Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) 2018 SMP-MTs Bahasa Indonesia

| 21 Maret 2018

Download Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia

Download Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia







Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia ini tersaji agar para siswa calon peserta UN, baik dengan pola komputer (UNBK) maupun pola pensil dan kertas (UNKP)SMP-MTs Mapel Tahun Pelajaran 2017-2018 dapat menjadikannya sebagai rujukan dalam belajar.

Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia yang tersaji pada halaman ini berasal dari contoh soal dari dua tahun yang lalu. Dengan demikian, contoh soal yang disajikan ini telah updated dalam perspektif kebaruan rujukan.

Karena ia berasal dari soal UN SMP-MTS Tahun 2016 dan Tahun 2017, maka berarti pula bahwa keabsahan atau kesahihan empirik sudah sangat baik. Mempelajari soal yang berasal dari soal yang telah secara nyata disajikan pada masa yang lalu membantu para calon peserta UN Tahun Pelajaran 2017-2018 ini untuk memudahkan para siswa untuk memetakan materi belajar disamping disertai pula dengan kisi-kisi Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia. Jika diidentikkan dengan data, maka dengan mempelajari soal dari tahun-tahun yang lampau, para peserta didik juga dapat melakukan prakiraan soal-soal yang bakal diujikan kelak. Meskipun tidak sama persis, namun para calon peserta UN Tahun Pelajaran 2017-2018 untuk jenjang SMP dan MTs dapat memprakirakan kemiripan pola soal. Hal ini tentu saja dapat membantu siswa dalam hal efektivitas dan efisiensi belajar.

Berikut adalah tautan Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia


Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia: Soal Tahun 2016

Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia: Soal Tahun 2017


BACA JUGA CONTOH SOAL SIAP UJIAN NASIONAL (UN/UNBK/UNKP) TAHUN PELAJARAN 2017-2018 MAPEL LAINNYA



Berikut adalah kutipan dari Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia tersebut:



Penyak:it gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.

Gagasan utama paragraf terse but adalah ...
A. Dampak penyakit gigi pada kesehatan.
B. Kerusakan gigi berlubang mengganggu ak:tivitas belajar.
C. Sakit gigi berlubang dianggap hal sepele.
D. Gigi susu berlubang rnenjadikan struktur gigi jelek.

Manggis memiliki banyak. manfaat karena kaya akan kandungan antioksidan pada kulit dan buahnya. (2)- Buah manggis bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang, mematikan seperti kanker, diabetes, jantung, arthiritis dan alzheimer. (3) Zat xanthones yang dihasilkan manggis dapat mencegah berbagai penyakit. (4) Selain itu, xanthones iuga bermanfaat mencegah pertumbuhan kanker dan tumor.

Kalimat utama teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

B. J. Habibie salah seorang tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia Sernenjak kanak:-kanak, Habibie mempunyai kegemaran menunggang kuda dan membaca. Ia sangat cerdas. Karena kecerdasannya itu, ia mendapat beasiswa ke Jerman. Di Jerman, ia memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan bertekad untuk bersungguh-sungguh belajar dan harus sukses. Ia mendapat gelar Doktor Ingeneur dengan nilai an memuaskan.

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ...
A. Gemar berkuda semenjak kanak-kanak.
B. Cerdas dan mendapat beasiswa ke Jerman.
C. Memanfaatkan waktu dan bertekad belajar sungguh-sungguh.
D. Mendapat gelar Dokter Ingeneur dengan nilai sangat sempurna.

Mohammad Natsir merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa.
Mohammad Natsir diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Sockarno pada
17 Agustus 1950. Dia dikenang sebagai menteri yang tidak memunyai rumah serta menampik diberi hadiah mobil mewah. Natsir juga diketahui banyak menguasai bahasa asing, seperti Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.

Keistimewaan tokoh pada teks biografi tersebut adalah ...
A. Merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa.
B. Menteri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi mobil mewah.
C. Mohammad Natsir diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Soekarno.
D. Banyak mengusai bahasa asing, seperti lnggris, Belanda, Perancis, Jerman, dan Arab.

Penambahan lahan sudah disadari menjadi kendala dalam pengembangan berbagai sektor. Bertambahnya permintaan lahan dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan permukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencukupi kebutuhan hidup,

Simpulan isi paragraf terse but adalah ...
A. Sektor industri tidak berkembang karena ketidaksiapan infra struktur.
B. Pembangunan kawasan industri membantu pembangunan infra struktur. C. Dibutuhkan lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.
D. Penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.

Sebuah kasus medis yang cukup unik terjadi di India. Tim dokter di Kota Nagpur, Negara Bagian Mahasashtra, sukses mengangkat janin yang sudah menjadi kerangka. Janin yang tinggal kerangka itu berusia sekitar 36 tahun. Para dokter di N K. P. Salva Institute of Medical Sciences menyatakan kasus tersebut sebagai kehamilan ektopik pertama di dunia.

Pemyataan yang sesuai dengan isi teks terse but adalah ...
A. Tengkorak bayi dalam perut menjadi topik pembicaraan di India. B. Dokter di India meneliti kerangka janin yang menjadi tengkorak.
C. Penemuan kasus kehamilan di India ditangani oleh seorang dokter.
D. Tim dokter di India mengangkat kerangka janin yang berusia 36 tahun.

1) Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utarna. (2) Dalam lingkungan keluarga inilah seorang anak pcrtama kali mendapatkan didikan dan bimbingan. (3) Selain itu, scbagian besar kehidupan anak bcrlangsung di dalarn lingkungan keluarga. (4) Tugas utarna kcluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan. (5) Tugas utarna ini tidak teriepas dari peran dan tanggung jawab yang besar dari setiap orang tua dalam memberikan pendidikan yang terbaik meialui lingkungan keluarga. (6) Dilihat dari besamya tanggung jawab orang tua, bisa saja orang tua meminta pertoiongan orang lain untuk mendidik anaknya.

Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditunjukkan pada nomor ....
A. (1)
I3. (2)
C. (5)
D. (6)

(1) Emak menyeringai senang, memperlihatkan sederetan gigi yang wama putihnya tak sempurna. (2) Ia senang melihat anak laki-lakinya makan dengan lahap. (3) Ia seketika lupa bagaimana anak-anak penduduk dusun ini melempar Benjo dengan tomat busuk dan batu kerikil. (4) Sementara orang-orang dewasa melihat kejadian itu tanpa bereaksi apa pun selain tertawa. (5) Ia tarnpak tersenyum mengingat kejadian itu. (6) Apa yang lucu dari melihat seorang bocah laki-laki yang pasrah begitu saja ditawar bocah-bocah sebayanya, dilempar batu hingga mengakibatkan Iuka memar dan berdarah dari sekujur tubuhnya?

Bukti watak tokoh Emak mempunyai sifat sabar dalam cerita tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) clan (3) B. (2)dan(4) C. (3) clan (5) D. (4) clan (6)

Sudah dua tahun, Mbok Jah tidak berkunjung ke rumah mantan majikannya di kota. Meskipun sudah berhenti, Mbok Jah tetap memelihara hubungan baik dengan keluarga Mulyono. Dua puluh tahun telah dilewatinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di keluarga Mulyono.
Buat orang yang sudah tua seperti Mbok Jah, apalah yang dikehendaki selain berteduh dan berkumpuJ dengan keluarganya. Namun, apalah dayanya. Anak semata wayangnya sudah tidak ingat dia lagi. Anaknya lebih senang tinggal di Surabaya dengan istri dan anaknva.

Tindakan terpuji tokoh yang terdapat dalam teks adaJah ....
A. Mbok Jah bekerja di keluarga Mulyono di desa
B. Mbok Jah telah berkumpul dengan anak dan cucunya
C. Mbok Jah ditinggalkan anaknya yang senang tinggal di Surabaya•
D. Mbok Jah tetap memelihara hubungan baik dengan mantan majikannya

Di ruang tamu terdapat satu stel kursi dan bangku panjang. Malam itu telepon di ruang dokter Surya berdering. Dokter Surya tampak lelah dan mengangkat telepon.

"Ya, saya sendiri, dari kantor kecamatan. Oh, ada kecelakaan ya, ya saya segera ke sana."
Istri Dokter Surya mendekatinya, "Apa mau pergi juga." "Tidak usah, Pak. Di luar hujan lebat. Jaga kesehatarunu. Biar orang itu pergi ke rumah sakit," suara ketus. Tidak, Bu. Bapak harus pergi," kata doktcr Surya dengan mantap.

Watak Doktcr Surya adalah ....
A. tegas
B. keras kepaJa
C. lembut
D. bertangan dingin

Hati Sandra merasa sangat sebal kepada Winda karena ulah Winda yang sangat menjengkelkan. Namun, hatinya juga selalu bertanya-tanya tentang mengapa tidak memaafkannya saja dan mengapa harus terus sebal kepada teman sendiri?
Ketika Sandra mendengar Winda tidak masuk sekolah karena sakit, hatinya memutuskan untuk segera menengok Winda dan menyudahi kekesalannya kepada Winda serta memaafkannya.

Amanat kutipan cerita terse but yang tepat adalah ...
A. Bekerjalah dengan arif dan bijaksana! B. Jangan iri pada orang lain yang sukses!
C. Berbuatlah kebaikan kepada siapa pun dan di mana pun!
D. Maafkanlah kesalahan orang lain agar hati tidak merasa kesal!

Maaf Bu!"pintaku santun kepada Bu Laras "Saya mengantuk, Bu". "Tidak apa-apa, Sab. Silakan cuci muka kalau kau mengantuk, Sab!"

Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatku malu serta kesal pada diriku
sendiri. Leherku terasa sakit karena menahan tangis kekesalanku.
"Sudah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu saat kalian bisa saja men antuk." Nasihat Bu Laras den an lembut dan tenan

Konflik kutipan novel tersebut adalah ....
A. Permintaan maaf Sab kepada Bu Laras.
B. Bu Laras mernpersilakan Sab mencuci muka, C. Sab kesal ditertawakan seisi kelas.
D. Bu Laras menghibur Sab yang kesal.

Di sebuah hutan, hiduplah seekor burung Nuri yang sangat cantik. Ia memiliki bulu yang indah dan suara yang merdu. Namun, entah mengapa burung itu selalu menyendiri. Berbeda dengan burung Nuri, burung Pipit, walaupun tidak terlalu cantik ia sangat ramah sehingga memunyai banyak teman. Burung Pipit merasa kasihan melihat burung Nuri selalu menyendiri mencoba untuk rnenghiburnya.

KOmentar yang sesuai dengan isi teks terse but adalah ...
A. Perbuatan burung pipit sangat bijaksana. B. Burung pipit banyak mendapatkan teman. C. Keindahan burung nuri membawa petaka.
D. Burung nuri merupakan burung yang tidak bersahabat.

Sutardji Calzoum Bachri pemah diundang oleh Menteri Keuangan Malaysia, Dato Anwar Ibrahim, untuk membacakan puisinya di Departemen Keuangan Malaysia, serta mengikuti bcrbagai pertemuan sastrawan ASEAN, dan Pertemuan Sastrawan Nusantara di Singapura-Malavsia-dan Brunei Darussalam.

Perbaikan tanda baca pad a kelompok kata dicetak miring pada teks terse but adalah ....
A. Singapura; Malaysia; dan Brunei Darussalam B. Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam C. Singapura; Malaysia dan Brunei Darussalam D. Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam

Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah kata pun. Langsung kunonaktifkan hp ku. Dan ku]empar jauh dariku. Aku benar-benar tidak pemah menduga bahwa dia akan pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang menopang tubuhku. Badanku terasa sangat lemah dan aku hanya bisa terduduk lemas sambil
j menggigit guling yang ada di en amanku.

Latar kutipan cerpcn tersebut adalah ....
A. tempat duduk B. tengah rumah C. kamar tidur D. kursi beranda

Di penambangan pasir sudah tak ada lagi pedati, kecuali milik Sabar satu-satunya, Walaupun merasa tersisih oleh hadimya truk-truk, tetapi Sabar tetap bertahan. Dengan kemahirannya mcngendalikan pedati, semua masalah dapat diatasi, termasuk yang dilakukan Sabar saat ini, menaiki tanjakan yang berpasir. Bila tidak berhati-hati, pedatinya bisa tergelincir dan menggelinding mundur. Selama dia masih mengendalikan pcdati berarti keluarganya tidak akan kelaparan. Sabar paham benar hal itu.

Nilai moral yang terdapat pada tcks tersebut adalah ....
A. bcrsabar
B. berhati-hati
C. cinta alat tradisi
D. bertanggungjawab

Berbagai pikiran buruk menghantui kcpala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo bisa saja tidak mcnuruni lereng menuju ke lembah melainkan naik terus ke puncak atau bcrjalan berputar-putar mengclilingi Jereng, tersesat dalam fatamorgana sarnpai habis tenazanva.

Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah ...

A. Pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
B. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lernbah.
C. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena lelah.
D. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena tokoh tewas.

Studi tentang ponsel pemicu kanker dilakukan di Negara itu dengan melibatkan partisipan sebanyak 12.800 orang. Studi ini berfokus pada efek radiasi frekuensi yang disebut-sebut meniadi penvebab tumor.

Penulisan kata Negara pada teks tersebut salah karena ....
A. menunjukkan letak geografis
B. tidak diikuti nama ncgaranya
C. menunjukkan nama diri geografis
D. menunjukkan letak wilayah

24. Bacalah teks berikut!

Aku diajak orang tuaku pergi ke pantai. Di pantai aku berenang bersama-sama. Setelah uas berenang, aku makan sambil bersenda urau. Be itu uas aku lanosun ulan ....

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Aku sangat bahagia dan menikmati liburan. B. Aku kurang puas dan ingin berlibur lagi.
C. Aku senang dan bangga pada diriku.
D. Aku kurang menikmati hari liburanku.

Penulisan huruf kapital yang benar untuk kalimat terscbut adalah ....
A. Hal ini terjadi karena di Sumatera selatan pada zaman dahulu tcrdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan raja Syailcndra yang beragama Buddha.
B. Hal ini terjacti karena di Sumatera Selatan pada zaman dahulu terdapat scbuah kcrajaan besar yang dibangun oleh keturunan Raja Syailendra yang beragama Buddha.
C. Hal ini terjadi karena di sumatera Selatan pada zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan Raja syailendra yang beragama Buddha.
D. Hal ini tcrjadi karcna di sumatera Selatan pada zaman dahulu terdapat scbuah kerajaan besar yang dibangun olch kcturunan Raja Syailcndra yang beragama Buddha.

Pewawancara : "Bagaimana lingkungan sekolah yang lbu bina bisa kelihatan rapi
dan bersih ?"
Kepala sekolah "Saya memberikan pengarahan kepada siswa agar memiliki kesadaran hidup sehat yang dimulai dari diri scndiri."

Pemyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. Pewawancara menanyakan kiat-kiat yang dilakukan kepala sekolah untuk mcnjaga lingkungan sekolah agar tetap rapi dan bersih, yaitu dengan menanamkan kesadaran kepada siswa.
B. Kesadaran hidup sehat selalu saya tanamkan kepada siswa, sehingga lingkungan sckolah tetap rapi dan bersih, itulah jawaban kepala sekolah kctika diwawancarai.
C. Kita harus selalu menanamkan kesadaran hidup sehat dengan dimulai dari diri kita sendiri. Demikianjawaban kepala sekolah ketika diwawancarai.
D. Kiat kepala sekolah untuk menjaga lingkungan sekolah tetap rapi dan bersih
dengan cara memberikan pengarahan kepada siswa agar memiliki kesadaran hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat terse but adalah ....
A.
B. mencantumkan mencantumkan tanda hubung (-) setelah kata Margarethadan a/at
tanda titik dua (:) setelah kata Grajikadan membeli
C.
D. mencantumkan mencantumkan tanda koma (,) setelah kata Margaretha dan Grafika
tanda titik koma (;) setelah kata utama dan sekretarisnya

(1) Sesarnpainya di lokasi, penghuni Panti Asuhan gembira menyambut kami. (2) Tepat pukul 07.00 kami bcrangkat dcngan bus. ,
(3) Minggu, 30 September 2012, kami berkunjung ke Pan ti Asuhan. (4) Setelah 60 menit kami dalam perjalanan lalu tibalah di lokasi.
65) Sernua siswa yang ikut, berkumpul di sekolah pukul 06.00.
Setclah ukul 06.30, cscrta dibcri en arahan oleh ketua anitia.

