Jadwal Resmi UN Tahun 2017

Diposting Oleh | 28 Desember 2016

www.informasiguru.com / Resmi, Jadwal UN Tahun 2017

UN Tahun 2017 Berbasis Komputer (UNBK)

UN Tahun 2017 Berbasis Komputer (UNBK)



Tepat pada tahun 2017, Kemendikbud berencana untuk memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer (UNBK), baik untuk ujian nasional (UN) ataupun ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Pelaksanaan UN tahun 2017 dijadwalkan berlangsung pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2017.

Berikut ini jadwal resmi pelaksanaan UN tahun 2017 secara lengkap:
  1. UN untuk jenjang SMK/MAK bakal diselenggarakan terlebih dahulu pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017. 
  2. UN untuk SMA/MA, bakal dilakukan pada tanggal 10 sampai dengan 13 April 2017. 
  3. UN SMP/MTs akan dibagi menjadi 2 (dua) gelombang sebagai alternatif solusi untuk masalah kekurangan komputer. Gelombang pertama UN SMP/MTs akan berlangsung pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua UN SMP/MTs akan dilaksanakan pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.
  4. Totok Suprayitno, selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, memaparkan bahwa sangat diperlukan kerja sama yang komprehensif, khususnya berbagi sumber daya atau resource sharing, dalam penggunaan komputer terkait teknis pelaksanaan UN tahun 2017 kelak. Sampai detik ini sudah terdata sebanyak 12.053 sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 siswa siap menjadi tempat pelaksanaan ujian berbasis komputer (UNBK). Dengan jadwal UN SMK/MAK, SMA/MA, dan SMP/MTs yang berbeda-beda, komputer dapat digunakan secara bergantian.
    “Sekolah atau madrasah dengan jumlah komputer lebih dari 20 buah dan memiliki server dapat ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Nanti Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota menetapkan tempat ujian bagi siswa dari sekolah yang belum memiliki fasilitas berdasarkan kedekatan jarak antar sekolah,” jelas Totok kala menggelar Rakor dengan kepala dinas se-Indonesia tentang persiapan UN 2017 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (22/12/2016).
    Pada kesempatan itu pula, Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan, ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dilakukan demi meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, dan kehematan pelaksanaan ujian nasional (UN). Beliau juga turut mengimbau dinas pendidikan untuk mendata jumlah komputer di sekolah-sekolah di wilayahnya, serta mencari solusi terbaik dalam mengadakan fasilitas komputer untuk pelaksanaan UN tahun 2017 ini.

    “Masing-masing dinas laporkan (data jumlah komputer) kepada kami. Untuk solusi, misalnya bisa meminjam komputer dari lembaga kursus komputer di daerahnya, atau bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat,” pinta Muhadjir.

    Selaras dengan Mendikbud dan Kabalitbang Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad mengimbau kepada para kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk sesegera mungkin menetapkan sekolah-sekolah penyelenggara UNBK dan merancang pengindukan sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas memadai dalam penyelenggaraan UNBK. “Paling lambat tanggal 15 Januari 2017 sudah harus dipastikan untuk persiapan selanjutnya, seperti pelatihan proctor, uji coba, dan simulasi, dapat dilakukan dengan baik,” pungkasnya.



InformasiGuru.Com Updated at: 08.55

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.