Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Pendaftaran SPAN-UM PTKIN Tahun 2018

Informasi Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2018

Informasi Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2018







Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Islam Negeri (UIN)/ Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. UM- PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)merupakanprosesseleksimasukUIN,IAIN,danSTAIN di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah dapat menerima calon mahasiswa yang lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/ SMA/ SMK/ Pesantren Muadalah atau yang setara maksimal tiga tahun terakhir.

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelengga-raan UM- PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulu sUM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Informasi UM-PTKIN 2018 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTKIN dan Progam Studi dapat diakses melalui laman http://www.um-ptkin.ac.id.

Untuk informasi Informasi Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2018 selengkapnya, silahkan klik tautan di bawah ini:




PENDAFTARAN


1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/Pesantren Muadalah/SMA/SMK atau yang setara tahun 2016, 2017, dan 2018. Lulusan tahun 2016 dan 2017 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat. Sedangkan lulusan tahun 2018 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Muadalah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap Madrasah/ Sekolah/Pesantren Muadalah.

2. Memiliki kesehatan yang memadai yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter/puskes- mas sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

ALUR PENDAFTARAN

Calon peserta mengisi biodata secara online di www.um- ptkin.ac.id sehingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran) dan PIN.

Peserta melakukan pembayaran di seluruh kantor cabang bank BNI di seluruh Inonesia, BNI Internet, ATM BNI, keagenan BNI, atau bank lain yang mendukung fitur ATM Bersama (biaya administrasi ditanggung calon peserta) dengan menunjukkan nomor SIP.

Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um- ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih lokasi ujian dan pilihan program studi hingga cetak kartu peserta.

Mengikuti ujian di lokasi yang telah dipilih sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu peserta.

PELAKSANAAN UJIAN

Kelompok Ujian

1. Kelompok Ujian IPA (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi). Materi Ujian:
(1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPA.
2. Kelompok Ujian IPS (Peminat Program Studi bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan). Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS.
3. Kelompok Ujian Campuran (Peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan).
Materi ujian: (1) Tes Potensi Akademik, (2) Bahasa (3) Keislaman, (4) Kemampuan IPS, (5) Kemampuan IPA.


JADWAL Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2018
Pembayaran 12 April 2018 s.d. 5 Mei 2018 pukul 16.00 WIB
Pendaftara 12 April 2018 s.d. 8 Mei 2018 pukul 16.00 WIB
Ujian 22 Mei 2018
Pengumuman 22 Mei 2018


Materi Ujian Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2018
Waktu Mata Uji
07.30 – 08.00 Pengisian biodata peserta
08.00 – 09.45 TPA Bahasa Keislaman
09.45 – 10.15 Istirahat
10.15 – 11.30 IPA/IPS
10.15 – 12.15 IPC

Demikian tulisan tentang

Informasi Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2018

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

SUMBER: SPAN PTKIN KEMENAG

Posting Komentar untuk "Informasi Pendaftaran SPAN-UM PTKIN Tahun 2018"