Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Kunci Jawab Siap PAS 1 Bahasa Indonesia Kelas 9/IX SMP/MTs K-13 Tahun 2019/2020

Download Soal dan Kunci Jawab Siap Penilaian Akhir Semester (PAS/UAS) 1/I SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9/IX SMP/MTs K-13 Tahun 2019/2020 pdf

Download Soal dan Kunci Jawab Siap Penilaian Akhir Semester (PAS) 1/I SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 (Sembilan/IX) Kurikulum 2013/K13 pdf


Contoh soal dan kunci jawab siap penilaian akhir semester (PAS) I mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9/IX SMP/MTs kali ini disajikan dengan harapan dapat menjadi media belajar bagi para peserta didik kelas 9 SMP/MTs dalam menghadapi penilaian akhir semester I (UAS) yang akan diadakan sebentar lagi.

Soal dan Kunci Jawab Siap Penilaian Akhir Semester 1 (PAS) Kelas 9 (Sembilan/IX) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia ini bersifat terbuka. Artinya, ia diperbolehkan untuk didownload dan digunakan selama hanya untuk kepentingan edukatif saja.




Dengan demikian, penggunaan Soal dan Kunci Jawab Siap Penilaian Akhir Semester 1 (PAS) Kelas 9 (Sembilan/IX) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia untuk kepentingan selain kepentingan edukatif, apalagi untuk kepentingan komersial sangatlah dilarang.

Soal dan Kunci Jawab Siap Penilaian Akhir Semester 1 (UAS) Kelas 9 (Sembilan/IX) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia ini mengacu pada kurikulum 2013 atau K-13.

Berikut adalah kutipan dari Soal Siap Ujian Akhir Semester (UAS) 1/I SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 (Sembilan/IX) K-13:

....
Untuk menghindari peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan peserta didik, kesadaran dan pengetahuan tentang bahaya narkoba perlu ditanamkan. Banyak cara yang dapat dilakukan, baik melalui penyampaian materi, forum diskusi, maupun dalam bentuk pemberian tugas-tugas sekolah.Pemberian tugas sekolah dapat dilakukan guru dalam bentuk tugas membuat poster, cerpen, atau tulisan yang bertema anti narkoba.
Dengan cara-cara di atassecara tidak langsung para peserta didik akan mengenal dampak penyalahgunaan narkoba. Melalui pengenalan itu, terbentuklah pola pikir untuk menjauhi penggunaan narkoba pada diri peserta didik.
....

12. Kutipan teks pidato tersebut bertopik ....
A. peredaran dan penyalahgunaan narkoba di indonesia
B. pemberantasan mata rantai peredaran narkoba
C. antisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan peserta didik
D. pemberlakuan hukuman bagi pengedar narkoba

13. Kutipan teks pidato tersebut bertujuan mengajak pembaca/pendengar untuk ....
A. membantu polisi dalam pemberantasan peredaran narkoba
B. mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan peserta didik
C. mengajukan usul pemberlakukan hukuman seberat-beratnya kepada pengedar narkoba
D. berupaya aktif dalam upaya penanganan penyalahgunaan narkoba

14. Alasan orator (penyampai pidato) menghindari peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan cara pemberian tugas-tugas sekolah adalah ....
A. mengenalkan cara mengatasi bahaya narkoba kepada peserta didik
B. menanamkan sikap kerja sama peserta didik dalam pemberantasan narkoba
C. membentuk pola pikir peserta didik menjauhi penggunaan narkoba
D. mengefektifkan pembelajaran di kelas agar mencapai hasil belajar yang maksimal

18. Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1) Apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita sangatlah penting untuk diteladani. (2) Mereka sadar bahwa kaum mudalah yang akan menentukan nasib bangsa ini. (3) Untuk itulah, kita sebaga pemuda harus meneruskan semangat persatuan mereka. (4) Ayo, wahai pemuda harapan bangsa, kita songsong masa depan yang lebih cerah untuk nusa dan bangsa kita!
Kalimat emotif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

19. Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1) Pendidikan merupakan elemen penting bagi seluruh kehidupan manusia. (2) Keberadaannya sangat membantu kemajuan bangsa. (3) Namun, di era globalisasi ini kondisi pendidikan di Indonesia sebagian masih memprihatinkan. (4) Fasilitas pendidikan yang layak bagi mereka yang berada di daerah terpencil belum terpenuhi.
Kalimat aktif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

20. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Bapak dan Ibu, sekalian, izinkanlah saya menyampaikan pidato singkat tentang peranan orang tua dalam pembentukan karakter anak.
(2) Intoleransi dan radikalisme harus kita jauhkan dari pikiran putra-putri kita karena akan merusak masa depan mereka dan bangsa kita tercinta.
(3) Untuk bisa meraihkesuksesan, kita harus mampu mengubah potensi dalam diri kita menjadi kompetensi yang diharapkan.
(4) Ketika dunia usaha menjadi pilihan hidup, kita harus siap secara mental menghadapi keberhasilan maupun kegagalan.
Kata bersinonim terdapat pada kalimat yang ditandai dengan nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

Bacalah paragraf berikut dengan cermat untuk menjawab pertanyaan 29 dan 30!

