Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa dan Guru PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013

Download Buku Siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 dan 2 Edisi Revisi 2017

Download Buku Siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 dan 2 Edisi Revisi 2017

Misi diutusnya Nabi adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur’an bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qur’an ini digunakan struktur gramatika yang menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.


Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.” Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.

Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.

Buku Siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 dan 2 Edisi Revisi 2017 ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Implementasi Kurikulum 2013 telah mendapatkan tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, penulis mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan khususnya di Indonesia.

Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran, antara lain, adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Secara khusus, dalam kurikulum 2013, disusun kompetensi inti. Kompetensi inti adalah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik melalui kompetensi dasar yang diorganisasi dalam pembelajaran integratif dan pendekatan pembelajaran siswa aktif.

Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan Buku Siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 dan 2 Edisi Revisi 2017 ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting, yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu:proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi antara guru dan orang tua peserta didik.

Dengan demikian tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai hasil optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Petunjuk Penggunaan Buku Siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 dan 2 Edisi Revisi 2017

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah penahapan berikut ini.

1. Pertama, bacalah Pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kompetensi inti, dan kompetensi dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
2. Setiap bab berisi: Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi antara guru dan orang tua.
3. Pada subbab tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu disesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut ini.
a. Sikapku: menguatkan peserta didik agar dapat mewujudkan pengetahuan dalam perilaku.
b. Ayo kerjakan: kegiatan yang harus peserta didik kerjakan untuk memahami materi.
c. Insya Allah aku bisa: tantangan agar peserta didik bisa melakukannya.
d. Ayo berlatih: pengukuran penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.

Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

Petunjuk penilaian dengan menggunakan Permendikbud No. 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik beserta panduan penilaian Sekolah Dasar (SD) Tahun 2015.

Penilaian di sekolah dasar, untuk semua kompetensi dasar yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan menggunakan angka 0-100
Ketuntasan belajar kompetensi pengetahuan dan keterampilan ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan kompleksitas, daya dukung dan intake siswa.
Penilaian kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (A), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K).
Ketuntasan kompetensi sikap setiap pelajaran minimal B
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaraan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan agar ditulis dalam Dokumen 1 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan diberitahukan kepada peserta didik dan orangtuanya pada setiap awal tahun pelajaran.


Berikut adalah tautan Download Buku Siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 dan 2 Edisi Revisi 2017:



BUKU GURU:

Download Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD-MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

BUKU SISWA:

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Posting Komentar untuk "Buku Siswa dan Guru PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1,2,3,4,5,6 Kurikulum 2013"