Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanya-Jawab Seputar Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018

Tanya-Jawab Seputar Solusi dan Cara Membuat/ Create Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018 Terbaru

SOLUSI MEMBUAT JADWAL PELAJARAN PADA APLIKASI DAPODIK 2018






Salam pendidikan dan salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan yang baik ini kami menyajikan tulisan yang berjudul Tanya-Jawab Seputar Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018. Harapan kami dengan adanya tulisan ini mampu memberi sedikit pencerahan kepada kita bersama terkait solusi atau cara dalam membuat jadwal pelajaran pada aplikasi Dapodik versi 2018 ini.

Baiklah, kami segerakan saja untuk menyajikan tanya-jawab tentang bagaimana cara atau solusi dalam membuat jadwal pelajaran pada aplikasi Dapodik versi terbaru. Mari kita simak bersama sesi tanya-jawab tersebut seperti berikut:

#Tanya: Bagaimana seandainya dalam satu (1) ruang kelas dibuat menjadi dua (2) rombel bahkan tiga (3) rombel?

*Jawab : Solusi atau cara dalam menyiasatinya bisa dengan cara mengurutkan jam pembelajaran yang berjalan dalam satu (1) ruang kelas tersebut disesuaikan dengan waktu yang urut. Skemanya boleh dibuat menjadi model Kelas Pagi dan Kelas Siang.
Contoh sebagai gambaran adalah sebagai berikut; Kelas Pagi dimulai dari jam pelajaran ke 1,2,3,4,5 dan 6, sedangkan untuk Kelas Siang dimulai dari jam pelajaran ke 7,8,9,10,11 dan 12. 

Catatan: Sistem dengan skema Kelas Pagi Kelas Siang jangan sekali-kali membuat data prasarana ruang kelas baru jika memang tidak ada prasarana yang tersedia.

#Tanya: Bagaimana apabila dalam praktenya ternyata ruangan kelas dibagi menjadi dua (2) memakai sekat triplek/ tidak permanen?

*Jawab: Pada isian prasarana ruang kelas diharap tetap dianggap hanya satu (1) ruang saja. 

#Tanya: Kenapa di dalam jadwal terdapat deteksi validasi dan apabila PTK mengajar pada urutan jam pembelajaran yang sama tapi beda rombel akan ditolak di aplikasi?

*Jawab: Wajib pastikan tidak ada jam yang bertabrakan (tidak boleh sama) dalam pengisian jadwal pelajaran tersebut. Jumlah slot jam pada jadwal pelajaran adalah merupakan jumlah dari jam yang diinputkan di pembelajaran. Harus dipastikan bahwa jumlah jamnya telah sesuai antara pembelajaran dan jadwal serta telah terbagi semuanya dan tidak jadwal yang saling bertabrakan antar rombel yang ada.

Pengertian dari jadwal bentrok/ bertabrakan yaitu ketika seorang PTK yang sama mengajar pada jam pembelajaran yang sama pada hari yang sama di prasarana rombel (ruang kelas) yang berbeda.

#Tanya: Pada bagian pengisian jadwal tersebut terdapat baris yang warna merah. Apa penyebab munculnya warna merah tersebut dan apa pula dampaknya?

*Jawab: Apabila terdapat jadwal yang ternyata tidak urut, contoh: misalnya dari jam pembelajaran ke-2 lompat ke jam pembelajaran ke-4 yang disebabkan oleh karena diselingi mapel yang ada di kelompok tambahan yang tidak masuk pada jadwal aplikasi dapodik tersebut pasti berdampak pada tampilan yang tidak urut dan akhirnya akan terlihat warna merah seperti pada gambar di bawah ini:


Tanya-Jawab Seputar Solusi dan Cara Membuat/ Create Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018 Terbaru

Akan tetapi jangan terlalu khawatir karena hal ini sebenarnya oke-oke saja dan tidak akan menghambat proses sinkronisasi yang akan berdampak pada peringatan "Sync Invalid". Pada intinya, hal ini tidaklah bermasalah dan hanya berdampak pada tampilan jadwal yang tidak urut saja.

#Tanya: Disebabkan karena adanya kekurangan jumlah tenaga guru, lantas ada contoh kasus bahwa satu (1) guru ternyata mengajar lebih dari satu (1) rombel. Lantas bagaimana solusi/ cara menginput di jadwal pelajaran?

*Jawab: Apabila memang kenyataanya seperti contoh kasus di atas maka diperbolehkan dan tidak ada masalah sama sekali. Cara inputnya persis seperti pertanyaan yang kami sajikan pada tulisan pertanyaan nomor 1 di muka, pastikan tidak ada jadwaal yang bentrok/ bertabrakan (mengajar pada urutan jam yang sama pada hari yang sama). Karena sistem validasi aplikasi akan secara otomatis menolak inputan jadwal yang bentrok/ bertabrakan.

#Tanya: Lalu bagaimana untuk jadwal upacara, istirahat  dan ekstrakurikuler?

*Jawab: Untuk tiga (3) hal tersebut tidak usah diinputkan ke dalam jadwal karena hanya mata pelajaran tatap muka yang sesuai Kurikulum saja yang wajib diinputkan ke dalam jadwal pelajaran di aplikasi dapodik 2018. Upacara, Istirahat dan Ekstrakurikuler serta kegiatan kokurikuler lainnya tidak wajib diinput ke jadwal.

#Tanya: Bagaimana solusi dan cara menginput pada mapel Agama, ketika ternyata yang diajar terdapat lebih dari 1 agama?

*Jawab: Solusi untuk sementara adalah cukup dengan cara memilih satu (1) agama yang mayoritas demi menghindari deteksi jadwal yang bertabrakan/bentrok.

#Tanya: Bagaimana cara mengisi jumlah jam pada guru BK untuk Kurikulum 2013/ K-13 dan KTSP 2006?

*Jawab: Untuk jumlah jam pada pembelajaran silahkan diisi dengan 0 jam supaya tidak muncul slot jam pada menu Jadwal. Hal tersebut dilakukan dengan alasan karena beban mengajar guru BK dilihat dari rasio murid sejumlah 150 siswa per 1 Guru BK.

#Tanya: Mengisi jam guru TIK untuk kurikulum 2013?
Jawaban : Jumlah jam pada pembelajaran diisi dengan 0 jam agar tidak muncul slot jam pada menu  Jadwal. Karena beban mengajar guru TIK dilihat dari rasio murid sejumlah 150 siswa per 1 Guru TIK.

Pertanyaan : Bagaimana cara mengisi jam guru TIK pada sekolah yang masih menggunakan kurikulum KTSP 2006?

*Jawab: Bagi guru TIK yang mengajar pada kurikulum KTSP, berhubung jam mapel Teknologi Informasi dan Teknologi masuk pada jam wajib/ wajib tambahan, maka wajib diinputkan ke dalam menu jadwal karena memiliki slot jam pada jadwal.

Kami cukupkan sampai di sini tulisan kami yang berjudul:

Tanya-Jawab Seputar Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

Posting Komentar untuk "Tanya-Jawab Seputar Cara Membuat Jadwal Pelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun 2018"