Macam dan Jenis Metode Pembelajaran

| 13 September 2016




Berbagai Macam dan Jenis Metode Pembelajaran


Berbagai Macam dan Jenis Metode Pembelajaran
Image by: Pixabay





Baiklah, sebelum kita membahas tentang pengertian metode pembelajaran dan macam serta jenisnya, kita harus paham dahulu tentang makna dan pengertian dari Metode itu sendiri. Apa sih yang dimaksud dengan metode? Pengertian Metode adalah suatu cara yang fungsinya adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan. Metode bisa juga diartikan sebagai suatu cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Metode pembelajaran mempunyai banyak macam-macam dan jenisnya, dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Untuk lebih memaksimalkan hasil mengajar, para guru biasanya tidak hanya menggunakan satu metode saja, tetapi juga mengombinasikan penggunaan lebih dari satu metode yang sampai detik ini masih banyak dijumpai dalam proses belajar mengajar. Berikut ini akan kami beberkan tentang macam-macam/ jenis-jenis metode pembelajaran:

1. Metode Ceramah (Preaching Method)

Dalam metode ceramah ini proses belajar mengajar yang dilaksanakan umumnya didominasi dengan cara ceramah oleh guru. Metode ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok audiens guna pencapaian tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Metode ceramah ini sesuai untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan apabila kesulitan dalam mendapatkan bahan ajarnya.

2. Metode Diskusi ( Discussion Method )

Metode diskusi ialah suatu metode mengajar yang mempunyai fokus utama dalam hal memecahkan masalah (problem solving). Metode ini jamak disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion).
Suatu diskusi dianggap menunjang keaktifan siswa jika diskusi itu melibatkan semua anggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah (problem solving). Cara agar metode diskusi ini bisa maksimal dan berjalan dengan baik sebaiknya harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

- Harus ada yang memimpin diskusi
- Topik yang didiskusikan harus menarik dan bermutu
- Peserta diskusi wajib aktif menerima dan memberi materi diskusi
- Suasana diskusi harus netral dan bebas dari tekanan

3. Metode Tanya Jawab

Metode tanya jawab adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan menghasilkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa memahami materi tersebut. Metode tanya jawab akan efektif jika materi yang menjadi topik bahasannya menarik dan memiliki nilai aplikasi yang relatif tinggi. Pertanyaaan yang dilontarkan harus bervariasi, meliputi pertanyaan tertutup (pertanyaan yang jawabannya hanya satu kemungkinan) dan pertanyaan terbuka (pertanyaan dengan banyak kemungkinan jawaban).

4. Metode Demonstrasi ( Demonstration Method )

Metode demonstrasi adalah suatu metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Demonstrasi dapat dilakukan dengan menunjukkan benda baik yang sebenarnya, model, maupun imitasinya dan disertai dengan penjelasan lisan. Demonstrasi akan menjadi evektif apabila dilakukan dengan baik oleh guru dan selanjutnya dilakukan oleh siswa. Metode ini bisa dilakukan untuk kegiatan yang alatnya terbatas tetapi akan dilakukan terus-menerus dan berulang-ulang oleh siswa.

5. Metode Pemberian Tugas

Metode pemberian tugas adalah teknik mengajar melalui penugasan siswa untuk melakukan suatu pekerjaan. Pemberian tugas dapat secara individual maupun secara kelompok dan boleh bersifat sama ataupun berbeda. Agar pemberian tugas dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran, maka:

- Tugas harus bisa dikerjakan oleh siswa atau kelompok siswa
- Hasil dari kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dengan presentasi oleh siswa dari satu kelompok dan ditanggapi oleh siswa dari kelompok yang lain atau oleh guru yang bersangkutan
- Pada akhir kegiatan harus ada kesimpulan yang diperoleh

6. Metode Percobaan ( Experimental Method )

Metode percobaan yakni metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajari itu. Dimungkinkan dilakukan dengan cara demonstrasi, jika alat yang tersedia hanya satu atau dua perangkat saja.

7. Metode Tutorial/Bimbingan

Metode tutorial yaitu suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan atau kelompok kecil siswa. Dibandingkan dengan metode yang lain, dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar, teknik ini banyak sekali digunakan, khususnya pada saat siswa sudah terlibat dalam kerja kelompok. Dalam tahapan ini, guru berfungsi sebagai fasilitator, moderator, motivator dan pembimbing yang sangat dibutuhkan oleh siswa dalam mendampingi mereka membahas dan menyelesaikan tugas-tugasnya.

8. Metode Karya Wisata

Metode karya wisata berarti kunjungan diluar kelas. Metode karya wisata adalah suatu teknik mengajar yang direkayasa terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik lainnya serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian diformat dalam bentuk buku.

9. Metode Latihan Keterampilan ( Drill Method )

Metode latihan keterampilan adalah suatu metode mengajar dimana siswa diajak ke tempat latihan keterampilan untuk melihat bagaimana cara membuat sesuatu, bagaimana cara menggunakannya, mengapa dibuat, apa manfaatnya dan sebagainya.

10. Metode Mengajar Beregu ( Team Teaching Method )

Metode mengajar beregu adalah suatu teknik mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas. Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai koordinator. Cara dan teknik pengujiannya, tiap pendidik membuat soal dan digabung menjadi satu. Apabila ujiannya berformat ujian lisan maka setiap siswa yang diuji harus langsung bertatap muka dengan team pendidik itu.

Sebenarnya masih ada beberapa metode pembelajaran yang lainnya, akan tetapi kiranya cukup 10 metode ini dulu yang perlu kami sampaikan. Semoga macam-macam dan jenis metode pembelajaran di atas bisa memberikan manfaat bagi kita semua umumnya serta bagi para pendidik dan murid pada khususnya. Di postingan berikutnya semoga bisa kami uraikan pula kelebihan serta kekurangan/ kelemahan dari berbagai metode pembelajaran yang telah kami uraikan di atas.





InformasiGuru.Com Updated at: 06.10

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.