Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Siap Test Masuk IPDN Tahun 2017/2018

Soal Siap Test Masuk IPDN Tahun 2017/2018

Download Contoh Soal Test Kemampuan Dasar (TKD) IPDN Terbaru


Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar IPDN dan tentunya terkait dengan soal atau materi test ujian siap masuk ke IPDN pada tahun 2017/ 2018 ini. Pada akhir tulisan ini, kami bagikan untuk Anda link download soal Test Kemampuan Dasar (TKD) yang mana di dalam TKD itu sendiri terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).



Supaya Anda lebih memahami tentang arti TKD, TIU, TWK dan TKP, maka di bawah ini akan kami definiskan arti dari masing-masing istilah tersebut:

TKD (Tes kemampuan Dasar) adalah adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Pertanyaannya adalah, kenapa soal test untuk masuk menjadi Praja di IPDN mirip dengan test untuk menjadi CPNS? Hal ini dikarenakan para lulusan sekolah kedinasan tersebut secara umum memang dicetak dan dipersiapkan untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau dalam istilah umumnya ialah CPNS.

TIU (Tes Intelegensi Umum) adalah tes yang dilakukan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis. Tes ini lazim dikenal dengan Tes Potensi Akademik/ TPA atau juga Tes Bakat Skolastik. Tes intelegensia umum merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan intelektual atau akademis seseorang agar memenuhi standar yang ditentukan oleh lembaga tertentu.

TKP (Tes Karakteristik Pribadi) atau Tes Skala Kematangan merupakan sebuah tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak dan mengambil keputusan pada situasi tertentu. Dalam ilmu psikologi, tes ini adalah bentuk adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness.

TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) adalah tes untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan tentang Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Tata Negara, Kepemerintahan, Sejarah Nasional dan Peran Indonesia secara internasional.

Berikut kami kutipkan informasi resmi tentang pendaftaran IPDN jalur elekstronik:


PENDAFTARAN DENGAN SISTEM ELEKTRONIK

I. Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan Umum:

a. Warga Negara Indonesia;
b. Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saat pembukaan pendidikan IPDN tanggal 1 September 2017.
c. Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
Persyaratan Administrasi:

a. Berijazah serendah-rendahnya Sekolah Menengah Atas (SMA) atauMadrasah Aliyah (MA) termasuk lulusan paket C dengan ketentuan:
1) Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) bagi pendaftar lulusan 2014 s.d 2017;
2) Khusus bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 6,50 (enam koma lima nol) tahun kelulusan 2014 s.d 2017.
b. KTP bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP. Bagi yang belum memiliki KTP atau KK menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP dengan NIK yang sama saat mendaftar pada website http://www.panselnas.id
c. Surat keterangan Kepala Sekolah masing-masing sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun Ajaran 2016/2017;
d. Surat elektronik/e-mail yang masih aktif;
e. Pas photo.

Persyaratan Khusus:

a. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
b. Tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi pendaftar pria, kecuali karena ketentuan agama/adat;
c. Tidak bertato atau bekas tato;
d. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak;
e. Belum pernah menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan;
f. Belum pernah diberhentikan sebagai praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya secara tidak hormat;
g. Apabila pendaftar dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar:
1) Bersedia untuk tidak Menikah/Kawin selama mengikuti pendidikan;
2) Bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia;
3) Bersedia ditempatkan pada seluruh kampus IPDN;
4) Bersedia menaati segala Peraturan yang berlaku di IPDN;
5) Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.
h. Bersedia dikembalikan ke daerah masing-masing tanpa biaya IPDN apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen atau tidak memenuhi persyaratan pendaftaran di atas.
i. Tata cara dan teknis pengisian persyaratan administrasi secara lengkap dapat dipelajari melalui video tutorial pada webiste http://spcp.ipdn.ac.id
II. Mekanisme Pendaftaran
1. Pendaftaran penerimaan Calon Praja IPDN Tahun 2017 dilakukan bersamaan dengan pendaftaran Mahasiswa/Taruna Perguruan Tinggi Kedinasan secara terpusat dan Online melalui website resmi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ke portal http://panselnas.id sampai dengan pendaftar memperoleh User ID (NIK) dan password dari Panselnas melalui e-mail pendaftar.
2. Selanjutnya pendaftar melakukan login dengan menggunakan password yang diperoleh dari Panselnas ke website resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN Tahun 2017 ke http://spcp.ipdn.ac.id untuk:
a. Mengisi biodata Calon Peserta Seleksi;
b. Mengunggah Scanning dokumen sebagai berikut:
1) KTP asli bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki KTP (dengan format jpg maksimum 1 MB);
2) Ijazah/STTB asli atau photocopy yang dilegalisasi (diunggah halaman depan dan belakang dengan format pdf maksimum 1 MB);
3) Surat keterangan asli berstempel sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditandatangani Kepala Sekolah atau pejabat berwenang;
4. Pasphoto berwarna (tidak hitam putih) menghadap kedepan, tampak muka, tidak memakai kacamata. Ukuran foto 4x6 cm (400x600 pixel), maksimal 500 KB dengan format jpg.
c. Antara dokumen KTP atau KK dan Ijazah/STTB mencantumkan data yang sama untuk nama dan tempat tangal lahir;
3. Apabila pendaftar tidak memenuhi ketentuan persyaratan administrasi pendaftaran diatas maka pendaftar dinyatakan gugur.

Baiklah, sekarang kami lanjutkan dengan sebaran materi latihan soal siap test (TKD) masuk IPDN tahun 2017/ 2018 di bawah ini:





Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan sampai di sini tulisan kami yang berjudul:

Soal Siap Test Masuk IPDN Tahun 2017/2018

Semoga sebaran materi terkait soal latihan (TKD) siap masuk IPDN tahun 2017/ 2018 ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

Posting Komentar untuk "Soal Siap Test Masuk IPDN Tahun 2017/2018"