Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Panduan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018

Download Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018

Download Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018







Sistem Manajemen Aplikasi TAKOLA SMK pada hakikatnya adalah merupakan suatu sistem yang mengendalikan proses managemen pemberian bantuan kepada sekolah dari mulai tahapan pengusulan oleh sekolah, tahap verifikasi ulang data sekolah, tahap pengajuan pengesahan ke Dinas Pendidikan Provinsi hingga pada proses penentuan calon penerima bantuan oleh Direktirat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dan pelaporan pelaksanaan bantuan sekolah kembali.

Sistem ini diharapakan dapat memaksimalkan dan meningkatkan efisiensi dalam proses pemberian bantuan dan monitoring tahapan pelaksanaan bantuan di sekolah sehingga seluruh proses dapat terpantau dan terkoordinasi dengan baik.

Buku manual Panduan Penggunaan Aplikasi TAKOLA SMK ini mempunyai peran straregis mengingat besarnya peran sekolah dalam aplikasi TAKOLA SMK, terutama sebagai acuan dalam pengoprasian sistem ini.

Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 ini tidak hanya bermanfaat bagi Direktorat Pembinaan SMK selaku pengelola utama aplikasi TAKOLA SMK, namun juga sangat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan Provinsi selaku Instansi yang membawahi sekolah langsung khusus nya sekolah menengah kejuruan yang merupakan ujung tombak pengguna aplikasi TAKOLA SMK ini

Berikut adalah tautan Download Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018:


Download Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018

Berikut adalah kutipan dari Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 tersebut:



BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan aplikasi teknologi informasi saat ini sudah berkembang begitu pesat dan menambah di berbagai bidang, seperti pendidikan, perbankan, perhubungan, pemasaran, perencanaan, pelayanan umum, dan sebagainya. Teknologi informasi dapat berkembang dengan baik seiring dengan tersedianya perangkat keras atau komputer yang berkemampuan tinggi baik dalam kecepatan proses ataupun memorinya, yang dibarengi dengan perkembangan fasilitas perangkat lunak yang semakin baik dalam mengakomodasi pemakai sesuai kepentingannya. Teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dengan pembangunan sistem informasi sebagai bentuk sarana penyedia informasi untuk berbagai kepentingan. Informasi yang disajikan di dunia internet sudah sangat global dan selalu diusahakan ontime sehingga waktu update suatu informasi sangatlah cepat. Setiap organisasi dapat memanfaatkan internet dan jaringan teknologi informasi untuk menjalankan berbagai aktivitasnya secara elektronis. Dengan digunakannya aplikasi web, diharapkan segala masalah dapat diatasi dengan mudah. inilah yang dapat menunjang kelancaran dalam melaksanakan suatu pekerjaan secara cepat dan akurat.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan adalah sebuah Oraganisasi pemerintahan yang berada di bawah Kementerin Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertugas untuk membina satuan pendidikan khususnya Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Salah satu program yang terdapat pada Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kujuruan adalah program pemberian bantuan kepada sekolah dan siswanya.

Dengan memanfaatan teknologi informasi maka akan dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas perencanaan dan penyaluran program bantuan ke sekolah, serta dapat menata keseluruhan proses beserta data dan dokumen dalam proses penyaluran program bantuan.

B. Pengertian

Takola SMK adalah aplikasi berbasis web terintegrasi dengan DAPODIK sebagai sumber data yang digunakan untuk mengelola proses pengusulan, penetapan, monitoring dan pelaporan bantuan-bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK kepada Sekolah.

C. Tujuan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018

Adapun tujuan yang akan dicapai dari aplikasi ini adalah :

1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pemberian bantuan kepada

2. Meningkatkan transparasi dan akuntabilitas pengelolaan bantuan

3. Memudahkan sekolah proses monitoring terhadap proses pelaksanaan bantuan

4. Meningkatkan tata kelola dokumentasi dan pelaporan pelaksanaan bantuan

BAB II PENGGUNA TAKOLA SMK

A. Sekolah

Setiap satuan pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai hak akses untuk masuk ke dalam aplikasi, hak akses tersebut secara default tanpa melalui tahap proses pendaftaran akun yaitu dengan cara menggunakan akun Dapodik, karena setiap sekolah sudah diwajibkan untuk mendaftarkan diri di Jaringan Pendataan Nasional Dapodik sehingga akun tersebut bisa digunakan untuk mempermudah sekolah masuk ke dalam aplikasi tanpa melalui tahapan pendaftaran. Akun sekolah ini digunakan bagi sekolah untuk melakukan verifikasi data dan pelaporan bagi sekolah yang telah mendapat bantuan. Aplikasi Takola SMK untuk sekolah dapat diakses melalui laman http:psmk.kemdikbud.go.id/takola, berikut adalah contoh tampilan halaman utama aplikasi takola:

PENUTUP

Dengan disusunnya panduan penggunaan aplikasi TAKOLA SMK ini, diharapkan proses manajemen bantuan di Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan dibuatnya sistem aplikasi TAKOLA SMK ini. Saran dan kritik sangat dibutuhkan untuk perbaikan panduan penggunaan aplikasi TAKOLA SMK.

Demikian tulisan tentang

Download Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

SUMBER: DIREKTORAT PEMBINAAN SMK

Posting Komentar untuk "Download Buku Panduan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018"