Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku IPA Terapan Bagian I dan II Kelas X dan XI SMK-MAK

Download Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) dan 2 (II) Kelas X (10) dan XI (11) SMK-MAK pdf

Download Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) dan 2 (II) Kelas X (10) dan XI (11) SMK-MAK pdf

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (3) mengamanatkan bahwa Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. Atas dasar amanat tersebut telah diterbitkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Implementasi dari undang-undang Sistem Pendidikan Nasional tersebut yang dijabarkan melalui sejumlah peraturan pemerintan, memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan delapan standar nasional pendidikan, diantaranya adalah standar sarana dan prasarana. Guna peningkatan kualitas lulusan SMK maka salah satu sarana yang harus dipenuhi oleh Direktorat Pembinaan SMK adalah ketersediaan Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) dan 2 (II) Kelas X (10) dan XI (11) SMK-MAK siswa khususnya Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) dan 2 (II) Kelas X (10) dan XI (11) SMK-MAK Peminatan C1 SMK sebagai sumber belajar yang memuat materi dasar kejuruan.

Kurikulum yang digunakan di SMK baik kurikulum 2013 maupun kurikulum KTSP pada dasarnya adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik serta rumusan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) dan 2 (II) Kelas X (10) dan XI (11) SMK-MAK Siswa Peminatan C1 SMK ini dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang telah dirumuskan dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.

Sejalan dengan itu, kompetensi keterampilan yang diharapkan dari seorang lulusan SMK adalah kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret. Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk tugas (project based learning), dan penyelesaian masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Khusus untuk SMK ditambah dengan kemampuan mencipta. Bahan ajar ini merupakan penjabaran hal-hal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan kurikulum yang digunakan, peserta didik diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) dan 2 (II) Kelas X (10) dan XI (11) SMK-MAK ini merupakan edisi ke-1. Oleh sebab itu Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) dan 2 (II) Kelas X (10) dan XI (11) SMK-MAK ini perlu terus menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.

Kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya sangat kami harapkan; sekaligus, akan terus memperkaya kualitas penyajian Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) dan 2 (II) Kelas X (10) dan XI (11) SMK-MAK ini. Atas kontribusi itu, kami ucapkan terima kasih. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada kontributor naskah, editor isi, dan editor bahasa atas kerjasamanya. Mudah-mudahan, kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan menengah kejuruan dalam rangka mempersiapkan Generasi Emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Selengkapnya, Download Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) dan 2 (II) Kelas X (10) dan XI (11) SMK-MAK pdf pada tautan berikut:


Download Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) Kelas X (10) SMK-MAK pdf

Download Buku IPA Terapan Bagian 2 (II) Kelas X (10) SMK-MAK pdf

Download Buku IPA Terapan Bagian 1 (I) Kelas XI (11) SMK-MAK pdf

Download Buku IPA Terapan Bagian 2 (II) Kelas XI (11) SMK-MAK pdf

Posting Komentar untuk "Download Buku IPA Terapan Bagian I dan II Kelas X dan XI SMK-MAK"