Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Calon SMA/ SMK Penerima NIHONGO Partners

Pendaftaran Calon SMA/ SMK Penerima NIHONGO Partners: Download Pedoman dan Formulir Pendaftaran-pdf

Pendaftaran Calon SMA/ SMK Penerima NIHONGO Partners: Download Pedoman dan Formulir Pendaftaran-pdf





Program NIHONGO Partners merupakan bagian dari proyek besar pemerintah Jepang, “WA Project – Negara ASIA yang saling mengenal“, untuk memajukan pertukaran budaya antar negara ASIA dengan memusatkan pada negara-negara ASEAN. Misi program NIHONGO Partners adalah mengirim warga Jepang sebagai tenaga Native Speaker Bahasa Jepang ke berbagai lembaga pendidikan di negara-negara ASEAN untuk menjadi mitra (Partners) Guru Bahasa Jepang dan Siswa selama kurang dari satu tahun. Di Indonesia sendiri, pengiriman para Partners diutamakan ke SMA dan SMK yang mengajarkan Bahasa Jepang.

Sekolah penerima program NIHONGO Partners ditetapkan atas persetujuan bersama The Japan Foundation, Jakarta (JF) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud). Sebelum disetujui dan ditetapkan, sekolah akan melalui proses seleksi terlebih dahulu. Mulai proses seleksi untuk gelombang 9 & 10 akan diberlakukan proses aplikasi dari pihak sekolah.

Pengiriman Partners di tahun 2016 mencapai berbagai wilayah di luar Jabodetabek, yaitu wilayah di mana terdapat Konsulat Jenderal Jepang (Jawa Timur, Sumatera Utara, Bali, dan Sulawesi Selatan), wilayah di mana JF menempatkan tenaga ahli Bahasa Jepang saat ini (Jawa Barat dan Jawa Tengah) dan wilayah lain seperti Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Lampung dan Nusa Tenggara Barat. Di tahun keempat ini, sejumlah 149 orang dikirimkan dalam gelombang 7 dan gelombang 8, di mana masing-masing gelombang terbagi kedatangannya menjadi 2 kelompok. Sebanyak 73 orang tiba di bulan Juli dan Agustus 2017 sebagai gelombang 7, dan 76 orang lagi tiba di bulan September dan Oktober 2017 sebagai gelombang 8.
Untuk mendukung program NIHONGO Partners agar berjalan dengan efektif selama tujuh tahun mendatang, JF bekerjasama dengan Kemdikbud melaksanakan program komprehensif berikut:

  • Peningkatan Kapasitas Guru Bahasa Jepang SMA dan SMK melalui pelatihan di berbagai daerah di Indonesia.
  • Pengiriman guru bahasa Jepang SMA dan SMK (berdasarkan seleksi) untuk mengikuti pelatihan di Jepang (“Training Program for Counterpart Teachers of the NIHONGO Partners”).
Berikut adalah tautan penting terkait dengan Pendaftaran Calon SMA/ SMK Penerima NIHONGO Partners: Download Pedoman dan Formulir Pendaftaran: 


Download Pedoman pendaftaran bagi sekolah


Demikian tulisan tentang:

Pendaftaran Calon SMA/ SMK Penerima NIHONGO Partners: Download Pedoman dan Formulir Pendaftaran-pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

SUMBER: KEMDIKBUD RI

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Calon SMA/ SMK Penerima NIHONGO Partners "