Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Panduan Operasional Bimbingan dan Konseling SD

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD


Semangat Pagi, Salam Informasi....

Pada akhir tulisan ini, akan kami sediakan link download terkait PANDUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH DASAR (SD). Akan tetapi sebelumnya akan kami sajikan untuk Anda ulasan tentang pentingnya perkembangan anak usia SD yang sedang berada pada puncak usia emas atau golden age agar mereka mampu mengeluarkan semua potensi yang berada pada diri mereka secara maksimal dan terarah. Pada tulisan ini, akan pula diterangkan tentang pengaruh dukungan guru BK (Bimbingan dan Konseling) terhadap perkembangan potensi anak didik dan juga peran guru BK terhadap upaya menuntaskan masalah yang sedang dihadapi anak didiknya.

Usia anak SD sedang berada pada usia emas perkembangan dan merupakan masa membangun pengalaman belajar awal yang bermakna. Pada tahap usia ini mereka berada pada masa sensitif dalam memaksimalkan seluruh kemampuan dan kecerdasan otak hingga menyentuh 80%. Guru bimbingan dan konseling atau konselor dan guru kelas/mata pelajaran memiliki peran dan fungsi yang penting guna memberikan stimulus yang pas sehingga sel-sel otak berkembang dan berfungsi secara optimal guna mendukung kematangan semua aspek perkembangan anak. Perkembangan yang maksimal pada usia SD menjadi pijakan yang kuat bagi perkembangan pada tahap-tahap selanjutnya. Pengalaman belajar awal yang menyenangkan dan bermakna bagi anak mendorong anak untuk memahami fungsi belajar bagi dirinya dan memotivasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Sekarang ini peserta didik hidup dalam masyarakat yang semakin majemuk, teknologi semakin tinggi, dan kesempatan berkembang semakin luas. Peserta didik menghadapi tantangan-tantangan yang unik dan bervariasi, yang berdampak pada perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir. Untuk membantu peserta didik menjadi generasi penerus yang siap menghadapi kondisi tersebut, dibutuhkan dukungan orangtua, guru, guru bimbingan dan konseling atau konselor, serta orang-orang dewasa lain di sekitarnya.

Masa sekolah di jenjang SD adalah waktu yang baik bagi peserta didik untuk mengembangkan konsep diri dan perasaan mampu serta percaya diri sebagai pembelajar. Peserta didik mulai mengembangkan keterampilan mengambil keputusan, berkomunikasi, dan keterampilan hidup. Di samping itu, peserta didik juga mengembangkan dan menguasai sikap yang tepat terhadap sekolah, diri sendiri, teman sebaya, kelompok sosial, dan keluarga.

Pelayanan bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari program pendidikan di sekolah yang seyogianya dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor yang memiliki kompetensi yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Idealnya setiap sekolah dasar memiliki guru bimbingan dan konseling atau konselor. Guru bimbingan dan konseling atau konselor saling bahu-membahu dengan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam membantu peserta didik mencapai perkembangan optimal. Pada kondisi belum ada guru bimbingan dan konseling atau konselor dapat ditugaskan guru kelas terlatih untuk menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling.

Guru bimbingan dan konseling atau konselor di Sekolah Dasar dapat diangkat dengan cakupan tugas pada setiap sekolah atau di tingkat gugus sekolah untuk membantu guru mengembangkan potensi dan mengentaskan masalah peserta didik. Guru bimbingan dan konseling atau konselor di tingkat gugus berkantor di sekolah induk yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dalam kondisi sekolah induk tidak memiliki ruang yang cukup, maka berkantor di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan atau unit pendidikan yang setingkat (Sesuai Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014, Lampiran butir V.A).

Sesuai janji di awal tulisan ini, akan kami sediakan link download Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Silahkan Anda Klik link di bawah ini untuk mendownloadnya....

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD


*Sumber: gtk.kemendikbud

Posting Komentar untuk "Download Panduan Operasional Bimbingan dan Konseling SD"