Contoh Soal-Jawab UTS II Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7

| 20 Desember 2017

Download Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Tengah Semester II (UTS 2/II) Mapel Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas Tujuh (VII/7)

Download Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Tengah Semester II (UTS 2/II) Mapel Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas Tujuh (VII/7)







Ujian tengah semester dua (II/2) merupakan ujian yang diselenggarakan pada pertengahan semester II. Berbeda dengan ujian tengah semester 1, UTS II ini mempunyai kontribusi yang sangat penting bagi penentuan kenaikan kelas peserta didik. Mengingat pentingnya ujian tengah semester II atau yang sering disingkat dengan UTS II/2 ini, maka persiapan yang cukup sudah semestinya dilakukan oleh para siswa.

Persiapan yang serius tentu saja dilakukan dengan cara belajar yang rajin supaya memperoleh hasil yang maksimal. Persiapan dalam menghadapi UTS II tersebut dapat dilakukan dengan cara mengerjakan contoh soal siap UTS II yang tentu saja disertai dengan kunci jawabannya. Dengan mengerjakan contoh soal, diharapkan para peserta didik dapat memetakan materi pembelajaran serta mengasah pemahaman. Hal ini penting dalam rangka belajar secara efektif dan efisien.

Salah satu mata pelajaran (mapel) yang diujikan di SMP atau MTS Kelas Tujuh (7/VII) adalah Bahasa Indonesia. Materi yang diujikan pada mapel Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/MTs ini dimulai dari Bab V sampai dengan Bab VI. Materinya memang tidak banyak. Namun demikian, para siswa dituntut untuk mencapai hasil belajar berupa pemahaman dan mengerjakan karya-karya sastra yang sederhana.

Berikut adalah tautan download contoh soal beserta kunci jawaban ujian tengah semester dua (UTS II/2) mapel Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas tujuh (7/VII):




Berikut adalah kutipan dari contoh soal beserta kunci jawaban UTS II mapel Bahasa Indonesia tersebut (Kunci Jawaban Disertakan pada Berkas Terdownload):



15. Pantun dikenal dengan berbagai nama di berbagai bahasa di Nusantara. Dalam bahasa Jawa, pantun dikenal dengan sebutan
A. Tonton
B. Tuntun
C. Pantun
D. Pinuntun
16. Teks narasi mencakup semua jenis tulisan atau lisan yang mengandung unsur
A. Drama
B. Peran
C. Fiksi
D. Cerita
17. Kisah Kancil Mencuri Ketimun merupakan cerita fiksi yang digolongkan sebagai
A. Epos
B. Cerita nasihat
C. Fabel
D. Cerita pengantar tidur
18. Tokoh dalam fabel adalah
A. Malaikat
B. Jin
C. Binatang
D. Manusia
19. Berikut yang bukan merupakan latar dari fabel adalah
A. Kolam
B. Hutan
C. Gedung
D. Sungai
20. Alur pada tabel biasanya merupakan alur
A. Mundur
B. Menyamping
C. Menyilang
D. Maju
21. Pesan moral dalam fabel yang secara jelas dipaparkan dalam cerita disebut dengan pesan
A. Implisit
B. Berantai
C. Eksplisit
D. Arif bijaksana
22. Seekor kucing kecil yang sedang merayakan ulang tahunnya merasa gembira karena teman-teman kucingnya ikut merayakannya bersama-sama.
Petikan cerita di atas merupakan bentuk fabel:
A. Adaptasi
B. Alami
C. Fiksi
D. Narasi
23. Bacalah teks berikut dengan seksama!
Kucing tiga warna yang sombong tersebut merasa bersedih dengan kehadiran kucing baru yang ternyata bulunya lebih indah.

Watak sombong akan membuat kita merasa bersedih pada saat ada yang melebihi kita dan bergembira manakala ada yang di bawah kita.

