Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 SMK-MAK Kelas 10

Download Buku Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 SMK-MAK Kelas 10 Semester 1 dan 2

Download Buku Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 SMK-MAK Kelas 10 Semester 1 dan 2

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Buku bahan ajar dengan judul Dasar dan Pengukuran Listrik ini merupakan dasar program keahlian yang digunakan untuk mendukung pembelajaran pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 , untuk SMK Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan yang diberikan pada kelas X semester 1 dan semester 2.


Buku Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 SMK-MAK Kelas 10 Semester 1 dan 2 ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, yang dijabarkan dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 SMK-MAK Kelas 10 Semester 1 dan 2 ini disusun di bawah koordinasi Direktorat Pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 untuk semua jenjang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Langkah-langkah pendekatan ilmiah dalam proses pembelajaran meliputi menggali informasi melaui pengamatan, bertanya, percobaan, kemudian mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi, dilanjutkan dengan menganalisis, menalar, kemudian menyimpulkan, dan mencipta.

Pada buku ini, seluruh materi yang ada pada setiap kompetensi dasar diupayakan sedapat mungkin diarahkan untuk mencapai kompetensi inti, yaitu memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang dasar listrik dan pengukuran listrik melalui kegiatan mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Buku ini sebagai bahan ajar bagi siswa untuk mata pelajaran “Dasar dan Pengukuran Listrik 1” ini, digunakan untuk memenuhi kebutuhan minimal pembelajaran pada kelas X, semester satu, mencakupi kompetensi dasar 3.1 dan 4.1 sampai dengan 3.10. dan 4.10, yang terbagi menjadi enam kegiatan belajar, yaitu (1) Mendemonstrasikan konsep listrik (arus dan potensial listrik), (2) Memeriksa Bahan-bahan listrik, (3) Memeriksa sifat elemen pasif Rangkaian Listrik Arus Searah, dan rangkaian peralihan (4)Menganalisis rangkaian listrik arus searah, (5) Memeriksa Daya dan Energi Listrik, (6) Menentukan Kondisi Operasi pengukuran arus dan tegangan listrik, (7) Memeriksa kondisi operasi daya dan energi listrik, (8) Memeriksa kondisi operasi pengukuran Tahanan listrik, (9) Memeriksa kondisi operasi pengukuran dan analisa besaran lidtrik dengan osilskop, (10) Mendemonstrasikan penggunaan Peralatan Ukur Listrik untuk mengukur besaran listrik.

Berikut adalah tautan Download Buku Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 SMK-MAK Kelas 10 Semester 1 dan 2


Download Buku Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 SMK-MAK Kelas 10 Semester 1

Download Buku Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 SMK-MAK Kelas 10 Semester 2

Posting Komentar untuk "Buku Dasar dan Pengukuran Listrik 1 dan 2 SMK-MAK Kelas 10"