Direktur GTK Madrasah Harapkan Adanya Efisiensi Biaya PPG Tahun 2018

| 08 Mei 2018

Untuk Serap Lebih Banyak Peserta Guru Madrasah, Direktur GTK Madrasah Dorong Efisiensi Biaya PPG Tahun 2018

Untuk Serap Lebih Banyak Peserta Guru Madrasah, Direktur GTK Madrasah Dorong Efisiensi Biaya PPG Tahun 2018






Seperti yang telah diketahui bersama, program sertifikasi guru tahun 2018 telah mengalami perubahan format dari yang semula bernama PLPG (Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru) menjadi PPG (Pendidikan Profesi Guru).

Hal tersebut diterangkan oleh Direktur GTK Madrasah pada waktu mengisi acara Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Madrasah di Makassar, Minggu (06/05).

Direktur GTK Madrasah, Suyitno, menjelaskan sejalan dengan perubahan konsep pelaksanaan sertifikasi diharapkan mampu melakukan efisiensi biaya satuan. Sehingga dengan anggaran yang tersedia bisa menyerap lebih banyak guru madrasah untuk mengikuti program PPG ini.

"Hemat saya seharusnya bisa lebih hemat biaya perorangnya sehingga mampu menjaring lebih banyak guru yang bisa ikut PPG," pinta Suyitno.

Penghematan/efisiensi biaya PPG penting dilakukan mengingat jumlah guru madrasah yang belum tersertifikasi masih sangat besar. Menurut data Direktorat GTK Madrasah, jumlah guru madrasah PNS dan non PNS yang belum tersertifikasi sebanyak 386.466.

Dalam prosesnya, PPG dilaksanakan dalam kurun waktu 6 bulan. Dimana 3 bulan diantaranya dilakukan dengan metode pembelajaran daring/online.

Kasubdit Bina GTK MI/MTs, Kidup Supriadi juga mengatakan sistem PLPG/PPG sekarang jauh lebih baik. Indikatornya guru yang dinyatakan lulus sertifikasi maka Nomor Registrasi Guru (NRG) keluar tahun itu juga, sehingga tahun depannya bisa mulai dibayarkan. "Begitu lulus, NRG langsung keluar," papar Kidup.

Untuk lebih mengetahui tentang Persyaratan Peserta PPG Tahun 2018, bisa membacanya di sini.

Sekian tulisan yang berjudul:

Direktur GTK Madrasah Harapkan Adanya Efisiensi Biaya PPG Tahun 2018

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 10.00

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!