Model Pembelajaran Back to Back

| 11 April 2016





Jika diterjemahkan, model pembelajaran ini berarti punggung ke punggung. Disebut demikian karena ia mensyaratkan siswa untuk mengambil posisi saling memunggungi. Metode ini mendorong siswa untuk kerja bersama dan mengembangkan kejelasan dalam komunikasi dan pengamatan.

Keterampilan
  • Bekerjasama dengan siswa lain
  • Berpikir, penyelesaian masalah
Cara kerja
  1. Siswa duduk saling memunggungi. Usahakan masing-masing kursi saling bersentuhan sehingga mereka dapat saling mendengar. Usahakan pula supaya masing-masing siswa tidak menoleh ke belakang. 
  2. Siswa A menerima stimulus visual, siswa B menerima alat tulis (pensil, ballpoint, dsb) dan selembar kertas. 
  3. Siswa A menjelaskan apa yang baru saja dilihat melalui stimulus visual kepada Siswa B. Siswa B kemudian menterjemahkan apa yang dijelaskan oleh siswa A setepat mungkin dengan cara menggambar pada alat tulis dan kertas yang telah disediakan.
  4. Siswa B diperbolehkan untuk bertanya kepada siswa A terkait penjelasan yang disampaikan. 
  5. Setelah selesai, siswa A dan siswa B melakukan pencocokan terkait dengan apa yang dijelaskan dengan apa yang digambarkan. 
  6. Tanya jawab kemudian dilakukan oleh guru dan siswa, terutama penekanan terhadap hakikat berkomunikasi antar pasangan dan mengapa hasil akhir dapat menjadi atau tidak seperti yang diharapkan. 
Bapak/Ibu pernah mempraktikkan model pembelajaran tersebut? Silahkan berkomentar. 


InformasiGuru.Com Updated at: 16.37

0 comments:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi