Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Panduan SIMDAK SMP Tahun 2017 pdf

Download Buku Panduan Sistem Informasi Dana Alokasi Khusus (SIMDAK) Jenjang SMP Tahun 2017 pdf






Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Pendidikan merupakan salah satu kebijakan desentralisasi fiskal untuk mempercepat pembangunan infrastruktur akses, dan mutu pendidikan yang merata dan tepat sasaran. Percepatan pembangunan tersebut melalui kegiatan DAK bidang Pendidikan jenjang pendidikan menengah diharapkan dapat membantu pemerintah pusat dari segi pendanaan maupun pelaksanaan pembangunan dalam mewujudkan Pendidikan Menengah Universal (PMU). Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2005 tentang Dana Perimbangan menyebutkan bahwa DAK dialokasikan setiap tahun untuk daerah tertentu dalam rangka mendukung pembangunan yang menjadi prioritas nasional.

Mengingat pelaksanaan DAK SMP merupakan kegiatan satu tahunan (single year), sehingga perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan DAK secara berkala. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi mengacu kepada peraturan yang mengatur tentang pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Dana Alokasi Khusus tertuang dalam Surat Edaran Bersama (SEB) antara Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Keuangan, dan Menteri Dalam Negeri. Kegiatan pemantauan dan evaluasi meliputi seluruh Kabupaten/Kota yang menerima alokasi DAK di tahun bersangkutan. Mengingat pelaksanaan pemantauan harus tetap berjalan untuk seluruh Kabupaten/Kota penerima DAK bidang Pendidikan Menengah, diperlukan cara yang lebih efektif dan efisien dalam melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan DAK Bidang Pendidikan Dasar.

Salah satu cara meningkatkan efektifitas dan efisiensi tersebut dengan memanfaatkan teknologi internet. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikdasmen, Kemdikbud) berupaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan DAK Bidang Pendidikan Dasar dengan mengembangkan Sistem Informasi Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Menengah (SIDAK DIKDASMEN). SIDAK DIKDASMEN dibangun dengan tujuan untuk mempermudah pelaporan DAK Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD, SMP, SMA/SMK) dari seluruh kabupaten kota ke tingkat pusat. Sistem dibangun dengan menggunakan platform Web (Web Based) sehingga dapat diakses dimana saja selama tersedia koneksi internet. Sistem Informasi Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (SIDAK DIKDASMEN) dapat diakses di alamat https://simdak.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Untuk dapat mengoperasikan SIMDAK DIKDASMEN tersebut, maka perlu dibuatkan semacam buku panduan SIMDAK. Buku panduian tersebut tersegmen untuk jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK.

Tulisan kali ini adalah tentang Buku Panduan Sistem Informasi Dana Alokasi Khusus (SIMDAK) Jenjang SMP Tahun 2017. Buku panduan ini merupakan rilis terbaru tahun 2017. Mudah-mudahan buku panduan SIMDAK SMP ini mampu menjadi pedoman bagi operator yang ditunjuk.

Berikut adalah linkDownload Buku Panduan Sistem Informasi Dana Alokasi Khusus (SIMDAK) Jenjang SMP Tahun 2017 pdf:


Download Buku Panduan SIMDAK SMP Tahun 2017 pdf

Demikian tulisan tentang

Download Buku Panduan Sistem Informasi Dana Alokasi Khusus (SIMDAK) Jenjang SMP Tahun 2017 pdf .

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Buku Panduan SIMDAK SMP Tahun 2017 pdf"