29. Majas personifikasi terdapat pada kalimat yang ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) B. (3) dan (4) C. (4) dan (5) D. (5) dan (6)

30. Kalimat ekspresif yang menggambarkan ketidaksabaran tokoh ditandai dengan nomor ....
A. (2) B. (3) C. (5) D. (6)

31. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!
(1) Sebagian besar pihak yang menjadi sponsor Asian Para Games 2018 sempat mengira ajang tersebut sama dengan Asian Games.
(2) Dalam standar olimpiade saat ini, setiap medali emas yang menjadi hadiah bagi para atlit pemenang mengandung kadar emas sebesar 6 gram yang dicampur dengan perak sebesar 494 gram.
(3) Lagu“Laskar Pelangi” memberikan inspirasi bahwa ”mimpi” bisa menjadi ”kunci” yang bisa digunakan untuk membuka harapan kita untuk ”menaklukan dunia” yang kemudian menjadi penyemangat untuk meraih cita-cita.
(4) BNPB menyemprotkan cairan desinfektan melalui udara dengan metode water boming di titik lokasi gempa likuifaksi, Balaroa dan Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis, 18 Oktober 2018.
Kalimat yang termasuk teks tanggapan ditandai dengan nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 32 dan 33!

32. Kalimat berisi pujian dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) B. (3) dan (4) C. (4) dan (5) D. (5) dan (6)

33. Kalimat berisi kritikan dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1), (2), (3), (4) B. (2), (3), (4), (5) C. (3), (4), (5), (6) D. (4), (5), (6), (1)

38. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan cermat!
(1) Baju karya perancang ternama itu memang sangat menawan karena ditunjang oleh bahan yang digunakan, tetapi kreativitas desainnya tergolong biasa-biasa saja.
(2) Produk terbaru smartphone aXue sangat diminati konsumen yang suka dengan barang murahan.
(3) Sebagian besar lirik lagu yang dibawakan Iwan Fals sangat inspiratif karena mengantarkan isu-isu kemanusiaan dan nilai-nilai kebaikan.
(4) Teknik penggarapan film yang diangkat dari perjalanan hidup tokoh nasional ini patut diacungi jempol, tetapi dari sisi isi cerita tidak berisi sama sekali.
Pujian yang santun terdapat dalam kalimat yang ditandai dengan nomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

II SOAL URAIAN
Petujuk Khusus:
1. Jawablah soal-soal dengan kalimat yang singkat dan jelas!
2. Tulislah jawaban dengan menggunakan bolpoin (bukan pensil)!

41. Perhatikanlah teks berikut!
Kita tidak harus menggunakan alat berteknologi canggih (1) ... mengamati benda langit (2) ... jaraknya jauh. Kita (3) ... membuatnya sendiri (4) ... biaya yang relatif lebih murah.
Lengkapi bagian rumpang dengan kata tugas yang tepat!

42. Bacalah teks berikut!
Sekian pidato saya. Semoga kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan sekolah. Saya sampaikan terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan. Bila ada hal yang kurang berkenan, saya memohon maaf yang sebesar-sebesarnya. Salam!
Teks tersebut merupakan kutipan salah satu bagian teks pidato persuasif. Termasuk bagian apakah teks tersebut? Jelaskan alasan yang mendukung jawabanmu dengan singkat dan jelas!

45. Perhatikanlah teks berikut!
Film “Dillan 1990” berkisah tentang kehidupan remaja diera 90-an yang berlatar suasana diBandung Suasana tempo 90-an pun di hadirkan film ini melalui beberapa properti yang di gunakan.
Tuliskan kembali kalimat tersebut dengan penulisan kata depan dan imbuhan yang tepat!

Berikut adalah tautan Download Soal dan Kunci Jawab Siap Penilaian Akhir Semester 1 (PAS) Kelas 9 (Sembilan/IX) SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia K-13 pdf:




Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan agar mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh.

Sekian tulisan yang berjudul:

Soal dan Kunci Jawab Siap PAS 1 Bahasa Indonesia Kelas 9/IX SMP/MTs K-13 Tahun 2019/2020

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Soal dan Kunci Jawab Siap PAS 1 Bahasa Indonesia Kelas 9/IX SMP/MTs K-13 Tahun 2019/2020"