Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) (Pendidikan Agama Islam) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) (Pendidikan Agama Islam) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf







Semata-mata (Innama) misi pengutusan Nabi Muhammad saw. adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qurān bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qurān ini digunakan struktur gramatika yang menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi Muhammad saw.

Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi Muhammad saw, bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya”1 dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.”2 Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia dan penuh kasih sayang kepada segenap unsur alam semesta.

Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau berbudi pekerti luhur.

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) (Pendidikan Agama Islam) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Implementasi terbatas pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku unuk implmentasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan seterusnya. Walaupun demikian, sebagai edisi pertama, Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) (Pendidikan Agama Islam) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini adalah memberikan panduan bagi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Ialam dan Budi Pekerti. Dalam Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) (Pendidikan Agama Islam) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dan orang tua peserta didik.

Berikut adalah tautan Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) (Pendidikan Agama Islam) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf:



Berikut kami kutipkan sebagian isi dari buku tersebut:

Petunjuk Penggunaan Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017

Untuk mengoptimalkan penggunaan Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) (Pendidikan Agama Islam) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini, pahamilah penahapan berikut.

1. Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
2. Setiap bab berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru, dan orang tua.
3. Pada subbab tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu disesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan materi yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut.
a. Mari Renungkan: untuk menyadarkan diri peserta didik kepada Allah Swt.
b. Dialog Islami: memotivasi peserta didik untuk bertanya
c. Mutiara Khasanah Islam: menambah ilmu pengetahuan tentang hal-hal yang dipelajari sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
d. Refleksi Akhlak Mulia: penerapan hasil pembelajaran dalam perilaku peserta didik.
e. Ayo Berlatih: pengukuran penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.
5. Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.
6. Guru agar secara bijaksana mengakomodasi atau memberikan penjelasan terhadap kemungkinan adanya perbedaan pemahaman dan pengamalan keagamaan di kalangan peserta didik.

Daftar Isi

Kata Pengantar Daftar Isi Pendahuluan
Petunjuk Penggunaan Buku
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PAI dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas VIII
Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

BAB 1 Meyakini Kitab-Kitab Allah, Mencintai Al-Qur’ān

A. Kompetensi Inti 1
B. Kompetensi Dasar 1
C. Tujuan Pembelajaran 1
D. Proses Pembelajaran 2
E. Penilaian 6
F. Pengayaan 14
G. Remedial 15
H . Interaksi Guru dan Orang Tua 15

A. Kompetensi Inti
16
B. Kompetensi Dasar 16
C. Tujuan Pembelajaran 17
D. Proses Pembelajaran 17
E. Penilaian 19
F. Pengayaan 27
G. Remedial 31
H. Interaksi Guru dan Orang Tua 31

BAB 3 Mengutamakan Kejujuran dan 32
Menegakkan Keadilan
A. Kompetensi Inti 32
B. Kompetensi Dasar 32
C. Tujuan Pembelajaran 32
D. Proses Pembelajaran 33
E. Penilaian 35
F. Pengayaan 43
G. Remedial 43
H. Interaksi Guru dan Orang Tua 43

BAB 4 Lebih Dekat kepada Allah Swt dengan
Mengamalkan Salat Sunnah 44
A. Kompetensi Inti 44
B. Kompetensi Dasar 44
C. Tujuan Pembelajaran 44
D. Proses Pembelajaran 45
E. Penilaian 49
F. Pengayaan 56
G. Remedial 57
H. Interaksi Guru dan Orang Tua 57

BAB 5 Jiwa Lebih Tenang dengan Banyak 58
Melakukan Sujud
A. Kompetensi Inti 58
B. Kompetensi Dasar 58
C. Tujuan Pembelajaran 58
D. Proses Pembelajaran 59
E. Penilaian 62
F. Pengayaan 71
G. Remedial 72
H. Interaksi Guru dan Orang Tua 72

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) (Pendidikan Agama Islam) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 8 (Delapan) PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf"