Download Buku Siswa dan Guru SKI Kelas 3 dan 6 MI K13

| 08 Februari 2018

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013







Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 merupakan buku pegangan bagi guru dan peserta didik madrasah ibtidaiyah (MI) Kelas 3/III dan Kelas 6/III. Buku-buku tersebut tentu saja menggunakan pendekatan kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013 dengan revisi terakhir 2016.

Buku Kurikulum 2013 mengalami perbaikan terus menerus (baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi). Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 adalah edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah (MI).

Berikut adalah tautan Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013:







Berikut adalah kutipan dari Buku Siswa dan Guru SKI Kelas 3 dan 6 MI K13 tersebut:

1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) , serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.

2. Setiap bab berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pokok, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, Interaksi guru dengan orang tua.

3. Pada sub bab tertentu penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.

4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan rubrik-rubrik yang terdapat dalam Buku Teks Siswa SKI Kelas 3, sehingga perhatian peserta didik menjadi fokus. Rubrik-rubrik tersebut adalah:

Kegiatan: berisi aktivitas yang harus peserta didik lakukan untuk memahami materi.

Insya Allah Aku Bisa: berisi sikap atau perilaku yang diharapkan dilakukan peserta didik terkait dengan pesan / amanat dalam pembelajaran bermakna.

Berhati-hatilah: berisi sikap atau perilaku yang diharapkan tidak dilakukan peserta didik terkait dengan pesan / amanat dalam pembelajaran bermakna.

Hikmah: berisi pernyataan untuk memperkuat pemahaman konsep, penekanan sikap, atau penguatan keyakinan peserta didik yang berupa mutiara hikmah, maqalah, hadits, atau ayat.

Rangkuman: berisi point-point penting dalam pembelajaran.

Ayo berlatih: berisi soal-soal untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.

Tugasku: berisi tugas yang harus dikerjakan peserta didik di rumah.

Rubrik Ayo bernyanyi dan Ayo bersalawat: untuk penguatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai perkembangan peserta didik.

Dalam pelaksanaannya di madrasah ibtidaiyah (MI) sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
1 Menerima danmenjalankan ajaran agama yang dianutnya 1.1. Menyadari hikmah menghindari perilaku tercela seperti yang terdapat pada masyarakat Arab pra- Islam.1.2. Berkomitmen menghindari perilaku tercela seperti yang terjadi pada aspek perekonomian masyarakat Arab pra-Islam.1.3. Meyakini keberanan ajaran Islam dan menghindari nilai-nilai negatif adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam.1.4. Menghayati nilai-nilai positif dari diri NabiMuhammad Saw. pada masa kanak-kanak1.5. Menghayati nilai-nilai positif dari diri Nabi Muhammad Saw. pada masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad Saw.
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya 2.1 Membiasakan perilaku tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman tentang keadaan sosial budaya masyarakat Arab pra-Islam.2.2 Membiasakan perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman tentang kehidupan perekonomian masyarakat Arab pra-Islam.2.3 Membiasakan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman tentang agama dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam dalam kehidupan sehari- hari.2.4 Membiasakan perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman tentang masa kanakkanak Nabi Muhammad Saw. dalam kehidupan sehari-hari.2.5 Membiasakan perilaku tanggungjawab dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman tentang masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad Saw. dalam kehidupan sehari-hari.
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah 3.1 Mengetahui keadaan sosial budaya masyarakatArab pra-Islam.3.2 Mengetahui keadaan perekonomian masyarakatArab pra-Islam.3.3 Memahami agama dan kepercayaan masyarakatArab pra-Islam.3.4 Mengetahui masa kanak-kanak Nabi MuhammadSaw.3.5 Mengetahui masa remaja atau masa muda NabiMuhammad Saw.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 4.1 Menceritakan keadaan social budaya masyarakatArab Pra-Islam.4.2 Menceritakan keadaan perekonomian masyarakatArab pra-Islam.4.3 Menceritakan agama dan kepercayaan masyarakatArab pra-Islam.4.4 Menceritakan masa kanak-kanak Nabi MuhammadSaw.4.5 Menceritakan masa remaja atau masa muda NabiMuhammad Saw.
1 Menerima danmenjalankan ajaran agama yang dianutnya 1.1 Menghayati nilai-nilai positif dari diri NabiMuhammad Saw. Pada masa dewasa.1.2 Meyakini Muhammad Saw.adalah utusan Allah SWT.1.3 Menghayati peristiwa kerasulan Nabi MuhammadSaw.
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya 2.1. Merefleksikan nilai-nilai positif masa dewasa NabiMuhammad Saw. dalam kehidupan sehari-hari.2.2. Merefleksikan nilai-nilai positif dari bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad Saw.dalam kehidupan sehari-hari.2.3. Merefleksikan nilai-nilai positif dari peristiwa kerasulan Nabi Muhammad Saw.dalam kehidupan sehari-hari.
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah 3.1 Mengetahui masa dewasa Nabi Muhammad Saw.3.2 Mengetahui bukti-bukti kerasulan Nabi MuhammadSaw.3.3 Memahami peristiwa kerasulan Nabi MuhammadSaw.
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkananak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 4.1. Menceritakan masa dewasa Nabi MuhammadSaw.4.2. Menceritakan bukti-bukti kerasulan NabiMuhammad Saw.4.3. Menceritakan peristiwa kerasulan NabiMuhammad Saw.

Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 6/VI Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 1.1 Meyakini kebenaran sejarah kekhalifahan khalifah Usman bin Affan.1.2 Mengamalkan nilai-nilai kesalehan dari khalifahUsman bin Affan.1.3 Meyakini kebenaran sejarah kekhalifahan khalifah Ali bin Abi Talib.1.4 Mengamalkan nilai-nilai kesalehan dari khalifahAli bin Abi Talib.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 2.1 Membiasakan bersikap positif sebagai implementasi dari pemahaman tentang sejarah kekhalifahan khalifah Usman bin Affan.2.2 Meneladani kepribadian Khalifah Usman binAffan dalam kehidupan sehari-hari.2.3 Membiasakan bersikap positif sebagai implementasi dari pemahaman tentang sejarah kekhalifahan khalifah Ali bin Abi Talib dalam kehidupan sehari-hari.2.4 Meneladani kepribadian Khalifah Ali bin Abi Talib dalam kehidupan sehari-hari.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempatbermain. 3.1 Memahami sejarah kekhalifahan khalifah Usman bin Affan.3.2 Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifahUsman bin Affan.3.3 Memahami sejarah kekhalifahan khalifah Ali binAbi Talib.3.4 Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifahAli bin Abi Talib.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang pencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman danberakhlak mulia. 4.1 Mempresentasikan sejarah kekhalifahan KhalifahUsman bin Affan.4.2 Menceritakan kepribadian Usman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam.4.3 Mempresentasikan sejarah kekhalifahan Ali binAbi Talib.4.4 Menceritakan kepribadian dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Talib.

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 11.23

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!