Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 Matematika-K13

Download Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel Matematika Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Penilaian tengah semester I untuk mata pelajaran Matematika memang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para peserta didik. Hal ini disebabkan oleh hakikat dari Matematika itu sendiri yang memerlukan logika yang runtut dan kaku. Peserta didik yang kurang sabar dalam belajar seringkali mengeluhkan betapa sulitnya belajar Matematika. Namun demikian, jika Matematika dipelajari dengan pendekatan menalar, maka ia tidaklah sesukar seperti yang dibayangkan. Seperti pelajaran lain, ia membutuhkan ketelatenan dan kesabaran.


Penilaian tengah semester (PTS) 1 atau ganjil untuk mapel Matematika, khususnya para peserta didik yang duduk di bangku SMP-MTS Kelas VII, memerlukan persiapan yang baik. Persiapan yang paling ideal adalah dengan mempelajarinya secara berkesinambungan. Belajar dengan menekankan kebersinambungan tentu saja mencerminkan sikap mental positif, yaitu kerajinan. Kerajinan, menurut orang bijak, merupakan rumus kesuksesan yang hampir setiap orang tahu namun sedikit saja yang MAU menjalaninya. Nah, dengan demikian, kerajinan dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa melihat peserta didik itu pintar atau kurang pintar. Dengan kerajinan, semua dapat mencapai apa yang diinginkan.

Persiapan selanjutnya adalah dengan sering mengerjakan soal latihan. Memahami Matematika yang paling praktis adalah dengan mengerjakan contoh soal. Pada Kurikulum 2013 ini, para peserta didik ditekankan untuk sering-sering mengerjakan latihan soal sehingga nalar matematis peserta didik dapat terasah dengan lebih baik.

Pada tulisan ini, Tim Informasi guru menyediakan contoh-contoh soal beserta jawaban penilaian tengah semester 1 (PTS I) atau ganjil untuk kelas VII SMP dan MTs. Acuan kruikulum yang digunakan tentu saja dengan menggunakan kurikulum 2013 dengan revisi termutakhir.  Soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu para peserta didik dalam belajar.

Cakupan soal sampai dengan pertengahan semester 1 ini adalah dari bab pertama sampai dengan bab dua. Bab pertama adalah tentang bilangan. Bab dua adalah tentang himpunan. Para peserta didik yang telah membaca buku siswa Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2016 atau 2017 tentu saja sudah akrab dengan berbagai contoh latihan soal yang ada di buku tersebut. Pada akhir bab terdapat uji kompetensi. Soal-soal yang disajikan oleh tim kami berasal dari soal-soal uji kompetensi tersebut. Untuk mempermudah proses belajar dalam mempersiapkan PTS Semester Ganjil ini, kami juga telah menyediakan jawabannya.

Berikut adalah kutipan dari Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 Matematika-K13. Link download bisa didapatkan pada bagian akhir tulisan ini.


10. Selembar kertas mempunyai ketebalan 0,012 cm. Berapakah tebal 400 lembar kertas tersebut?
a. 0,048 cm b. 0,48 cm c. 4,8 cm
d. 48 cm

11. Hasil dari 370 - 998 + 370 - 2 bernilai sama dengan ...
a. 370 - 1.000
b. 372 - 998
c. 740 - 998
d. 370 - 998 - 2

15. Suatu elevator bergerak dari lantai 1 menuju lantai 5, kemudian ke lantai 2. Dari lantai 2, elevator bergerak menuju lantai 4, kemudian berhenti di lantai 3. Jika jarak antar lantai adalah 3 meter, berapa jauh elevator tersebut telah bergerak?
a. 18 m b. 27 m c. 30 m d. 45 m

16. Berat 500 butir kristal gula adalah 6,5 gram. Berapakah berat rata-rata tiap butir kristal gula tersebut?
a. 0,0078 gram b. 0,013 gram c. 0,0325 gram d. 0,078 gram

1. Di antara kumpulan berikut yang termasuk himpunan adalah a. Kumpulan gunung yang tinggi
b. Kumpulan bunga yang baunya harum c. Kumpulan hewan berkaki empat
d. Kumpulan siswa yang pandai

2. Kumpulan-kumpulan berikut ini yang bukan himpunan adalah . . . a. Kumpulan siswa yang tingginya kurang dari 150 cm
b. Kumpulan bilangan cacah antara 2 dan 10 c. Kumpulan siswa yang berbadan kurus
d. Kumpulan bilangan asli kurang dari 10


3. Himpunan A = {1, 3, 5, 7, 9}, bila himpunan A dinyatakan dengan menyebutkan sifat keanggotaanya adalah
a. A = {himpunan bilangan antara 0 sampai 10}
b. A = {himpunan bilangan ganjil antara 1 sampai 9}
c. A = {himpunan bilangan prima antara 0 sampai 10}
d. A = {himpunan bilangan ganjil antara 0 sampai 10}

4. Himpunan semesta untuk himpunan A = {1, 2, 3, 4, 5 }, B = { x | x ≤ 2, x ∈ Bilangan Bulat}, dan C = {bilangan Asli kelipatan 3 yang kurang
dari 30} adalah

a. Himpunan bilangan Asli
b. Himpunan bilangan Cacah
c. Himpunan bilangan Bulat
d. Himpunan bilangan Cacah yang kurang dari 30

5. Banyaknya himpunan bagian dari K = {a, b, c, d, e} yang mempunyai dua anggota adalah
a. 4 himpunan b. 8 himpunan c. 12 himpunan d. 16 himpunan


Berikut adalah tautan Download Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel Matematika Kurikulum2013 Revisi Terbaru


Download Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 Matematika-K13

BACA JUGA:

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTS Kelas 7 Prakarya-K13

Soal-Jawab PTS 1 SMP-MTs Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTS Kelas 7 PAI dan Budi Pekerti-K13

Posting Komentar untuk "Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 Matematika-K13"