Penelitian Tindakan Kelas: Definisi dan Penjelasan Ringkas

| 16 April 2016

Membahas penelitian tindakan kelas (lebih lanjut disingkat PTK) tidak dapat dilepaskan dari membahas mengenai penelitian itu sendiri. Ya, karena PTK merupakan salah satu jenis dari beberapa metode penelitian.

Penelitian adalah sesuatu yang lumrah kita dengar atau ketahui dalam kehidupan sehari-hari. Secara ringkas, penelitian berarti ikhtiar atau usaha untuk memecahkan masalah atau mencari jawaban atas permasalahan yang dihadapi. Berbeda dengan penyelesaian masalah dalam konteks nonakademik, penelitian dalam konteks akademik harus bersifat ilmiah atau mendasarkan pada nalar sehat. Lebih lanjut, penelitian dalam konteks akademik juga harus dilakukan dengan terorganisasi, sistematis, kritis, objektif, dan berbasis pada data.

Berdasarkan jenisnya, PTK merupakan jenis penelitian terapan. Ini berarti bahwa PTK berusaha untuk menemukan solusi praktis atas permasalahan dalam proses pendidikan. Dengan demikian, PTK dapat didefinisikan sebagai penelitian yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, atau pemangku hajat (stakeholders) yang lain dalam lingkungan belajar/mengajar untuk memecahkan permasalahan-permasalahan terkait belajar/mengajar. Ia dapat berupa permasalahan dalam mengoperasikan sekolah, permasalahan dalam metode mengajar, dan permasalahan mengenai evaluasi belajar peserta didik.

PTK mempunyai dua tujuan utama, yaitu untuk memperbaiki (to improve) dan untuk terlibat (to involve). PTK mempunyai tiga tujuan perbaikan, yaitu:

  1. Perbaikan praktik
  2. Perbaikan pemahaman praktik
  3. Perbaikan situasi dimana praktik dilaksanakan 


InformasiGuru.Com Updated at: 00.46

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.