Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Panduan KKG/MGMP/KKKS Lengkap

Standar Pengembangan dan Rambu-Rambu KKG/MGMP

Standar Pengembangan dan Rambu-Rambu KKG/MGMP


Semangat Pagi, Salam Informasi....

Bermula pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2013 yang telah lalu, Departemen Pendidikan Nasional melalui Ditjen PMPTK sudah menerapkan Program Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU), yang mana hal tersebut sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Program BERMUTU yang telah berjalan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penguatan peningkatan mutu dan profesional guru secara kontinyu merupakan salah satu dari sekian banyak komponen strategis dari program BERMUTU untuk menggapai tujuan program tersebut.

Paket pembelajaran model BERMUTU telah dikembangkan untuk dimanfaatkan sebagai perangkat utama dalam proses pendidikan dan pelatihan terakreditasi bagi guru di KKG/MGMP, dan kepala sekolah serta pengawas sekolah di KKKS/MKKS, KKPS/MKPS. Terdapat 3 (Tiga) tujuan pokok dari program ini,yakni:
  • Lebih meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas dalam memperbaiki kualitas pengajaran.
  • Memberikan kontribusi pada peningkatan kualifikasi para peserta dengan adanya angka kredit yang diberikan kepada yang berhasil menyelesaikan program ini.
  • Memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas sistem pengembangan tenaga profesional melalui tersedianya program kelompok kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas yang dapat diterapkan, sistematis, dan berkelanjutan.
Paket Pembelajaran Model BERMUTU untuk bidang studi yang dirancang dengan mengintegrasikan pendekatan penelitian tindakan kelas, lesson study, dan studi kasus, diharapkan dapat memandu guru-guru untuk melakukan kajian kritis terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan, memperbaiki dan mengembangkan kurikulum pembelajarannya, serta mempraktekkan pembelajaran yang baik berdasarkan metode PAKEM dan strategi pembelajaran inovatif lainnya. Di sisi lain, Paket Pembelajaran Model BERMUTU untuk bidang manajemen dirancang untuk menjadi panduan praktis bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas pengelolaan dan penyeliaan.

Paket Pembelajaran BERMUTU merupakan program inovatif untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui kelompok kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas. Program ini akan diadakan di 75 kabupaten/kota di 16 propinsi di Indonesia dengan harapan akhirnya program ini dapat dijadikan model pengembangan profesional yang sistematis bagi KKG dan MGMP di seluruh Indonesia. Terdapat dua macam Paket Pembelajaran BERMUTU, yaitu:
  1. Paket Pembelajaran Bidang Ilmu untuk guru SD dan SMP
  2. Paket Pembelajaran Manajemen untuk kepala sekolah dan pengawas.
Kami akan sediakan untuk Anda tautan untuk mengunduh (download) Panduan KKG/MGMP/KKKS Lengkap . Silahkan Anda download ya?
Download Standar Pengembangan KKG/MGMP 
Download Rambu-Rambu KKG/MGMP Buku 1



Demikian informasi terkait Download Panduan KKG/MGMP/KKKS Lengkap yang telah kami sajikan dan semoga memberi manfaat yang nyata bagi Anda sekalian. Akhir kata, salam sukses selalu....

Posting Komentar untuk "Download Panduan KKG/MGMP/KKKS Lengkap"