Susunan kalimat laporan tersebut yang tcpat adalah ....
A. (3), (1), (4), (5), (6), (2) B. (3), (5), (6), (2), (4), (1) C. (5), (6), (3), (2), (4), (I) D. (5), (2), (4), (6), (1), (3)

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat teks terse but adalah ....
A. Gelar yang berhasil diraihnya seperti : Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
B. Gelar yang berhasil diraihnya seperti Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW), dan Master Fide Wanita (MFW).
C. Gelar yang berhasil diraihnya, seperti : Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
D. Gelar yang berhasil diraihnya, seperti Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW

T eks yang sesuai dengan fakta terse but adalah ...
A. Pada hari Minggu, 7 September 2014 telah terjadi kebakaran hutan di Kampung Jaya. Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar. Peristiwa ini terjadi karena meledaknya tabung galon gas di salah satu rumah penduduk.
8. Pada hari Minggu, 7 September 2014 telah terjadi kebakaran hutan di Kampung
Jaya. Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar dan tidak ada korban jiwa. Para penduduk pun berusaha memadamkannya.
C. Pada hari Minggu, 7 September 2014 telah terjadi kebakaran di Kampung Jaya.
Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar. Para penduduk pun secara gotong royong berusaha untuk memadamkan api.
D. Pada hari Minggu, 7 September 2014, telah terjadi kebakaran di Kampung Jaya.
Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar dan tidak ada korban jiwa. Peristiwa ini terjadi karena meledaknya gas elpiji 3 kg di salah satu rumah penduduk.

35. Bacalah kalimat berikut!
Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 Nopember.

Kata yang ejaannya tidak tepat pada kalimat terse but adalah ....
A. Nopember
B. diperingati
Pahlawan
D. Hari
Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia

Perhatikan data buku bcrikut!

Judul Jangan Mau Jadi Pembolos
Penulis Edi W arsidi I
Penerbit CY Alibaba, Manokwari
Tahun 2010
Keunggulan : Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari

Paragraf yang tepat berdasarkan data buku terse but adalah ...
A. Buku Jangan Mau Jadi Pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CY Alibaba, Manokwari, tahun 2010 mi, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari- hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang scsuai.
B. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CY Alibaba, Manokwari, tahun 2010
ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai.
C. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengcmas pcnyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan membuat pembaca jcnuh.
D. Buku Jangan Mau Jadi Pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV
Alibaba, Manokwari, tahun 2010 mi, kurang berhasil mcngemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari- hari dapat mengurangi daya tarik. Sampul bukunya pun kurang sesuai.

38. Perhatikan ka)imat berikut!
Empat sifat Tuhan yang sering disebut adalah nama maha Kuasa, maha besar, rnaha en asih, dan maha en a an .

Perbaikan penggunaan ejaan yang bcnar adalah ....
A. Maha Kuasa, Maha Bcsar, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang B. Maha Kuasa, Mahabesar, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang C. Mahakuasa, Mahabesar, Maha Pengasih, dan Maha Pcnyayang
D. Maha Kuasa, Mahabesar, Mahapengasih, dan Mahapenyayang

39. Pcrhatikan kalimat berikut!
I Pescrta Diklat diundang masuk ke ruang ya~g disiapkan.

Perbaikan kata diundang pada kalimat terscbut yang tcpat adalah ....
A. dimohon
B. diajak
C. diperintah
D. diusahakan

Berikut adalah kutipan dari kisi-kisi Siap UN (UBK-UNKP) 2018 SMP-MTs Bahasa Indonesia


Level Kognitif Lingkup Materi
Bilangan Aljabar Geometri dan Pengukuran Statistika dan Peluang
Pengetahuan danPemahaman Mendeskripsikan Membuat tabulasi Menghitung Memprediksi Menentukan Mengklasifikasi Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- bilangan bentuk akar- pola barisan bilangan- barisan dan deret Peserta didik dapat memahamipengetahuan tentang:- bentuk aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- garis dan sudut- segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang
Aplikasi Mengkonstruksi Menyelesaikan masalah Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- aritmetika sosial- pola barisan bilangan- barisan dan deret Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- bentuk aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- segitiga dan segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang- kesebangunan dankekongruenan segitiga- bangun ruang sisi lengkung Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang
Penalaran Menafsirkan Menyimpulkan Menginterpretasi Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- bilangan bulat- bilangan pecahan- perbandingan- pola barisan bilangan- barisan dan deret- aritmetika sosial Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- bentuk aljabar- persamaan linear satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linear duavariabel Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- segitiga dan segiempat- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- pemusatan data- peluang

Demikian tulisan tentang

Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 16.15

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!