Download Modul Pelatihan PPK Bagi Kepala Sekolah

| 13 Desember 2017

Download Buku Modul Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Bagi Kepala Sekolah pdf

Download Buku Modul Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Bagi Kepala Sekolah pdf







Buku Modul Penguatan Pendidikan Karakter pertama-tama dibuat sebagai pegangan dan panduan bagi para fasilitator provinsi dan sekolah. Fasilitator provinsi dapat memberikan pelatihan dalam buku ini kepada kepala sekolah yang ditunjuk atau kepada sekolah yang melakukan PPK secara mandiri. Fasilitator sekolah mempergunakan materi pelatihan di dalam buku ini untuk diterapkan di sekolah masing-masing dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator dan kepala sekolah dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri
untuk memahami Program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Sasaran pembuatan modul Penguatan Pendidikan Karakter adalah sebagai berikut:

a. modul ini dipergunakan terutama untuk para fasilitator provinsi dan fasilitator sekolah yang akan melatih kepala sekolah atau mendampingi kepala sekolah di sekolah imbas.
b. modul ini juga dapat menjadi bahan bacaan dan pembelajaran mandiri oleh kepala sekolah dalam rangka penguatan kapasitas implementasi PPK di lingkungannya masing-masing.

Berikut adalah tautan Download Buku Modul Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Bagi Kepala Sekolah pdf:




Berikut adalah kutipan dari Buku Modul Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Bagi Kepala Sekolah tersebut:



Buku modul pelatihan PPK Bagi Kepala Sekolah ini didesain sebagai panduan teknis bagi fasilitator dan peserta pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang di dalamnya berisi modul-modul sesuai dengan fokus materi yang disebut dengan modul 1 sampai dengan modul 7 dengan alokasi waktu sekitar 1
jam dan paling banyak 6 jam, tergantung dengan kebutuhan. Fasilitator
bisa mendesain pemanfaatan modul-modul berdasarkan tema sesuai dengan sasaran peserta pelatihan dan alokasi waktu yang tersedia. Akan lebih baik bila di sebuah sekolah, seluruh pemangku kepentingan pendidikan memperoleh pelatihan seluruh modul secara lengkap. Namun demikian, modul pelatihan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah.
Cara mempergunakan buku ini mendasarkan diri pada dinamika proses pelatihan yang berlaku umum yaitu mengikuti alur seperti ini: kegiatan pembukaan, materi inti, dan penutupan.

Sebelum memulai sesi pelatihan, fasilitator perlu memahami isi materi yang menjadi pokok bahasan dalam seri modul pelatihan. Isi materi bisa berupa naskah, buku, bacaan, atau tulisan yang berada dalam lampiran modul ini. Fasilitator perlu membaca materi-materi yang dibutuhkan sebelum melakukan pelatihan. Tujuannya adalah untuk memahami inti materi dengan baik sehingga mudah menyampaikannya pada peserta.

Tahap berikutnya fasilitator memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan selama melakukan proses fasilitasi dan pelatihan. Fasilitator bisa mengarahkan peserta untuk membuat rencana tindak lanjut setiap kali setelah menyelesaikan materi pelatihan.
Skema pelatihan bisa digambarkan sebagai berikut

Kepala sekolah sebagai pemimpin formal bertanggung jawab terhadap terlaksananya Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah melalui pengelolaan (manajemen) sekolah dan kepemimpinan (leadership). Kepala sekolah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dan kepemimpinan baik untuk mencapai tujuan pendidikan maupun dalam menciptakan iklim dan budaya sekolah yang kondusif untuk menumbuhkan semangat tenaga pendidik maupun peserta didik dalam menerapkan PPK.

Dengan memahami peranan mereka sebagai pemimpin sekolah, kepala sekolah diharapkan dapat memberikan dorongan serta memberikan kemudahan untuk kemajuan serta dapat memberikan inspirasi dalam proses pencapaian tujuan PPK di sekolah. Untuk itu, kepala sekolah bekerja sama dengan pengawas sekolah dalam pelaksanaan tugas kepengawasan akademik dan manajerial agar pelaksanaan program PPK di sekolah berjalan dengan baik. Kepala sekolah juga bertanggung jawab dalam mengembangkan pelibatan publik dan partisipasi masyarakat untuk mendukung keberhasilan program PPK.

Setelah mengikuti kegiatan pelatihan pada modul ini, peserta dapat:

1. mengetahui peranan kepala sekolah dalam implementasi PPK melalui manajemen dan kepemimpinan sekolah;
2. mengetahui cara mengembangkan strategi pengembangan jaringan tripusat pendidikan dalam implementasi PPK;
3. mampu mendesain “branding” sekolah sesuai dengan ciri khas yang diunggulkan sekolah; dan
4. mampu menyusun program PPK di sekolah berdasarkan nilai-nilai utama melalui analisis konteks sekolah.



Demikian tulisan tentang

Download Buku Modul Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Bagi Kepala Sekolah pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 06.00

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!