Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Sekolah Penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun Anggaran 2020

Download Lengkap Lampiran Daftar Sekolah Penerima BOS Kinerja dan BOS Afirmasi Tahun 2020

Menyegarkan kembali definisi bantuan operasional sekolah (BOS) afirmasi dan kinerja, bahwa yang dimaksud dengan BOS Afirmasi adalah program Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah tertinggal, sangat tertinggal di kawasan 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Sedangkan BOS Kinerja yakni program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang dianggap memiliki kinerja baik dalam penyelenggaraan layanan pendidikan, dan sebagai pemicu untuk sekolah lainnya guna mendorong mutu layanan pendidikan. BOS Kinerja disalurkan ke sekolah yang memang kualitasnya semakin membaik selama dua tahun terakhir dengan menggunakan indikator dasar yaitu rapor mutu sekolah.

Sebagai informasi tambahan bahwa dana Bos Afirmasi dan Kinerja dialokasikan bagi sekolah negeri maupun swasta (SD, SMP, SMA, SMK, SLB) yang paling membutuhkan. Dana BOS ini yakni sebesar Rp. 60.000.000 per tahun bagi tiap sekolah dan dana ini dikucurkan langsung dari Kementerian Keuangan melalui rekening sekolah. Total jumlah alokasi BOS Afirmasi dan Kinerja Tahun Anggaran 2020 ini adalah sebesar Rp. 3,2 triliun yang mana sejumlah 56.115 sekolah berhak menerima bantuan tersebut.

Asas penggunaan dana BOS Afirmasi dan Kinerja ini masih sama dengan BOS reguler, yakni maksimum fleksibilitas. Dana ini bisa dipergunakan untuk menggaji guru honorer, membayar tenaga kependidikan non guru, atau bisa juga untuk pembiayaan keperluan belajar dari rumah, dan juga untuk belanja protokol kesehatan sekolah.

Dana BOS Afirmasi ini memiliki tujuan untuk membantu kegiatan operasional sekolah seta mendukung kegiatan pembelajaran yang belum tercukupi oleh Dana BOS Reguler di Daerah Khusus yang ditetapkan oleh Kementerian.

Sedangkan dana BOS Kinerja memiliki tujuan untuk membantu kegiatan operasional sekolah dan mendukung kegiatan pembelajaran yang belum tercukupi oleh Dana BOS Reguler sebagai bentuk penghargaan atas kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan di Daerah Khusus yang ditetapkan oleh Kementerian.

Daftar lengkap sekolah penerima dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun Anggaran 2020 dapat dilihat dan di-download di sini.

Posting Komentar untuk "Daftar Sekolah Penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun Anggaran 2020"