Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Guru PAI dan Budi Pekerti Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download  Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download  Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017






Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini diharapakan dapat mendorong tumbuhnya pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan menyenangkan diproses dalam pembelajaran terpadu yang direncanakan, dirancang, dilaksanakan dengan penuh pengawasan dan penilaian, untuk melihat sejauh mana peserta didik melahirkan nilai, akhlak dan moral dalam berbagai perilakunya sehingga terciptalah pembelajaran yang kondusif dan bermakna. Hal ini dituangkan secara umum, agar guru dan para pendidik dapat memanfaatkan Buku Guru ini, untuk melaksanakan dan mengembangkan proses pembelajaran peserta didik dengan baik dan benar.

Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini menyadarkan fungsi dan peran guru, sebagai pendidik yang melaksanakan peran dan tugasnya sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah, dan evaluator. Bahkan, terkait dengan tujuan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus sekaligus berfungsi sebagai sumber keteladanan agar peserta didik benar-benar dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya.

Guru yang memiliki fungsi dan peran seperti ini, mampu mengembangkan perilaku peserta didik untuk berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 11 12 ini memuat bahan kajian dan langkah-langkah secara standar dan berintegrasi dengan buku peserta didik, guna mengantarkan guru dan para pendidik dapat memproses dan mengembangkan pembelajaran, agar peserta didik dapat memahami, menerapkan, menganalisis, menghayati dan mengamalkan ajaran Agama Islam dengan baik dan benar.

Berikut adalah tautan Download  Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti  Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017:





Berikut kami kutipkan sebagian isi dari buku tersebut:

Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan menyenangkan, dengan tetap mengacu kepada tujuan Pendidikan Nasional merupakan arah dan tujuan pembelajaran. Hal ini maksudnya adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab (Pasal 3 UU Sisdiknas 2003), hal ini juga merupakan bagian dari kebijakan penyusunan Kurikulum 2013.

Pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan menyenangkan ini juga diproses dalam pembelajaran terpadu yang direncanakan, dirancang, dan dilaksanakan dengan penuh pengawasan dan penilaian. Maksudnya untuk melihat seberapa jauh peserta didik melahirkan nilai, serta akhlak dan moral dalam berbagai perilakunya sehingga terciptalah pembelajaran yang kondusif dan bermakna.

Menyadari hal tersebut di atas maka, fungsi dan peran guru sebagai pendidik tidak semata-mata sebagai narasumber saja, tetapi harus lebih memahami fungsi dan perannya sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah, dan evaluator. Bahkan, terkait dengan kualitas Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus sekaligus berfungsi sebagai sumber keteladanan agar peserta didik benar-benar dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

Guru yang memiliki fungsi dan peran seperti ini, mampu mengembangkan perilaku peserta didik untuk berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif. Selain itu juga menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X ini memuat bahan kajian dan langkah-langkah secara standar dan berintegrasi dengan buku peserta didik. Tujuan penulisan buku guru ini untuk mengantarkan guru peserta didik dapat memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian. Selain itu, menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Bahkan, peserta didik mampu mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan, sebagaimana yang menjadi acuan Kompetensi Inti Kurikulum 2013.

Guru dan para pendidik seperti ini, akan siap memproses pembelajaran melalui model pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik (student centered instruction), peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran (active learning) dan pencapaian pembelajaran juga mengarah kepada pemenuhan dan keseim- bangan antara pengetahuan (kognitif ), sikap (afektif ), dan keterampilan (soft skill dan hard skill), dengan memuat strategi pembelajaran, metode pembelajaran yang bervariatif dengan menggunakan teknologi kekinian, dan teknik pembelaja- ran yang spesifik, individu, dan unik.

Kompetensi Inti SMA/SMK
Kompetensi Inti 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Inti 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi Inti 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Inti 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Karakteristik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

1. Hakikat Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan.
Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia, menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat.


2. Fungsi dan Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
untuk :
a. Memperdalam dan memperluas pengetahuan dan wawasan keberagamaan peserta didik;
b. Mendorong peserta didik agar taat menjalankan ajaran agamanya
dalam kehidupan sehari-hari;
c. Menjadikan agama sebagai landasan akhlak mulia dalam kehidupan
pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;
d. Membangun sikap mental peserta didik untuk bersikap dan berprilaku jujur, amanah, disiplin, bekerja keras, mandiri, percaya diri, kompetitif, kooperatif, ikhlas, dan bertanggung jawab; serta mewujudkan kerukunan antar umat beragama.

3. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, melingkupi dan mengandung aspek Al-Qur’an, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan dan Peradaban Islam:
a. Menyandingkan pendidikan akal dengan agama
Islam mengarahkan seseorang untuk menyingkap sekian banyak fakta. kemudian mengkajinya dari segi petunjuknya terhadap penciptaan hal baru dan kreativitas, serta segala hal yang menunjukkan kepada adanya Sang Maha Pencipta yang Bijaksana. Oleh sebab itu, banyak ayat-ayat al Qur’ān yang menunjukkan manusia kepada fakta.

Manusia selalu mengarahkan pandangan bahwa, dalam semua kejadian alam ini terdapat petunjuk tentang penciptaan yang dilakukan oleh Allah Swt Yang Maha Bijaksana. Sebagai contoh, bumi yang berputar sedemikian cepatnya namun tidak bisa dirasakan perputarannya oleh manusia.
Hal ini membuktikan adanya kekuatan Allah Swt. yang Maha Unggul, yang menciptakan semua kejadian yang manakjubkan di luar jangkauan akal fikiran manusia. Oleh sebab itu, hal-hal yang di luar jangkauan akal manusia hanya dapat diselesaikan dengan agama, yakni memadukan antara akal dan agama sehingga manusia akan mengetahui dan memahami kebesaran dan kekuasaan Allah Swt. Yang Maha Agung.

b. Tujuan jangka panjang dari pendidikan dalam pandangan Islam adalah kesempurnaan akhlak.
Kepribadian manusia yang terdidik, yakni dia harus menjadi manusia yang baik, yang menggunakan ilmu dan hidupnya dalam kebaikan. Semua itu harus diletakkan oleh setiap pendidik dan peserta didik dalam kerangka satu prinsip yaitu belajar dan mempelajari ilmu, harus bertujuan demi mencapai ridha Allah Swt, bukan untuk tujuan dan kepentingan duniawi, seperti; untuk mencari harta.

c. Obyek pendidikan Islam adalah peserta didik dengan segala yang tercakup dalam kata “manusia” berupa makna kesiapan dalam pandangan Islam.
Keistimewaan pendidikan Islam pada obyek ini, dapat diringkas dalam ungkapan ‘pendidikan Islam adalah pendidikan kemanusiaan yang terpadu dan menyeluruh’ agar peserta didik dapat hidup dengan kehidupan manusiawi yang sempurna sebagaimana yang ditetapkan sejak awal penciptaanNya.

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

1 komentar untuk "Download Buku Guru PAI dan Budi Pekerti Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!