Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkuat Fungsi Tripusat Pendidikan Guna Cegah Terorisme

Mendikbud: Perkuat Fungsi Tripusat Pendidikan (Guru,Keluarga dan Masyarakat) Untuk Cegah Terorisme

Mendikbud: Perkuat Tripusat Pendidikan (Guru,Keluarga dan Masyarakat) Untuk Cegah Terorisme






Muhadjir selaku Mendikbud mengutarakan rasa prihatin dan sangat menyesalkan jatuhnya korban anak-anak akibat aksi terorisme yang terjadi di kota Surabaya. Tragedi kemanusiaan tersebut menjadi pelajaran yang sangat penting bagi semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan.

“Terutama kepala sekolah untuk mewaspadai agar jangan sampai ada korban dari anak-anak yang masih punya masa depan. Kejadian ini akibat dari doktrin yang menyesatkan, terutama pengaruh dari gerakan radikal dan teror,” papar Muhadjir Effendy di Surabaya, Senin (14/5/2018).

Menteri Muhadjir tak lupa mengajak supaya pihak sekolah dan orang tua dapat menguatkan hubungan satu sama lain, hal tersebut sebagai cerminan dan bagian dari tripusat pendidikan dan penguatan pendidikan karakter (PPK). “Makanya kami ingin sekolah punya data lengkap hubungan antara siswa dengan orang tua, dan hubungan orang tua dengan sekolah,” tegasnya.

Mendikbud berharap terdapat hubungan yang harmonis antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Apabila ada perilaku menyimpang, baik oleh siswa maupun orang tua, dapat segera diketahui.

Muhadjir menyatakan mengutuk peristiwa peledakan bom di Surabaya yang melibatkan anak-anak sebagai pelaku. “Apapun alasannya, apapun keyakinannya, mengorbankan anak adalah suatu yang sangat dilarang di dalam ajaran apapun agamanya. Dan saya termasuk mengutuk apa yang telah terjadi itu, dan jangan diteruskan modus-modus yang sangat mengerikan ini,” tegasnya.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan, Mendikbud juga menjenguk EH, siswa yang menjadi salah satu korban peledakan bom. “Alhamdulillah kondisinya sudah sangat bagus, sudah bisa tersenyum, sudah bisa diajak ngobrol, mudah-mudahan bisa segera sembuh,” ucapnya.

Terkait kegiatan belajar mengajar di kota Surabaya, Mendikbud mengusulkan agar pemerintah kota Surabaya dapat memperpanjang waktu belajar di rumah bagi siswa mengingat kondisi yang berkembang. “Tadi juga bicara dengan wali kota mengenai masalah hari libur sekolah. Saya usulkan supaya diperpanjang masa liburnya sampai keadaan tenang sehingga suasana belajar juga baik,” himbaunya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Surabaya telah mengeluarkan pengumuman bahwa kegiatan belajar mengajar pada Senin, 14 Mei 2018, dilaksanakan di rumah bagi peserta didik jenjang PAUD hingga SMP. Kemudian Dinas Pendidikan Kota Surabaya kembali mengeluarkan pengumuman bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di rumah tersebut diperpanjang hingga Senin, 21 Mei 2018.

Pemerintah Kota Surabaya hanya mengeluarkan kebijakan tersebut untuk jenjang PAUD hingga SMP, dan tidak untuk jenjang SMA/SMK. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pengelolaan sekolah untuk jenjang pendidikan menengah berada di bawah Pemerintah Provinsi, bukan Pemerintah Kota/Kabupaten.

Demikian tulisan tentang

Muhadjir Mengajak Masyarakat Berperan Serta Memajukan Pendidikan

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Perkuat Fungsi Tripusat Pendidikan Guna Cegah Terorisme"