Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jitu! Soal dan Kunci Pembahasan Masuk STAN 2019/2020

Download Kumpulan Soal PKN STAN dan Kunci Jawab Tahun 2019/2020 SKD/TKD (Tes Kemampuan Dasar)-TWK-Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) I Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) I pdf

Download Kumpulan Soal dan Kunci Jawab PKN STAN Tahun 2019/2020






Pada tulisan kali ini, disajikan informasi tentang kumpulan soal masuk PKN STAN tahun 2019/2020 dan pembahasannya. Tapi sebelum masuk pada pembahasan itu, ada baiknya kita mengetahui sekilas informasi  tentang STAN itu sendiri.

STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara) adalah badan akademik milik negara yang di dalamnya memiliki berbagai program pemerintah guna mendidik lulusan sekolah yang berdikasi tinggi demi menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas tinggi dalam mengembangkan perekonomian bangsa ini. STAN adalah Perguruan Tinggi Ikatan Dinas di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) terletak di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

Sekarang, STAN sudah berubah nama yakni menjadi PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN. Perubahan ini berdasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN.

Seperti yang telah diketahui di berbagai media informasi bahwa materi dan bahan soal tes ujian untuk masuk PKN STAN 2017/2018 adalah menggunakan soal seleksi kompetensi dasar (SKD) atau soal TKD (Tes Kemampuan Dasar) yang terdiri dari terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Agar lebih memahami tentang arti TKD, TIU, TWK dan TKP, maka di bawah ini diulas arti dari masing-masing akronim tersebut.
  • TKD (Tes kemampuan Dasar) adalah adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. 
  • TIU (Tes Intelegensi Umum) adalah tes yang dilakukan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis. Tes ini lazim dikenal dengan Tes Potensi Akademik/ TPA atau juga Tes Bakat Skolastik. Tes intelegensia umum merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan intelektual atau akademis seseorang agar memenuhi standar yang ditentukan oleh lembaga tertentu. 
  • TKP (Tes Karakteristik Pribadi) atau Tes Skala Kematangan merupakan sebuah tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak dan mengambil keputusan pada situasi tertentu. Dalam ilmu psikologi, tes ini adalah bentuk adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness.
  • TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) adalah tes untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan tentang Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Tata Negara, Kepemerintahan, Sejarah Nasional dan Peran Indonesia secara internasional.
Politeknik Keuangan Negeri STAN (PKN STAN), menjadi salah satu Sekolah Ikatan Dinas yang begitu diminati oleh para lulusan Sekolah Menengah Atas. 

Baca Juga: Tabel Tingkat Persaingan Masuk Sekolah Kedinasan Tahun 2018

Dengan tingginya animo atau minat dari para pendaftar ini, tentunya akan berimbas pada pola persaingan yang lebih ketat dan berat. Maka dari itu bagi siswa-siswi SMA yang sudah mendaftar dan tentunya ingin lolos ujian masuk di PKN STAN, wajib hukumnya untuk mematangkan diri dalam mempersiapkan menghadapi ujian masuk STAN ini. Salah satu trik dan tips agar sukses dalam menjalani ujian saringan masuk STAN tahun 2018 ini salah satunya adalah dengan mempelajari soal-soal latihan Ujian Masuk PKN STAN edisi tahun-tahun sebelumnya sebagai rujukan dan prediksi dalam menjawab soal Ujian Masuk PKN STAN tahun 2019/2020.

Berikut adalah link download kumpulan soal jitu masuk PKN STAN yang dirangkumkan dari soal-soal masuk STAN pada tahun-tahun sebelumnya, semoga bermanfaat....
Berikut dilengkapi lagi dengan link download terkait materi dan bahan soal TKD (Tes Kompetensi Dasar) PKN STAN tahun 2018 ini:
Akhirnya tulisan tentang download kumpulan soal jitu masuk PKN STAN  tahun 2018 beserta pembahasannya telah selesai disajikan. Mohon kritik dan saran agar disampaikan kepada kami apabila terdapat link download yang tidak berfungsi/ mala fungsi agar dapat segera diperbaiki demi lebih memperbaiki performa situs pendidikan online ini.

Akhir kata, semoga sukses dan lulus dalam menghadapi ujian masuk PKN STAN!


(Redaksi)

1 komentar untuk "Jitu! Soal dan Kunci Pembahasan Masuk STAN 2019/2020"

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!