Petikan fabel di atas digolongkan sebagai
A. Fabel tanpa koda
B. Fabel dengan koda
C. Fabel adaptasi
D. Fabel alami
24. Bagian awal dari sebuah fabel yang berisi pengenalan tokoh, latar, tempat, dan waktu disebut dengan
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Koda
25. Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab pertanyaa dari nomor 25 sampai dengan
GAJAH YANG BAIK HATI
Siang hari itu suasana di hutan sangat terik. Tempat tinggal si Kancil, Gajah, dan lainnya seakan terbakar. Kancil kehausan. Dia berjalan-jalan mencari air.
Di tengah perjalanan dia melihat kolam dengan air yang sangat jernih. Tanpa pikir panjang dia angsung terjun ke dalam kolam. Tindakan Kancil sangat ceroboh, dia tidak berpikir bagaimana cara ia naik ke atas. Beberapa kali Kancil mencoba untuk memanjat tetapi ia tidak bisa sampai ke atas. Si Kancil tidak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya berteriak meminta tolong. Teriakan si Kancil ternyata terdengar oleh Si Gajah yang kebetulan melewati tempat itu. ‘’Hai, siapa yang ada di kolam itu?’’ ‘’Aku.. si Kancil sahabatmu.’’ Kancil terdiam sesaat mencari akal agar Gajah mau menolongnya. ‘’Tolong aku mengangkat ikan ini.’’ “Yang benar kau mendapat ikan?’’ ‘’Bener..benar! Aku mendapatkan ikan yang sangat besar.’’ Gajah berpikir sejenak. Bisa saja ia turun ke bawah dengan mudah tetapi bagaimana jika naiknya nanti. ‘’Kau mau memanfaatkanku, ya Cil?’’ Kau akan menipuku untuk kepentingan dan keselamatanmu sendiri?’’ Tanya Gajah. Kancil hanya terdiam. ‘’Sekali-kali kamu harus diberi pelajaran,’’ kata Gajah sambil meninggalkan tempat itu. Gajah tidak mendengarkan teriakan Kancil. Kancil mulai putus asa. Semakin lama berada di tempat itu Kancil mulai merasa kedinginan. Hingga menjelang sore tidak ada seekor binatang yang mendengar teriakannya. ‘’Aduh gawat! Aku benar-benar akan kaku di tempat ini.’’ Dia berpikir apa ini karma karena dia sering menjaili teman-temannya.
Tidak lama, tiba-tiba Gajah muncul lagi. Kancil meminta tolong kembali. “Bagaimana Cil?” “Tolong aku, aku berjanji tidak akan iseng lagi” “Janji?” gajah menekankan. ‘’Sekarang apakah kamu sudah sadar? Dan akan berjanji tidak akan menipu, jahil, iseng dan perbuatan yang merugikan binatang lain?’’ ‘’Benar Pak Gajah, saya benar-benar berjanji.’’ Gajah menjulurkan belalainya yang panjang untuk menangkap Kancil dan mengangkatnya ke atas. Begitu sampai di atas Kancil berkata. ‘’Terima kasih Pak Gajah! Saya tidak akan pernah melupakan kebaikanmu ini.’’
Sejak itu Kancil menjadi binatang yang sangat baik. Ia tidak lagi berbuat iseng seperti yang pernah ia lakukan pada beruang dan binatang binatang yang lainya. Memang kita harus berhati-hati kalau bertindak. Jika tidak hati-hati akan celaka. Jika kita hati-hati kita akan selamat. Bahkan bisa menyelamatkan
Dari fabel di atas, bagian orientasi berada pada paragraf
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
26. Dari fabel di atas, bagian koda terdapat pada paragraf
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
27. Dari fabel di atas, bagian komplikasi sampai klimaks terdapat pada paragraf
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
28. Dari fabel di atas, bagian resolusi terdapat pada paragraf
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
29. Sifat dari penggunaan bahasa pada fabel adalah
A. Khayalan
B. Kenyataan
C. Nonfiksi
D. Realita
30. Contoh kalimat langsung dalam fabel adalah sebagai berikut
A. Suatu saat di hutan rimba, hiduplah seekor kucing mungil yang menggemaskan
B. Si Kucing kemudian menangis menyadari kebodohannya sendiri
C. Si Kucing lupa bahwa di atas langit masih ada langit
D. “Apa yang kau sangka lebih hebat dari bulu-buluku yang indah nan molek ini?” teriak Si Kucing



Demikian tulisan tentang

Download Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Tengah Semester II (UTS 2/II) Mapel Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas Tujuh (VII/7)

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 06.46

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!