Kumpulan Contoh Soal Siap UKG/UTN Guru SD 2017 Lengkap

| 08 Maret 2017

Contoh Soal Siap UKG SD 2017 beserta kunci jawaban serta pembahasan ini diperuntukkan terutama untuk para guru yang hendak menempuh sertifikasi guru tahun 2017. 


Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016 Tentang Sertifikasi Guru yang Diangkat Sebelum Tahun 2016, UKG merupakan komponen yang sangat penting sebagai determinan atau faktor penentu dari kelulusan sertifikasi guru. Bagi Anda yang hendak mengikuti sertifikasi guru tahun ini, hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa PLPG bukanlah faktor penentu tunggal dari kelulusan sertifikasi guru. Ada satu lagi komponen yang sangat menentukan, yaitu UTN atau ujian tulisa nasional atau yang dapat disetarakan dengan UKG. UTN ini diperuntukkan bagi para guru yang mengikuti sergur namun nilai UKG yang pernah diselenggarakan pada tahun 2015 namun masih mempunyai skor di bawah 80. Bagi guru yang telah memperoleh nilai 80, maka tidak ada kewajiban bagi yang bersangkutan untuk mengikuti UTN sebagai salah satu determinan atau faktor penentu kelulusan sergur.

Bagi Anda Guru SD yang hendak mengikuti sertifikasi guru pada tahun 2017 ini, maka sangatlah relevan jika Anda mempersiapkan sergur tahun ini dengan segala persiapan yang meyakinkan. Bekali diri Anda dengan modul PLPG SD yang dapat Anda jadikan acuan ketika mengikuti PLPG tahun 2017 dan juga bekali pula diri Anda dengan contoh soal siap UKG/UTN tahun 2017.

Persiapan yang baik adalah rumus baku bagi kesuksesan seseorang. Jika tidak mempersiapkan diri dengan baik, itu sama saja mempersiapkan diri kita untuk menghadapi kegagalan.

Tulisan kali ini bermaksud membantu Anda dalam mempersiapkan sertifikasi guru tahun 2017 ini. Hal yang harus Anda perhatikan adalah bahwa sertifikasi guru tahun ini dilaksankan dengan pola PLPG. Syarat penentu kelulusan sergur, sekali lagi, adalah lulus PLPG dan lulus ujian tulis nasional atau UTN yang dalam Permendikbud No 29 Tahun 2016 disebut sebagai UKG. Dengan demikian, jika Anda lulus PLPG, itu tidak serta merta menjadikan Anda lulus sertifikasi guru tahun 2017 jika Anda tidak lulus UTN/UKG.

Nah, berdasarkan pengalaman sergur tahun 2016 yang lalu, ada beberapa rekan kita sesama guru SD yang lulus PLPG namun tidak lulus UTN sehingga mereka harus mengulang lagi UTN tersebut. Pemerintah melalui Kemdikbud memberikan peluang selama empat kali dan penyelenggaraannya dilaksanakan setiap semester satu kali. Dengan demikian, jika Anda tidak lulus UTN (yang otomatis tidak lulus sergur), Anda tidak dapat memperoleh tunjangan sertifikasi guru secara serta merta sebelum Anda lulus UTN.

Mengingat pentingnya UKG atau UTN ini, maka kumpulan contoh soal siap UKG/UTN bagi guru SD ini sangatlah penting bagi Anda. Berikut adalah link download-nya:


Besar harapan kami untuk kesuksesan Anda dalam menghadapi sertifikasi guru tahun 2017 ini. Semoga tulisan kami tentang Kumpulan Contoh Soal Siap UKG/UTN Guru SD 2017 ini dapat memberi manfaat buat Anda rekan guru SD.

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya, dan sebarkanlah guna menambah kemanfaatannya


InformasiGuru.Com Updated at: 08.46

0 comments:

Poskan Komentar