Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muhadjir Pantau Pencairan KIP di Pulau Barrang Lompo

www.informasiguru.com
Cairkan Dana KIP, Mendikbud Kunjungi Pulau Barrang Lompo
Image by: Kemendikbud

Cairkan Dana KIP, Mendikbud Kunjungi Pulau Barrang Lompo



Pada tanggal 16-11-2016 kemarin, Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke Pulau Barrang Lompo, Makassar, Sulsel, dalam rangka pemantauan dan memastikan pencairan dana manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) ini lancar tanpa kendala yang berarti dan sampai ke daerah-daerah.

Untuk mencapai pulau tersebut, rombongan Mendikbud ini musti menaiki perahu dan menempuh perjalanan hingga 1,5 jam. Pulau Barrang Lompo merupakan daerah admistratif Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar. Salah satu cara pencairan dana manfaat PIP di pulau ini juga dilakukan di sebuah kapal milik bank penyalur yang diberi nama Kapal Pintar.

Akan tetapi penatnya perjalanan tersebut terbayar lunas oleh antusiasme warga sekitar dan terutama siswa SD Negeri Inpres Barrang Lompo, siswa SMP dan siswa SMA setempat dalam menyambut kedatangan para rombongan. Ratusan orang hadir di SDN Inpres Barrang Lompo yang menjadi tuan rumah pencairan dana manfaat PIP secara simbolik di Pulau Barrang Lompo.
“Alhamdulillah penyaluran KIP di sini berjalan dengan lancar. Kami menyampaikan terima kasih kepada bank penyalur,” ujar Mendikbud di SDN Inpres Barrang Lompo, Rabu (16/11/2016). Ia juga mengatakan, KIP bertujuan untuk menjamin anak-anak dari keluarga tidak mampu agar tetap bisa mendapatkan layanan pendidikan. 
“Gunakan dana KIP dengan sebaik-baiknya untuk mendukung aktivitas kalian bersekolah,” pesan Mendikbud kepada para siswa penerima KIP di Pulau Barrang Lompo.

Dalam sambutannya, Mendikbud juga kembali menekankan pentingnya pendidikan karakter. Ia mengatakan, Indonesia harus menyiapkan generasi muda yang tidak hanya pintar, tetapi juga berbudi pekerti baik.

Mendikbud sempat menantang siswa-siswa yang hadir untuk melafalkan Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Ia pun bangga, dan mengapresiasi siswa-siswa Pulau Barrang Lompo yang terbukti hafal Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, tidak kalah dengan siswa lain di daerah perkotaan.

“Ini contoh yang baik yang ditanamkan para guru di pulau ini, dengan menanamkan cinta tanah air dan memperkuat nasionalisme,” kata Mendikbud.

Sekretaris Daerah Kota Makassar, Ibrahim Saleh, mengaku senang atas kunjungan kerja Mendikbud ke Pulau Barrang Lompo. "Perhatian Mendikbud di pulau ini sangat kami tunggu-tunggu. InsyaAllah 12 kepulauan di sini akan kami bentuk satu kecamatan. Semoga koordinasi pendidikan semakin baik, salah satunya melalui KIP ini," ujarnya.

Ibrahim mengatakan, di Kota Makassar terdapat 22.517 penerima KIP untuk tingkat SD dan 6.220 untuk SMP, sedangkan 577 penerima di antaranya ada di Pulau Barrang Lompo. Ia juga mengatakan, Walikota Makassar juga memiliki program agar setiap siswa memiliki keahlian satu bidang olahraga dan satu jenis kesenian.

Posting Komentar untuk "Muhadjir Pantau Pencairan KIP di Pulau Barrang Lompo "