Download Contoh KKM Matematika Kelas VII, VIII, IX Semester 1 dan 2

| 29 Oktober 2016

www.informasiguru.com / Download Contoh KKM Matematika Kelas VII, VIII, IX Semester 1 dan 2

Contoh KKM Mapel Matematika Kelas VII, VIII, IX Komplet

Contoh KKM Mapel Matematika Kelas VII, VIII, IX Komplet


KKM adalah merupakan salah 1 tugas wajib para guru ketika memulai proses pembelajaran pada awal tahun pelajaran atau awal semester. Sesuai dengan arti dari KKM itu sendiri bahwa pengertian Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. Untuk menentukan KKM ini, biasanya menggunakan perkiraan di awal tahun pembelajaran untuk Mapel yang diajarkan dan biasanya merujuk pada pada nilai yang telah dicapai oleh kakak kelasnya sebagai pedoman pembuatan KKM tersebut.




KKM ini memiliki beberapa fungsi yang sangat vital/ penting bagi guru dan peserta didik terkait program pembelajaran yang berlangsung. Apa saja fungsi dari KKM ini? Berikut ini kami rangkumkan untuk Anda mengenai fungsi KKM:
  • Sebagai pedoman bagi guru dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai KD mata pelajaran yang diikuti. Setiap kompetensi dasar (KD) dapat diketahui tingkat tercapainya berdasarkan KKM yang ditentukan. Guru harus memberikan reaksi/ tanggapan yang tepat terhadap pencapaian kompetensi dasar dalam bentuk pemberian layanan remedial atau layanan pengayaan.
  • Sebagai pedoman bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran. Setiap kompetensi dasar (KD) dan indikator ditetapkan KKM yang harus dilampaui dan dikuasai oleh peserta didik. Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri dalam mengikuti penilaian agar mencapai nilai melebihi KKM.
  • Bisa difungsikan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan suatu evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Evaluasi dan hasil program kurikulum dapat dilihat dari keberhasilan pencapaian KKM sebagai parameternya.
  • Sebagai perwujudan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat. Keberhasilan pencapaian KKM merupakan upaya yang harus dilakukan bersama antara pendidik, peserta didik, pimpinan satuan pendidikan, dan orang tua. 
  • Bisa dijadikan sebagai target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran. Satuan pendidikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk melampaui KKM yang ditetapkan. 
Setelah mengetahui fungsi dari KKM di atas, sekarang kita masuk kepada bahasan tentang pertimbangan apa yang dipakai dalam menentukan sebuah KKM. Sebenarnya terdapat tiga aspek pokok yang dipergunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan KKM ini yakni Kompleksitas, Daya Dukung dan Intake Siswa.

Berikut ini akan kami paparkan lagi terkait pengertian 3 aspek tadi, silahkan disimak....
  1. Kompleksitas merupakan tingkat kesulitan materi pada tiap indicator, kompetensi dasar (KD) maupun standart kompetensi (SK). Semakin tinggi tingkat kompleksitasnya maka semakin kecil skor yang dipakai. Rentang nilai yang digunakan misalnya: jika kompleksitas tinggi rentang nilai yang digunakan (50-64), kompleksitas sedang (64-80), dan kompleksitas rendah (81-100)
  2. Intake/ Intaks Siswa merupakan tingkat kemampuan rata-rata siswa. Intaks bisa didasarkan pada hasil/nilai penerimaan siswa baru dan nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya (menentukan estimasi).  Contoh rentang nilai yang bisa digunakan: jika intake siswa tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), intake sedang (65-80), untuk intake rendah (50-64).
  3. Daya Dukung, factor ini lebih ditujukan pada ketersediaan Sarpras yang dimiliki oleh sekolah untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar. Sekolah yang memiliki daya dukung tinggi maka skor yang digunakan juga tinggi. Pada aspek daya dukung rentang nilai yang digunakan sangat fleksibel sesuai dengan kondisi sekolah. Salah satu contohnya: jika daya dukung tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), daya dukung sedang (65-80), untuk daya dukung rendah (50-64).
Baiklah, setelah kita memahami fungsi KKM beserta aspek pokok dalam pertimbangan penentuan KKM, sekarang saatnya beranjak pada download contoh KKM matematika Kelas VII, VIII, IX Semester 1 dan 2. Anda bisa langsung mendownload linknya dengan mudah dan no tipu-tipu, hehehe
Seutuhnya dapat Anda lihat tautan downloadnya di bawah ini dan Anda tinggal Klik saja pada tautan yang kami sediakan di bawah ini:



Kami cukupkan dahulu sampai di sini, semoga pada edisi postingan kami selanjutnya nanti bisa kami tambah lagi materi-materi contoh KKM dengan mata pelajaran yang lainnya secara lebih komplit lagi. Harapan kami, semoga tulisan dari kami bermanfaat dan salam sukses selalu!
Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di sebelah kiri halaman ini.


(Redaksi)

keywordpermutationscript|Powered by: PTK_Script
Keyword Inquiries Driving Traffic to This Page:
Download Contoh KKM Matematika I 
Contoh KKM Mapel Matematika Kelas VII I 
Contoh KKM Mapel Matematika Kelas VIII I 
Contoh KKM Mapel Matematika Kelas IX I 
Contoh KKM Mapel Matematika Kelas VII, VIII, IX Komplet I 
Contoh KKM Matematika Kelas VII, VIII, IX Semester 1 dan 2 I 
Download Contoh KKM Mapel Matematika Kelas VII, VIII, IX Komplet I 
Download Contoh KKM Matematika Kelas VII, VIII, IX Semester 1 dan 2 Lengkap dan Komplit I Fungsi KKM I 
Pengertian KKM 
3 (Tiga) Aspek Pertimbangan Dalam Menentukan KKM I 
Kriteria Ketuntasan Minimal Guru dan Siswa I 
3 Aspek Menentukan KKM, Kompleksitas, Daya Dukung dan Intake Siswa I 
KKM Matematika KELAS VII SEMESTER 1 [download] I 
KKM Matematika KELAS VII SEMESTER 2 [download] I 
KKM Matematika KELAS VIII SEMESTER 1 [download] I 
KKM Matematika KELAS VIII SEMESTER 2 [download] I 
KKM Matematika KELAS IX SEMESTER 1 [download] I 
KKM Matematika KELAS IX SEMESTER 2 [download] I


InformasiGuru.Com Updated at: 02.52

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi