melihat pembahasan yang ada di BAB II.
9. Memperluas dan menambah pengetahuan Anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.

BAB II KISI-KISI (INDIKATOR ESSENSIAL), CONTOH SOAL, PEMBAHASAN MATERI BAHAN PENGAYAAN DAN REMEDIASI PPG 2019 BAHASA INDONESIA

Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pe- dagogik maupun profesional.

Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemam- puan peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Soal dan pembahasan kompetensi profesional disusun untuk menilai dan mengevaluasi ke- mampuan peserta dalam (1) menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam, (2) me- nguasai dan menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan, (3) mengelola informasi, (4) mengadaptasi dan menggunakan teknolo- gi informasi dan komunikasi, (5) menerapkan konsep teoretis materi pelajaran yang diampu, (6) merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas dan (7) bekerja di bidang keahlian pokok.

A. Soal dan Pembahasan Kompetensi Pedagogik

Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator Esensial
Pedagogik Merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakterisƟk mata pelajaran Bahasa Indonesia serta konteks dan karakteristik siswa Merumuskan indikator yang sesuai
Soal
Seorang guru Bahasa Indonesia SMP akan mengajarkan kompetensi dasar 3.7 MengidenƟfikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku   pengetahuan yang dibaca atau diper- dengarkan. Indikator yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah ...A. Menentukan struktur organisasi teks laporan hasil observasi. B. Menentukan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.C. Menjelaskan struktur organisasi teks laporan hasil observasiD. Menjelaskan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.E. Menyebutkan ciri, tujuan, dan isi teks laporan hasil observasi.
Pembahasan
Jawaban EIndikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakterisƟk peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.Perumusan indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur (menggunakan tabel kata kerja operasional Bloom). Untuk  KD  mengidenƟfikasi informasi,  kata  kerja  operasional  yang  tepat  adalah  menyebutkan ciri, tujuan, dan isi. Kata menentukan dan menemukan juga dapat menjadi indikator untuk KD mengidenƟfikasi, hanya pilihan materi pada jawaban Ɵdak tepat.Informasi berisi ciri, tujuan, dan isi.
Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator Esensial
Pedagogik Merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakterisƟk mata pelajaran Bahasa Indonesia serta konteks dan karakterisƟk siswa Merumuskan materi yang sesuai
Soal
Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Materi yang paling tepat sesuai kompetensi dasar tersebut adalah ...A. Pengetahuan faktualB. Pengetahuan metakogniƟfC. Pengetahuan proseduralD. Pengetahuan konseptualE. Keterampilan
Pembahasan
Jawaban C•  Penyusunan materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan.•  Cakupan materi berupa pengetahuan faktual, metakogniƟf, prosedural, dan konseptual.•  Faktual berisi contoh terkait dengan materi.•  MetakogniƟf berisi konsep yang berkaitan dengan contoh di kehidupan sehari-hari.•  Konseptual berisi konsep-konsep terkait dengan materi.•  Prosedural berisi tahapan yang terkait dengan materi.Oleh karena itu, jika ada KD memerankan, materi yang diajarkan terkait dengan prosedural yaitumerancang tokoh  fabel,  latar, dialog; menentukan urutan cerita; merancang pemeranan fabel;melakukan pemeranan.
Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator Esensial
Pedagogik Merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakterisƟk mata pelajaran Bahasa Indonesia serta konteks dan karakterisƟk siswa Menetapkan rumusan langkah pembelajaran menulis yang sesuai
Soal
Dalam suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik mencermaƟ topik yang menarik dan berada dalam konteks lingkungan sekolahnya. Ia kemudian mendata hal-hal yang perlu diketahui, kemudian mencari dan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dan telaah pustaka serta kemudian menuangkannya dalam laporan yang sudah disepakaƟ. Setelah selesai, kemudian menyajikannya secara lisan di depan kelas. Pembelajaran menulis ini menggunakan pendekatan ... A. InquiryB. SainƟfikC. DiscoveryD. Berbasis proyekE. Berbasis masalah
Pembahasan
Jawaban BRumusan langkah pembelajaran mewujud pada pemilihan pendekatan atau metode pembelajaran yang mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yaitu pendekatan sainƟfik, metode discovery/inquiry, pembelajaran berbasis masalah. SainƟfik melipuƟ mengamaƟ, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry  melipuƟ orientasi,  merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarikn kesimpulan.Discovery melipuƟ sƟmulasi, idenƟfikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembukƟan, dan penarikan kesimpulan.

Selengkapnya, Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada tautan berikut:


Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Posting Komentar untuk "Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Indonesia"