Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik Jenjang TK Terbaru 2019

Penataan Linearitas atau Kesesuaian Bidang/Mata Pelajaran yang Diampu Dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Taman Kanak-kanak (TK)

Linearitas Bidang/Mata Pelajaran Guru Bersertifikat Pendidik Jenjang Taman Kanak-kanak (TK) Terbaru Tahun 2019

Linearitas berarti kesesuaian bidang/mata pelajaran (mapel) yang diampu dengan sertifikat pendidik yang telah diterimakan oleh guru yang bersangkutan.


Masalah linearitas ini telah mengalami perkembangan guna disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat. Perkembangan terakhir tahun 2019 termaktub dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penataan Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik yang sebelumnya diatur dengan Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016.

Penataan linearitas tentu saja mencakup semua jenjang. Secara rinci ia dapat dilihat pada lampiran Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tersebut. Tulisan ini menggali tuntan masalah linearitas tersebut pada jenjang taman kanak-kanak (TK).

Terdapat beberapa hal penting yang diperhatikan dalam memahami persoalan linearitas guru TK. Ia mencakup bidang/mata pelajaran, kurikulum, jenis guru, dan kode dan nama bidang studi sertifikasi. Secara lebih detail, dijelaskan juga mengenai keterangan untuk masing-masing bidang/mata pelajaran.

Berikut adalah detail Penataan Linearitas atau Kesesuaian Bidang/Mata Pelajaran yang Diampu Dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Taman Kanak-kanak (TK) seperti yang tertera dalam Lampiran I Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019. Lampiran dapat didownload pada bagian akhir dari tulisan ini.

SALINAN LAMPIRAN I

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 16 TAHUN 2019 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 46 TAHUN 2016 TENTANG PENATAAN LINIERITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK

A. KESESUAIAN BIDANG/MATA PELAJARAN YANG DIAMPU DENGAN SERTIFIKAT PENDIDIK JENJANG TAMAN KANAK-KANAK (TK)


NO. BIDANG/MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS GURU KODE DAN NAMA BIDANG STUDI SERTIFIKASI KETERANGAN
1 Guru Kelas 2013 Guru Kelas 20 Guru Kelas TK
1 Guru Kelas 2013 Guru Kelas 24 Guru Kelas Linier dengan kode sertifikat 020
1 Guru Kelas 2013 Guru Kelas 021 Guru Kelas RA Apabila guru kelas RA dengan kodesertifikat 021 mutasi ke sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, maka kode sertifikatnya linier dengan kode sertifikat 020
2. Pendidikan LuarBiasa 2013 Guru Kelas 800 Guru Pendidikan LuarBiasa

Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik Jenjang TK Terbaru 2019 dapat di-download pada tautan berikut:


Download Linearitas atau Kesesuaian Bidang/Mata Pelajaran yang Diampu Dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Taman Kanak-kanak (TK)

Posting Komentar untuk "Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik Jenjang TK Terbaru 2019"