Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pameran Literasi 2017 Dalam Rangka HAI Tahun 2017 Diresmikan

Pameran Literasi 2017 Dalam Rangka HAI (Hari Aksara Internasional) Tahun 2017 Diresmikan dan Dibuka di Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Pameran Literasi 2017 Diresmikan di Kuningan - Jawa Barat


Pameran dalam rangka Hari Aksara Internasional (HAI) yang ke-52 telah secara resmi dibuka pada hari Kamis (6/9), di area GOR Kabupaten Kuningan. Pameran yang digelar berbarengan dengan Hari jadi ke-519 Kabupaten Kuningan ini diikuti stand dari 33 UPT seluruh Indonesia dengan mengenalkan berbagai program dan capaian masing-masing UPT dalam pemberantasan buta huruf (aksara).
Pameran ini turut pula diikuti peserta dari kabupaten/kota se-Jawa Barat serta seluruh SKPD dan Kecamatan yang berada di Kabupaten Kuningan. 


"Sebagai progress report kabupaten Kuningan dalam capaian program dan keberhasilan dalam pembangunan. Dan menjadi kebanggaan Kuningan menjadi tuan rumah HAI (Hari Aksara Internasional). Jadilah tuan rumah yang baik," himbau Acep Permana, selaku Bupati Kabupaten Kuningan, pada acara pembukaan HAI, Kamis (6/9) malam. 
Acep menjelaskan, Kabupaten Kuningan berhasil mencapai buta aksara sekira 98,6 persen. Juga berkomitmen dan telah mendirikan taman bacaan di seluruh kecamatan. Bahkan, kata Acep, taman bacaan masyarakat (TBM) Hipapelnis di Desa Kalimanggis Kulon, Kecamatan Kalimanggis, telah menjadi inisiator dan mendapat apresiasi sebagai kampung literasi nasional.

"Ketercapaian ini sebagai anugerah dan keberhasilan yang diberikan untuk rakyat Kuningan. Juga sebagai media rakyat Kuningan dalam gerakan literasi," papar Acep. 

Pameran dalam rangka HUT Kuningan dan HAI ini diikuti sebanyak 228 stand, 70 stand Kabupaten , 17 kota/kabupaten. Selain menampilkan berbagai program dan capaian masing-masing kabupaten/kota, juga diisi dengan festival literasi, pemilihan duta baca, sarasehan literasi dan berbagai permainan anak-anak. Sekretaris Ditjen PAUD dan Dikmas, Wartanto, menegaskan bahwa capaian Kabupaten Kuningan bisa menjadi contoh daerah lain dalam penuntasan buta aksara dan rintisan taman bacaan masyarakat. 

"Gerakan literasi dan penuntasan buta aksara akan berhasil jika ada keinginan kuat pemerintah daerah dan stakeholder lainnya dalam gerakan penuntasan buta aksara," tegas Wartanto. Acara selama sepuluh hari dari 6-15 September 2017. Sedangkan puncak acara Hari Aksara Internasional (HAI) 2017 akan digelar pada 8 September lusa, rencananya menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani akan hadir dalam acara puncak HAI tersebut.

*Sumber: http://paudni.kemdikbud.go.id

Posting Komentar untuk "Pameran Literasi 2017 Dalam Rangka HAI Tahun 2017 Diresmikan"