Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13 Revisi 2017

| 13 Maret 2018

Download Contoh Soal (PH3)  Penilaian Harian/ UH 3 Semester 2 (Dua) Tema 9 Subtema 3: Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Kelas 4/ IV SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru I Pdf

Download Soal Penilaian Harian/ UH 3 Semester 2 (Dua) Tema 9 Subtema 3: Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Kelas 4/ IV SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 I Pdf






Contoh soal yang kami ulas dan bagikan untuk adik-adik kelas 4 SD/ MI kali ini adalah materi tematik khusus tema 9 subtema 3 tentang Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Untuk tema 9 ini membahas tentang berbagai kekayaan SDA dan cara melestarikannya juga mengupas tentang hal-hal yang merusak serta mencemari lingkungan yang tentunya berdampak negatif bagi hidup manusia.

Indonesia memiliki beragam kekayaan sumber daya alam. Sumber daya alam yang ada di Indonesia tersebut harus dilestarikan keberadaannya. Pelestarian tersebut bertujuan agar kehidupan masyarakat Indonesia seimbang dengan lingkungan. Salah satu upaya pelestarian sumber daya alam tersebut adalah memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana.

Contoh Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13 Revisi 2017 ini kami hadirkan dengan konsep yang sederhana tetapi tetap mengacu pada daya eksplorasi berpikir anak terkait dengan materi tema 9 subtema 3 tentang Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam tersebut. Semoga materi contoh soal siap PH 3 semester genap yang kami share ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai pengaya materi belajar jelang persiapan menghadapi penilaian harian 3 agar semakin mantap dan siap dalam menatap ujian tersebut.

Berikut adalah link download Soal Siap PH/ UH 3 semester II Tema 9 subtema 3: Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Kelas 4/ IV SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 I Pdf:


Download Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13 Revisi 2017


Berikut adalah kutipan dari Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13 Revisi 2017 tersebut:

Soal PH 3 Kelas 4 SD/MI tema 9 subtema 3 (Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia) Semester 2 K13 Revisi 2017

2. Sebutkan contoh yang menunjukkan perilaku merusak lingkungan alam!
3. Kita boleh menebang pohon yang telah memenuhi syarat untuk ditebang dan kemudian harus diimbangi dengan .... agar ada regenerasi pohon baru.
4. Jelaskan perilaku dan kegiatan manusia yang bisa berdampak positif maupun negatif terhadap lingkungan!
5. Penebangan pohon sembarangan bisa menyebabkan ....
10. Apa arti penting lingkungan bagi manusia?
11. Sebutkan contoh nyata dalam keluargamu yang menerapkan gaya hidup menghemat energi!
12. Ketika lampu belajar sudah tidak dipakai lagi maka harus segera dimatikan. Hal tersebut adalah salah satu langkah untuk menghemat pemakaian ....
15. Air menjadi sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Sebutkan manfaat air bagi hidup manusia.

Kompor Biogas Kotoran Sapi Makin Diminati
Program pemerintah untuk menghemat energi direspons positif oleh warga masyarakat, salah satunya Latif Wilopo. Latif Wilopo adalah merupakan warga Desa Ngreco, Kecamatan andat, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dia dan keluarganya memanfaatkan kotoran sapi untuk dibuat kompor biogas.
Kini dia dan keluarganya tidak perlu lagi pusing-pusing membeli tabung gas elpiji. Oleh karena dia telah membuat instalasi kompor biogas hemat energi yang memanfaatkan kotoran sapi.
Sudah hampir setahun Latif dan keluarganya memanfaatkan biogas tersebut sebagai pengganti gas elpiji untuk memasak. Hasilnya juga cukup lumayan karena uang belanja untuk membeli gas elpiji dapat dihemat untuk keperluan lainnya. Termasuk saat terjadi kelangkaan elpiji, istrinya pun tetap bisa memasak.
Menurut Latif, memakai tabung gas elpiji dengan biogas dari kotoran sapi tidak ada bedanya serta tidak berpengaruh pada rasa masakan. Meskipun biogasnya dari kotoran sapi, masakannya pun tetap lezat. Selain itu juga murah. Sebelum memakai biogas kotoran sapi, setiap bulannya Latif harus mengeluarkan biaya Rp 52.000,- untuk membeli gas elpiji, dan belum lagi jika terjadi kenaikan harga elpiji. Namun, sekarang dia sudah tidak perlu lagi membeli gas elpiji.
Ide membuat instalasi kompor biogas muncul karena di belakang rumahnya menjadi tempat kandang kelompok peternak sapi. Ada sekitar 10 ekor sapi yang setiap hari menghasilkan sekitar 200 kg limbah kotoran sapi yang terbuang sia-sia. Limbah kotoran sapi tersebut hanya dipakai sebagai pupuk kandang.

Bacalah teks di atas untuk menjawab pertanyaan nomor 19-21 di bawah ini!
19. Apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi?
20. Mengapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan?
21. Lebih hemat manakah antara menggunakan gas elpiji dibandingkan dengan biogas kotoran sapi?
24. Apa manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga?
25. Kerja bakti merupakan kegiatan positif masyarakat yang banyak manfaatnya. Sebutkan beberapa manfaat dari adanya kerja bakti tersebut!

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan agar mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan sampai di sini tulisan kami yang berjudul:

Soal Siap UH/ PH 3 Semester II Tema 9 Kelas 4 SD/ MI K-13

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!


InformasiGuru.Com Updated at: 09.59

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!