Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13

Download Soal dan Kunci Jawaban Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4: Kewajiban dan Hakku Subtema 4: Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara Semester 1/Ganjil Kurikulum 2013/K13 Tahun Pelajaran 2019/2020 I pdf

Download Soal dan Kunci Jawaban Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4: Kewajiban dan Hakku Subtema 4: Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara Semester 1/Ganjil Kurikulum 2013/K13 Tahun Pelajaran 2019/2020


Seperti yang telah dipahami dan diketahui bahwa penilaian harian (PH) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar (KD). Dengan melakukan penilaian tersebut, pendidik akan mampu mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi peserta didik serta menggambarkan capaian hasil pembelajaran peserta didik dan mampu memetakan kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran, memberi petunjuk bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan.


Penilaian dalam Kurikulum 2013 mempunyai karakteristik sebagai berikut:

1. Belajar Tuntas
Ketuntasan Belajar merupakan capaian minimal dari kompetensi setiap muatan pelajaran yang harus dikuasai peserta didik dalam kurun waktu belajar tertentu. Ketuntasan aspek sikap (KI-1 dan KI-2) ditunjukkan dengan perilaku baik peserta didik. Jika perilaku peserta didik belum menunjukkan kriteria baik maka dilakukan pemberian umpan balik dan pembinaan sikap secara langsung dan terus-menerus sehingga peserta didik menunjukkan perilaku baik.
Ketuntasan belajar aspek pengetahuan (KI-3) dan keterampilan (KI-4) ditentukan oleh satuan pendidikan. Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kesempatan untuk perbaikan (remedial teaching), dan peserta didik tidak diperkenankan melanjutkan pembelajaran kompetensi selanjutnya sebelum kompetensi tersebut tuntas. Kriteria ketuntasan dijadikan acuan oleh pendidik untuk mengetahui kompetensi yang sudah atau belum dikuasai peserta didik. Melalui cara tersebut, pendidik mengetahui sedini mungkin kesulitan peserta didik sehingga pencapaian kompetensi yang kurang optimal dapat segera diperbaiki.

2. Otentik
Penilaian dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi secara holistik. Aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dinilai secara bersamaan sesuai dengan kondisi nyata. Penilaian dilaksanakan untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik yang dikaitkan dengan situasi nyata bukan dunia sekolah. Oleh karena itu, dalam melakukan penilaian digunakan berbagai bentuk dan teknik penilaian. Penilaian otentik tidak hanya mengukur apa yang diketahui oleh peserta didik, tetapi lebih menekankan mengukur apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik.

3. Berkesinambungan
Penilaian berkesinambungan dimaksudkan sebagai penilaian yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan selama pembelajaran berlangsung. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran yang utuh mengenai perkembangan hasil belajar peserta didik, memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dengan menggunakan berbagai bentuk penilaian.

4. Menggunakan bentuk dan teknik penilaian yang bervariasi
Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur atau dinilai. Berbagai metode atau teknik penilaian dapat digunakan, seperti tes tertulis, tes lisan, penugasan, penilaian kinerja (praktik dan produk), penilaian proyek, portofolio, dan pengamatan atau observasi.

5. Berdasarkan acuan kriteria
Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan menggunakan acuan kriteria. Kemampuan peserta didik tidak dibandingkan terhadap kelompoknya, tetapi dibandingkan terhadap ketuntasan yang ditetapkan. Kriteria ketuntasan ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan dengan mempertimbangkan karekteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan.

Dalam kurikulum 2013, konsep penilaian untuk memahami pembelajaran melalui kompetensi mengacu pada 3 (tiga) hal yakni penilaian sebagai pembelajaran (asessment as learning), penilaian untuk pembelajaran (asessment for learning) dan penilaian atas pembelajaran (asessment of learning). Ketiga hal ini harus dilakukan oleh guru dalam kegiatan penilaian.

Berikut adalah kutipan dari Contoh Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13:
1. Mendapatkan akses pendidikan adalah merupakan ....
a. Pilihan warga negara
b. Kewajiban warga negara
c. Hak warga negara
2. Salah satu kewajiban kita sebagai warga negara yang baik adalah ....
a. Belajar dengan giat
b. Kurang semangat bekerja
c. Hidup rukun hanya dengan warga yang beragama sama
3. Tolong-menolong antar umat beragama akan menciptakan ....
a. Kerukunan
b. Kedisiplinan
c. Ketertiban
4. Ketika kita atau keluarga kita ada yang sakit, maka tempat yang harus kita tuju adalah ....
a. Rumah tetangga
b. Rumah sakit
c. Rumah kakek dan nenek
5. Supaya lingkungan kita tetap sejuk maka harus ....
a. Memperbanyak penebangan pohon
b. Tertib dalam menjaga kebersihan lingkungan
c. Membuang sampah di mana saja
8. Yang dimaksud dengan wawancara adalah ....
a. Percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara sesama narasumber
b. Percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara sesama pewawancara
c. Percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara
9. Kepanjangan dari PUSKESMAS adalah ....
a. Pusat kesehatan masyarakat
b. Pusat keselamatan masyarakat
c. Pusat kerukunan seluruh masyarakat
10. Menaati semua aturan yang ada di sekolah termasuk kewajiban sebagai ....
a. Warga sekolah
b. Guru
c. Siswa yang baru masuk
15. Kita harus bangga menjadi anak Indonesia. Rasa bangga tersebut bisa ditunjukkan dengan ....
a. Meniru budaya asing
b. Memakai produk dalam negeri
c. Berlibur ke luar negeri
16. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas adalah kewajiban ....
a. Sopir angkutan umum
b. Semua pengguna jalan
c. Orang dewasa
19. Salah satu hak setiap warga negara adalah ....
a. Ikut menjaga keamanan negara
c. Mendapatkan tempat tinggal
d. Mematuhi aturan negara
20. Salah satu ciri makanan sehat adalah ....
a. Bergizi dan bersih
b. Diolah dari bahan-bahan seadanya
c. Rasanya sangat manis

Berikut adalah tautan Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13:


Download Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13 I pdf


Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan agar mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh.

Sekian tulisan yang berjudul:

Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13"