Download Modul Pelatihan PPK Bagi Komite Sekolah

| 13 Desember 2017

Download Buku Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah pdf

Download Buku Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah pdf







Buku Modul Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah dibuat sebagai pegangan dan panduan bagi para Fasilitator Provinsi dan Sekolah.

Fasilitator Provinsi dapat memberikan pelatihan menggunakan buku ini kepada Komite Sekolah. Fasilitator Sekolah dapat menggunakan materi pelatihan di dalam buku ini untuk diterapkan di sekolah masing-masing dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator dan Komite Sekolah dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami Program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Sasaran pembuatan modul Penguatan Pendidikan Karakter adalah sebagai berikut:

a. modul ini dipergunakan terutama untuk para fasilitator provinsi dan fasilitator sekolah yang akan melatih komite sekolah di sekolah rintisan, mandiri, dan imbas.
b. modul ini juga dapat menjadi bahan bacaan dan pembelajaran mandiri oleh komite sekolah dalam rangka penguatan kapasitas implementasi PPK di lingkungannya masing-masing.

Berikut adalah tautan Download Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah pdf:


Download Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah pdf


Berikut adalah kutipan dari Buku Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah tersebut:

Pembelajaran adalah wahana yang dirancang oleh pendidik secara sadar untuk mencapai standar kompetensi lulusan dalam kurikulum. Pembelajaran terwujud dalam interaksi belajar-mengajar yang dinamis dan diarahkan kepada pencapaian tujuan, yaitu pemahaman terhadap materi pembelajaran, meningkatnya keterampilan dan perubahan perilaku dan pribadi peserta didik yang optimal. Perubahan yang terjadi pada peserta didik itu ditampilkan dalam karakter, sebagai perilaku yang dilandasi nilai-nilai kehidupan yang sangat luhur.
Guru mengajar peserta didik berdasarkan mata pelajaran yang diampunya. Dalam setiap proses pembelajaran terdapat isi materi kurikulum, pilihan metode pembelajaran, dan pengelolaan kelas yang menjadi dinamika dalam pembelajaran. Dalam rangkaian penyelenggaraan
proses belajar mengajar di kelas guru memiliki kesempatan yang
leluasa untuk mengembangkan karakter siswa. Guru dapat memilih bagian dari mata pelajarannya atau tema pelajaran untuk diintegrasikan dengan pengembangan karakter siswa. Metode belajar yang dipilihpun secara terintegrasi dapat menjadi media pembentukan karakter. Ketika mengelola kelas guru berkesempatan untuk mengembangkan karakter melalui tindakan dan tutur katanya selama proses pembelajaran berlangsung, pada saat siswa belum masuk kelas, dalam pembelajaran, dan setelah selesai pembelajaran.

Kualitas praksis PPK melalui pendidikan karakter berbasis kelas merupakan tanggung jawab kepala sekolah. Sebagai pimpinan sekolah, ia memiliki tugas malakukan supervisi akademik terhadap pembelajaran yang dipersiapkan dan yang dilakukan oleh guru. Kepala sekolah perlu memiliki pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman bagaimana mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas ketika melakukan supervisi akademik terhadap guru.

Komite Sekolah/Orang Tua sebagai salah satu pelaku pendidikan perlu memahami tentang proses pembelajaran termasuk PPK berbasis kelas sehingga komite sekolah/orang tua dapat memberikan masukan baik kepada guru maupun kepala sekolah agar proses Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dapat berjalan lancar.

Modul ini dirancang untuk membekali komite sekolah dengan konsep PPK dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, metode yang digunakan adalah eksplorasi yang bersifat reflektif (reflective explorative). Kegiatan praktis dilakukan untuk memberi kesempatan menguatkan konsep PPK dalam kelas. Modul ini juga memberikan pengalaman belajar aktif dan relevan. Dengan demikian, pelatihan ini banyak menerapkan pendekatan partisipatori dan reflektif. Variasi metodologi seperti penjelasan/presentasi, diskusi, kerja dalam kelompok/berpasangan, studi kasus, diskusi tayangan video, tanya jawab, demonstrasi, dan main peran (role play) juga diterapkan.

Berbagai studi yang terkait dengan peran masyarakat dalam pendidikan menunjukkan bahwa keberhasilan pendidikan (pendidikan karakter) bergantung pada kemitraan yang sinergis antara para pelaku pendidikan yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat. Pondasi pendidikan karakter sebagaimana digarisbawahi oleh Ki Hajar Dewantara diletakkan oleh keluarga sebagai pendidik yang pertama dan utama. Namun demikian, lingkungan masyarakat juga sangat mempengaruhi keberhasilannya. Praktik baik kolaborasi antaranggota masyarakat telah menjadi bagian dari tradisi Indonesia melalui semangat gotong royong. Kepedulian menjadi kata kunci. Sekaranglah saatnya untuk melakukan penguatan pendidikan karakter yang berbasis komunitas/masyarakat.

Kemitraan tri sentra pendidikan yaitu satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”. Komite Sekolah mempunyai peran besar dalam kemitraan ini termasuk dalam upaya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dilakukan untuk menyiapkan generasi emas 2045. Peningkatan peran komite sekolah dan keluarga dalam PPK sangat diperlukan.

Setelah mengikuti kegitan pelatihan pada modul ini, peserta dapat:

1. memahami dan menyadari peran dan fungsi komite dalam internalisasi nilai-nilai PPK;

2. mengidentifikasi kondisi faktual sekolah yang memerlukan keterlibatan komite sekolah;

3. mengidentifikasi peran orang tua dan masyarakat dalam mendukung pelaksanaan PPK di sekolah berdasar kondisi faktual; dan

4. menyusun program komite sekolah berkaitan dengan PPK berbasis masyarakat.

Demikian tulisan tentang

Download Buku Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 06.51

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!