Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Juklak Kompetisi GSI Tingkat SMP Tahun 2019

Download Juklak/ Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) Sekolah Menengah Pertama/ SMP Tahun  2019

Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) Sekolah Menengah Pertama/ SMP Tahun 2019






Dalam rangka membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan, pemerintah mendorong peningkatan literasi dasar, kompetensi berpikir, kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaborasi generasi muda. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama berupaya mewujudkan program Nawacita dengan mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui kegiatan lomba, festival, dan olimpiade tahun 2019 mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pasal 1 menyebutkan bahwa gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bentukan nyata dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Kegiatan lomba, festival, dan olimpiade menjadi wahana produktif dan efektif dalam upaya meningkatkan PPK mulai dari tingkat sekolah, tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) memandang perlu untuk menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan pada jenjang SMP dalam bentuk kegiatan pembelajaran maupun kegiatan Lomba, Festival, dan Olimpiade.

Kegiatan dimaksud sudah menjadi agenda tahunan yang sangat diminati oleh satuan pendidikan terutama sekolah dan pemangku pimpinan di wilayahnya untuk membina peserta didiknya yang memiliki bakat dan minat bidang akademis dan nonakademis pada literasi sains, seni, olahraga, dan penelitian agar dapat berpartisipasi di tingkat nasional pada:

1. Olimpiade Sains Nasional (OSN);
2. Festival Literasi Siswa (FLS);
3. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN);
4. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N);
5. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI); dan
6. Gala Siswa Indonesia (GSI).

Sedangkan di tingkat internasional antara lain: International Junior Science Olympiad (USO), International Mathematics Competition (IMC), Basel Open Master (BOM), International Research Exhibition, dan Training and Development for Footballer and Trainer.

Petunjuk pelaksanaan ini dibuat dalam rangka mensosialisasikan kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2019 agar program dan kebijakan dapat dicapai sesuai target yang telah ditetapkan. Kami berharap petunjuk pelaksanaan ini dapat diimplementasikan dengan optimal oleh pihak-pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan GSI di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan sekolah sebagai pedoman pelaksanaan.

BAB I P-E-N-D--A-H-U--L-U-A-N

Dalam rencana strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015 - 2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah "Terbentuknya insan serta ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong".

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama berusaha mewujudkan program Nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bidang olah raga. Kegiatan PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

PPK dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Kegiatan PPK bidang non akademis terutama olahraga sepakbola yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah diminati oleh pencinta sepakbola dari sekolah yang peserta didiknya memiliki bakat, minat dan prestasi sepakbola, melalui penyelenggaraan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Perama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan melaksanakan kompetisi GSI SMP tahun 2019 mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Kerjasama 3 (tiga) instansi ini menjalankan amanah Presiden pada Rapat Terbatas 24 Januari 2017 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

GSI merupakan wadah bagi para peserta didik dalam menumbuhkembangkan bakat, minat dan prestasi dalam bidang sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan sekolah. Penyelenggaraan GSI ini diminati para pencinta sepakbola khususnya guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), pelatih sepakbola dan peserta didik dalam menumbuhkan atmosfer pertandingan dan menghidupkan kembali pertandingan sepakbola mulai tingkat kecamatan hingga nasional.

Berdasarkan data pendaftaran daring, partisipasi GSI SMP tahun 2018 telah melibatkan 34 Provinsi, 257 Kabupaten/Kota, 2.872 Kecamatan, 11.435 Sekolah dan 205.830 siswa. Pelaksanaan pertandingan GSI tahun 2018 adalah sebanyak 3.554 pertandingan yakni 64 pertandingan di tingkat nasional, 165 pertandingan di tingkat provinsi, 737 pertandingan di tingkat kabupaten/kota dan 2.588 pertandingan di tingkat kecamatan. Di tingkat lnternasional, 18 (delapan belas) atlet dan 4 (empat) pelatih pemenang GSI SMP tingkat Nasional mengikuti pelatihan di Juventus Academy dan pertandingan (friendly matches) di Turin, Italia.

Pelaksanaan GSI tahun 2018 dapat berhasil atas dukungan dan fasilitasi dari para stakeholder mulai dari sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Asosiasi PSSI Kabupaten/Kota (askab/kota), Asosiasi PSSI Provinsi (asprov), KONI Kab./Kota, KONI Provinsi dan instansi terkait lainnya. Peningkatan prestasi peserta didik melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah menjadi hal penting dalam memfasilitasi semangat para peserta didik yang memiliki bakat dan minat pada bidang sepakbola.

Direktorat Pembinaan SMP kembali akan menyelenggarakan kompetisi GSI Tahun 2019 bekerjasama dengan LPMP, Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kab./Kota dalam sosialisasi, koordinasi dan kerjasama dalam persiapan penyelenggaraan kompetisi di setiap tingkatan lomba. Gala Siswa Indonesia adalah usaha pemerintah dalam mengajak pihak-pihak berwenang memberikan ruang belajar bagi para peserta didik, guru, supporter, orangtua, dan pihak swasta untuk sama-sama menggerakkan produksi dan komunitas sepakbola untuk menyemarakkan dan memotivasi keikutsertaan siswa yang memiliki bakat dan potensi dalam bidang sepakbola dan kesediaan menyelenggarakan kegiatan Gala Siswa Indonesia di wilayahnya dalam membangun persepakbolaan nasional. Agar pelaksanaan GSI SMP tahun 2019 terselenggara dengan baik, maka disusun buku Petunjuk Pelaksanaan dan Regulasi Pertandingan yang dijadikan pegangan panitia, peserta didik, guru, dewan juri/wasit, pelatih, ofisial dan pihak terkait lainnya. Petunjuk Pelaksanaan GSI SMP 2019 tidak hanya berisi petunjuk teknis pelaksanaan GSI, tapi juga memberikan perspektif pentingnya GSI SMP tahun 2019 untuk diikuti oleh para peserta didik dalam pengembangan dan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler khususnya sepakbola.

Berikut adalah tautan untuk mendownload Juklak Kompetisi GSI (Gala Siswa Indonesia) Sekolah Menengah Pertama/ SMP Tahun 2019.


Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) Sekolah Menengah Pertama/ SMP Tahun 2019

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan agar mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh.

Sekian tulisan yang berjudul:

Download Juklak Kompetisi GSI Tingkat SMP Tahun 2019

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Juklak Kompetisi GSI Tingkat SMP Tahun 2019"