Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Siap PAS 1/I Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 K-13 Tahun 2019/2020

Download Contoh Soal Siap Penilaian Akhir Semester (PAS/UAS) Satu (1/I) Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013/K13 Tahun 2019/2020 I pdf

Download Contoh Soal Siap Penilaian Akhir Semester (PAS/UAS) Satu (1/I) Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pdf







Contoh Soal Siap Penilaian Akhir Semester (PAS 1/I) Mapel Bahasa Indonesia ini mengacu pada Kurikulum 2013. Contoh soal yang kami hadirkan di sini berasal dari soal ujian akhir semester yang pernah diujikan pada tahun sebelumnya. Dengan demikian, ia memenuhi unsur validitas empirik. Dalam pengertian bahwa contoh soal tersebut tidak perlu lagi diragukan validitas bobot dan isi karena secara empirik pernah diujikan.

Contoh soal PAS 1 Mapel Bahasa Indonesia K-13 yang dihadirkan di sini dapat digunakan sebagai sarana belajar bagi para peserta didik dalam menghadapi PAS/UAS 1 Mapel Bahasa Indonesia yang pada saat tulisan ini diunggah akan berlangsung tidak lama lagi.

Manfaat dari latihan mengerjakan Soal Siap PAS 1/I Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 ini bagi para peserta didik adalah melatih sensitivitas atau kepekaan siswa atau peserta didik terhadap materi pembelajaran. Ia juga dapat melatih peserta didik untuk memiliki mental antisipatif. Mentalitas seperti ini sangat dibutuhkan bagi siswa kelak dalam mengarungi kehidupan nyata. Mempersiapkan diri secara baik tentu saja diharapkan bahwa hasilnya kelak tidak akan mengkhianati ikhtiar atau usaha yang telah dilakukan.

Berikut adalah kutipan dari Soal Siap UAS 1/I Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 tersebut:

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk soaf nomor 1 sampai dengan 3!

Bagi orang-orang di Jawa Timur, mungkin sudah tidak asing lagi rnendenqar kata Jatim Park karena merupakan salah satu objek wisata terkenal di Provinsi Jawa Timur. Jatim Parkmenawarkan tempat rekreasi serta pusat studi.

Jatim Park berlokasi di Jalan Kartika 2 Batu, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi tidak terlalu sulit karena lokasi objek hanya 2,5 kilometerdari kota Batu. Objek wisata Jatim Park ini rnempunyai lobar sekitar 22 hektare.

Pengunjung dapat menikmati setidaknya 36. rnacarn fasilitas yang menarik serta memberik.an penqetahuan baru. Setelah melewati gerbang, pengunjung akan menemukan tampilan yang menarik dari 'Galeri Nusantara' daerah, Selanjutnya akan menemukan daerah 'Taman Sejarah', yang berisi miniatur candi di Jawa Timur.

Fasilitas lain yang dapat dlnikrnati adalah daerah 'Agro Taman' yang menyajikan tanarnan dan buah- buahan langka, diorama binatang yang terdiri dari hewan unik yang telah dilestarikan, dan permainan pendukung seperti bowling, melempar bola, skuter disko, dan lain-lain.

Jatim Park sangat cocok untuk rekreasi keluarga dan sekolah. Situs tempat rekreasi menawarkan tur
berharqa dan dapat digunakan sebagai media altematif studi.

Sumber: http//infogreget.blogspot.com

1 . Bagian identifikasi dalam teks deskripsi torsebut terdapat dalam paragraf ....
A. pertama dan kedua
B. kedua dan ketiga
C. ketiga dan keernpat
D. pertama dan keempat

2. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi teks deskripsi tersebut adalah:
A. Jatim Park menawarkan tempat rekreasi dan tempat studi
B. Jatim Park sangat cocok untuk rekreasi keluarga dan sekolah
C. Pengunjung dapat menikmati setidaknya 30 macam fasilitas yang menarik serta memberikan pengetahuan baru
D. Jatim Park berlokasi di Jalan Kartika Batu, Jawa Timur.

3. Paragraf ketiga dalam teks deskripsi tersebut merupakan bagian.....
A. Identifikasi
B. Simpulan
C. deskripsi umum
D. deskripsi bagian

Bacalahdenqan saksama kutlpan tsks deskripsi berikut!

Meja kecil itu unik sekali. Bentuknya bulat lonjong. Di salah satu sisinya terdapat sebuah laci yang diberi ukiran di bagian tutupnya. Kaki mejanya berjumlah empat .... Antar kaki dihubungkan dengan anyaman rotan untuk memperkuat berdirinya meja tersebut.

4. Kalimat deskripsi yang tepat untuk rnelengkapi paragraf tersebut adalah:
 A. Fungsi kaki bagi meja untuk penahan permukaan meja kecil.
 B. Bentuknya seperti kaki kucing y,ang mancengkeram kukunya,
C. Mernang banyak orang memrnbuat kaki meja seperti  kaki binatang.
D. Kekuatari meja sangat berqantunq kepada kekuatan kakinya.

Bacalah dengan saksama teks deskripsi berikut untuk soal nomor 5 s.d. 7!

(1) Kornpleks Candi Prarnbanan terletak di Kecamatan Prarnbanan, Sleman, dan Kecarnatan Prambanan," Klaten. (2) Candi ini terrriasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. (3) Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. (4) Candi Prarnbanan adalah kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus salah satu candi terindah: di Asia Tenggara. (5) Arsitektur bangunan ini berbentuk tiriggi dan ramping sesuai denqan arsitektur Hindu pada umumnya. (6) Candi Siwa sebagai candi utarna memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjelang di , tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. (7) Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, di masa kerajaan Medang Mataram. (8) Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

5. Pernyataah berikut yang benar terdapat pada ....
A. di pad a di Kecamatan Prambanan, di Indonesia, di Asia Tenggara merupakan imbuhan
B. di pada ditengah kompleks, di mesa kerajaan merupakan imbunan
C. di pada dibangun, dikembangkan, diperluas merupakan imbuhan
D. di pada dibangun, dikembangkan, diperluas merupakan kata depan

6. Candi Prarnbanan merupakan candi Hindu yang berada di wilayah Kata Yoqyakarta. Menurut prasasti Siwagrha, caiidi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan Balitung Kata ini dalam kalimat tersebut merujuk pada ....
A. UNESCO
B. Candi Prarnbanan
C. Candi Siwa
D. Candi Hindu

7. Kutipan diatas mendeskripsikan mengenai .....
A. Candi Prambanan
8. Candi Siwa
C. warisan dunia UNESCO
D. Arsitektur bangunan

Berikut adalah tautan Download Contoh Soal Siap Penilaian Akhir Semester (PAS) Satu (1/I) Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pdf:



Demikian tulisan tentang

Download Contoh Soal Siap Penilaian Akhir Semester (PAS) Satu (1/I) Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Soal Siap PAS 1/I Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 K-13 Tahun 2019/2020"